Sponsors Link

8 Manfaat Pasir Kuarsa dalam Kelangsungan Hidup

Sponsors Link

Pasir kuarsa merupakan salah satu jenis pasir yang paling umum kita temui. Pasir kuarsa sendiri pada dasarnya berasal dari erosi alias pengikisan dari batu-batuan dan juga berbabagai benda alam yang mengalami pengikisan, baik karena air maupun udara. Pasir kuarsa sendiri, memiliki bentuk kristal kuarsa, atau yang dalam bahasa inggris seringkali dikenal dengan istilah quartz.

ads

Pasir kuarsa memiliki warna putih, dan mirip seperti warna semen, namun demikian pasir kuarsa tidak bisa melekat apabila tidak dicampur dengan semen. Pasir kuarsa sendiri juga sering dikenal dengan nama pasir silica.

Berbagai jenis pasir yang ada tentunya memiliki teksur yang berbeda dan juga material dan asal yang berbeda pula. Seperti pada pasir yang berada di pegunungan, pasir ini juga dapat dimanfaatkan untuk hal pembangunan. Contohnya pada manfaat abu vulkanik, manfaat batu granit, dan manfaat belerang yang juga bisa digunakan untuk bahan bangunan.

Pasir ini merupakan jenis pasir yang memiliki struktur heksagonal yang terkristalisasi, dan banyak terdapat di daratan Indonesia. Daerah-daerah di Indonesia yang memilki kandungan pasir kuarsa terbanyak adalah daerah lambung dan juga daerah Bangka.

Manfaat dari Pasir Kuarsa

Pasir kuarsa sendiri ternyata memiliki banyak manfaat untuk kehidupan kita. apa saja manfaat dari pasir kuarsa? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari pasir kuarsa:

  1. Sebagai Bahan Pembuatan Kaca

Manfaat pertama dari pasir kuarsa adalah sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan kaca. Kaca yang bisa kita gunakan saat ini merupakan salah satu pengembangan teknologi dari pemanfaatan pasir kuarsa. Pasir kuarsa akan diolah sedemikian rupa dengan menggunakan banyak alat-alat dan juga teknologi pada pabrik kaca tertentu.

Sehingga pada akhirnya pasir kuarsa akan menjadi bahan campuran dalam pembuatan kaca yang berkualitas. Kaca sendiri nantinya akan terbagi menjadi berbagai macam bentuk dan juga jenisnya, sesuai dengan kebutuhan dari pasaran yang ada. Berbgai jenis kaca ini juga sangat bermanfaat sebagai dinding, cermin dan lainnya. Sebagai contoh pada manfaat cermin datar yang digunakan untuk pembangkit energi surya.

  1. Bahan Pembuatan Keramik

Manfaat pasir kuarsa berikutnya selain pembuatan kaca adalah untuk pembuatan keramik. Ya, penggunaan dan juga pemanfaatan pasir kuarsa saat ini seringkali digunakan dalam industry keramik, dimana para produsen keramik akan mengolah pasir kuarsa yang ada menjadi bentuk keramik-keramik yang memilki kualitas bagus dan juga mengkilap.

Keramik ini nantinya akan dimanfaatkan sebagai hiasan rumah, dan juga penggunaan sebagai lantai rumah. Seperti pada manfaat keramik bekas yang dapat memberikan desain rumah yang lebih menarik, selain itu juga dapat membuat lapangan bisnis baru dengan mengaplikasikan seni pada keramik bekas.

  1. Sebagai Bahan Untuk Membuat Filter Air

Manfaat pasir kuarsa yang ketiga adalah sebagai salah satu bahan yang terdapat pada filter air. Dengan campuran bahan-bahan lainnya, seperti tawas, maka air yang keruh ataupun kotor kemudian bisa menjadi lebih bening dan juga menjadi lebih jernih berkat bantuan filter yang menggunakan pasir kuarsa sebagai bahan dasar pembuatannya.

Hal ini merupakan salah satu teknologi yang sudah banyak dilakukan oleh pabrik, terutam dalam hal manajemen pengolahan limbah dari suatu pabrik, sehingga limbah yang dihasilkan oleh pabrik tersebut bisa menjadi ramah lingkungan dan juga tidak mencemari lingkungan.

  1. Untuk Kepentingan Sandblasting

Sandblasting merupakan proses penyemprotan atau menembakan pasir kuarsa ke media tertentu untuk berbagai keperluan. Biasanya, sandblasting pada dunia industri digunakan unuk membantu menghilangkan karat dan juga kerak pada logam dan juga metal.

Sandblasting ini menggunakan pasir kuarsa yang disemprotkan pada bagian logam dan juga metal yang mengalami kerak dan juga mengalami karat. Dengan menggunakan metode sandblasting ini, maka kerak dan juga karak pada bagian metal tersebut akan hilang, dan logam akan menjadi lebih bersih.

  1. Untuk Bahan Tambahan pada Cor dan Bahan Konstruksi

Manfaat pasir kuarsa yang berikutny adalah sebagai salah satu bahan dasar dari cor-coran dan juga beton. Pasir kuarsa dimasukkan kedalam campuran semen dan juga kerikil, yang kemudian diaduk secara terus-menerus. Setelah pasir kuarsa dimasukkan dan juga diaduk secara terus-menerus, maka adonan beton akan siap untuk kemudian dimasukkan dalam cetakkan.

Pasir kuarsa dalam adonan beton ini bermanfaat untuk membantu mengikat semen agar menjadi lebih keras dan juga memiliki kontruksi beton dan juga cor-coran yang kuat. Ini nantinya akan membuat bangunan rumah juga semakin kokoh, seperti pada manfaat pondasi rumah yang diharuskan memilih bahan bangunan berkualitas agar rumah kokoh lebih lama.

ads
  1. Bahan Baku Pembuatan Semen

Selain digunakan untuk bahan campuran cor coran dan juga betonan, pasir kuarsa juga memilkik manfaat yang sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan semen atau mortar siap pakai. Biasanya, pasir kuarsa akan diolah sedemikian rupa, sehingga nanti pada akhirnya, pasir kuarsa akan keluar dalam bentuk semen siap pakai, yang pastinya akan sangat bermanfaat dalam dunia konstruksi dan juga dunia bangunan.

Hal ini membuktikan bahwa manfaat semen juga dapat dihasilkan dari hasil bumi pasir kuarsa. Semen juga dapat ditemukan pada manfaat dolomit yang berguna untuk lantai di berbagai tempat umum yang memilki tekstur yang berbeda dari bangunan lainnya.

  1. Pembuatan Bahan Genteng Logam atau Metal

Pasir kuarsa juga memiliki manfaat lainnya yang tak kalah penting. Manfaat pasir kuarsa lainnya adalah untuk bahan campuran dari genteng metal atau logam. Biasanya, pasir kuarsa yang dicampur dalam bahan pembuatan genteng metal atau logam ini berfungsi untuk membantu meredam suara yang muncul ketika genteng logam atau metal tersebut terkena rintik-rintik hujan.

Dengan adanya pasir kuarsa, maka suara yang muncul ketika terjadi rintik-rintik hujan tidak akan mengganggu. Genteng yang terbuat dari tanah ini dapat membuat rumah tidak akan terlalu panas, inilah manfaat tanah yang cukup baik untuk bangunan yang nyaman.

  1. Pengecoran Logam

Selain menjadi bahan pegecoran pada konstruksi beton dan juga pembuatan semen serta kaca, pasir kuarsa juga memiliki manfaat lainnya, dalam bidan industri, yaitu bidang industri logam. Pasir kuarsa sangat bermanfaat untuk membantu proses pengecoran konstruksi logam. Dengan menggunakan bahan tambahan pasir kuarsa, maka pengecoran logam akan menjadi lebih baik, kuat dan juga berkualitas tinggi.

Itulah beberapa manfaat dari pasir kuarsa. Pasir kuarsa merupakan salah astu bahan dasar yang paling bermanfaat untuk kepentingan industry, sehingga keberadaannya perlu dilestarikan. Demikian artikel mengenai manfaat dari pasir kuarsa. Semoga artikel mengenai manfaat dari pasir kuarsa ini dapat berguna dan juga dapat menambah wawasan anda semua. Terima kasih.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 26th, September 2015 / 05:38 Oleh :
Kategori : Hasil Bumi