Manfaat Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut, apakah itu ? pasang surut air laut merupakan suatu fenomena yang terjadi diperairan terutama di laut. Waktu pasang dan surut air laut ini tidaklah sembarangan, tetap ada waktu-waktu tertentu kapan harus pasang dan kapan harus surut. Meskipun semua itu sudah ada waktunya tetapi tidak banyak orang yang mengerti kapan terjadi pasang dan kapan terjadi surut. Padahal pasang dan surut air laut memiliki manfaat dan dampak bagi kehidupan manusia. Pasang suruh ini bias terjadi di pesisir pantai. Pasang surut yang terjadi di laut dipengaruhi adanya gaya gravitasi yang terjadi karena adanya bulan.

Bagaimana pasang dan surut itu ? pasang surut ini dapat terjadi di laut ketika air laut berada dipermukaan sehingga akna mengalami pasang dan mengalami surut, waktu pasang dan surut ini terjadi secara bergantian. Pantai surut tidak bisa tidak terjadi ia pasti terjadi di laut. Pasang surut dalam kehidupan sehari-hari memiliki manfaat yaitu

  1. Dapat digunakan sebagai sumber tenaga listrik

Manfaat dari pasang surut yang terjadi dalam laut adalah dapat digunakan sebagai sumber energi khususnya untuk energi listrik. Dengan adanya pasang surut air laut maka akan mengakibatkan pembentukan energi, meskipunsaat ini sudah tidak begitu digunakan listrik dengan memanfaatkan pasang surut air laut ini. Namun sejatinya, potensi untuk membentuk gaya listrik pada air pasang surut ini lebih memiliki energi yang banyak ketimbang lainnya.

Manfaat air bagi kehidupan sangatlah banyak, untuk itu air yang ada di laut sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari, meskipun rasanya yang asin tetapi ia baik untuk kehidupan masyarakat. Meskipun saat ini manfaat pasang surut air laut memang dapat digunakan untuk pembangkit listrik, namun masih membutuhkan potensi pada gaya pasang surut ini mampu digunakan secara penuh dalam pembangkitan listrik ataukah tidak.

  1. Dapat digunakan sebagai transfortasi perairan

Jalan kaki memang sehat. Manfaat jalan kaki adalah membuat tubuh lebih sehat dan bugar, tetapi bukankah tidak mungkin berjalan kaki diatas perairan dan menyebrangi lautan ? hal itu sangat tidak mungkin. Meskipun memang dapat menyebrangi lautan dengan berenang. Untuk itu dibutuhkan pasang surut air laut untuk membantu perjalanan transfortasi air laut. Pasang surut air laut ini dapat digunakan untuk transportasi di laut.

  1. Dapat digunakan untuk pembuatan garam

Tinggal di pesisir memang susah-susah gampang, ada susahnya ada gampangnya. Bagi seorang yang tinggal di pesisir biasanya memiliki mata pencaharian yaitu nelayan. Namun tidak hanya nelayan saja bahkan dapat menjadi pembuat garam, karena pasang surut yang terjadi di laut inipun dapat membuat garam, garam yang dihasilkan pada air laut ini memang menjadi penghasilan lain dari selain nelayan. Proses pembuatan garam ini membutuhkan tenaga matahari hingga menjadi kristal-kristal yang membentuk garam. Garam memang penting, jadi memang perlu pembuatan garam. Selain untuk masakan garam ini dapat digunakan sebagai obat kesehatan.

  1. Dapat dimanfaatkan sebagai kegiatan water sport

Water sport atau olahraga di dalam air seperti surfing, atau olahraga air lainnya tentu membutuhkan pasang surut air laut untuk melakukan perselancaran dilaut, jika tidak ada pasang surut air laut, sangat sulit melakukan olahraga dilaut seprti surfing. Karena pasang surut yang terjadi dalam air laut ini dapat menambah gelombang ombak di laut sehingga olahraga surfing akan lebih menantang dan lebih berkesan lagi. olahraga sangatlah penting.

Apalagi manfaat olahraga bagi tulang olahraga yang baik dan rutin dapat membuat tulang semakin kuat dan menjadikan tulang lebih sehat lagi. sehingga akan mengurangi resiko patah tulang dan resiko lainnya yang berhubungan dengan tulang.

  1. Menjadi mata pencaharian

Mata pencarian seorang yang tinggal di daerah pesisir tidak jauh-jauh dari laut, seorang yang tinggal dipesisir tentu memanfaatkan laut sebagai mata pencahariannya, seperti menjadi nelayan, membuat tempat wisata atau bahkan membuat garam sebagai produk khas daerah laut. Dengan adanya pekerjaan itu maka masyarakat yang ada di daerah laut akan ikut sejahtera, meskipun sebenarnya ada kesulitan yang harus dilalui oleh para nelayan, seperti ombak yang tinggi dan lain sebagainya. Itu sebabnya mengapa nelayan perlu mengetahui pasang surut air laut, jika air laut sedang surut maka sangat baik untuk digunakan pencarian ikan dan akan menambah uang penghasilan bagi para nelayan.

  1. Untuk menggerakkan perahu nelayan

Pasang surut air laut dapat membentuk ombak, dan ombak adalah salah satu fenomena laut yang indah yang bermanfaat untuk menggerakkan perahu ke tengah laut, tanpa adanya ombak yang bergoyang akan sulit bagi perahu melaju ke tengah laut. Namun dengan adanya ombak akan lebih membantu para nelayan. Selain itu setelah sampai ditengah-tengah ombak akan surut dan akan mempermudah para nelayan untuk melakukan pekerjaannya yaitu menangkap ikan di laut.

  1. Terjadinya ombak sebagai wisata alam

Alam memang indah, termasuk ombak-ombak yang terus berkejar-kejaran di laut. Ombak yang selalu bekejar-kejaran di laut ini akan membuat laut tampak lebih indah dan mempesona. Hal ini hanya dapat terjadi karena adanya gaya pasang surut air laut sehingga terjadinya ombak. Dan tentu hal ini akan menjadi salah satu fenomena objek laut yang indah untuk dijadikan tempat wisata.

Itulah tujuh dari manfaat terjadinya pasang surut di laut, tanpa adanya pasang surut makan kehidupan nelayan tidak akan dapat tercipta dengan sempurna. Padahal nelayan sngat dibutuhkan untuk mencari ikan, karena sangat banyak sekali Manfaat ikan yang dapat diambil manfaatnya seperti ikan yang mengandung banyak protein, protein memiliki Manfaat protein yang baik untuk tubuh.

Ada beberapa jenis ikan yang mengandung protein pula yaitu manfaat ikan kembung, Manfaat ikan patin, dan Manfaat ikan bandeng semua ikan itu bermanfaat karena mengandung protein yang baik untuk otak, dan semua ikan-ikan itu didapatkan karena adanya nelayan yang mencari ikan-ikan itu sedangkan nelayan mendapatkan ikan karena adanya fenomena pasang surut air laut. Jadi memang benar bahwa pasang surut air laut sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari khususnya bagi para nelayan.

, , , ,
Post Date: Thursday 18th, August 2016 / 10:08 Oleh :
Kategori : Alam