Manfaat Parem Beras Kencur – Obat Herbal Alami

Parem beras kencur adalah ramuan yang menggunakan beberapa bahan campuran untuk dijadikan alternatif obat. Parem beras kencur memiliki banyak manfaat yaitu bisa digunakan untuk menyembuhkan kaki yang kesleo atau bengkak, melemaskan otot- otot yang kaku, melancarkan peredaran darah, serta dapat mengembalikan kekebalan tubuh. Parem beras kencur merupakan pengobatan alternatif yang cukup efektif untuk berbagai masalah. Berikut ini adalah bahan dan cara pembuatan parem beras kencur yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. (baca juga: Manfaat Kulit Kayu Manis , Manfaat Lempuyang bagi Tubuh)

Bahan Pembuatan Parem Beras Kencur

Bahan – bahan yang perlu disiapkan : Tepung beras,  Kencur, Jahe, Lempuyang, Temu giring, Cengkih, Biji Pala, Kayu manis, Adas pulawaras, Minyak godopuro, dan Air secukupnya.

baca juga :

Cara Membuat Parem Beras Kencur

Cara membuat parem beras kencur cukup mudah. Anda juga bisa menyimpan hasilnya dalam waktu yang cukup lama dan bisa digunakan sewaktu- waktu apabila Anda membutuhkannya.

Cara membuat parem beras kencur, sebagai berikut :

  1. Iris tipis – tipis bahan bahan bahan alami yang mempunyai ukuran besar seperti jahe, lembuyangan, kencur dan temu giring. Lalu jemur dibawah terik matahari. (Baca Juga:  Manfaat Jamu Akar Dewa)
  2. Campurkan bahan – bahan yang setengah kering tersebut dengan bahan- bahan yang sudah kering dan bentuknya memang sudah kecil kecil seperti cengkih, biji pala, kayu manis, dan adas pulawaras. Kemudian jemurlah semua bahan tadi sampai semua bahan kering. (Baca Juga: Manfaat Jamu Galian Singset)
  3. Setelah bahan- bahan kering, tumbuklah semua bahan tersebut sampai halus dan diayak agar partikel yang kasar tidak ikut. (Baca Juga: Toko Obat Herbal Mulai Menjamur di Indonesia)
  4. Campurkan hasil ayakan yang sudah halus dengan tepung beras. Aduk aduk rata dan tambahkan minyak gondopuro. Aduk aduk kembali sampai semua adonan parem merata dan bertekstur lembek. (Baca Juga: Manfaat Biji Cengkeh)
  5. Setelah tercampur rata, buatlah bulatan – bulatan dari adonan tersebut lalu tekan tekan agar lebih pipih dan cepat kering ketika dijemur. Jemur kembali pipihan parem beras kencur tersebut hingga kering.
  6. Parem beras kencur Anda sudah jadi dan siap dipakai. (Baca Juga: Manfaat Tepung Beras)

Bagaimana? mudah bukan caranya? terlebih dahulu Anda harus mempersiapkan bahan – bahan pembuatnya agar lebih mudah. Pipihan parem beras kencur yang sudah dikeringkan, bisa Anda simpan dan gunakan sewaktu – waktu untuk keadaan yang membutuhkan, misal ketika badan Anda terasa kaku setelah aktivitas yang berlebih atau bisa digunakan untuk keadaan darurat saat keluarga Anda kesleo atau terjatuh yang menyebabkan lebam.

baca juga :


Cara Pemakaian Parem Beras Kencur

Parem sudah sering digunakan untuk alternatif penyembuhan mulai dari jaman dahulu. Jika Anda mengingatnya, nenek Anda mungkin pernah menggunakan parem atau dalam bahasa Jawa lainnya biasa disebut bobok. Berikut ini adalah cara memakai parem beras kencur.

  1. Ambil pipihan parem yang sudah Anda buat. Ambil secukupnya tergantung luas area yang akan Anda berikan parem ini. (Baca uga: Manfaat Tanaman Adas)
  2. Campurkan dengan air secukupnya, sampai parem yang kering tersebut berubah lebih lembek dan mudah diaplikasikan. (Baca Juga: Manfaat Jamu Pahitan)
  3. Usapkan parem tersebut ke seluruh permukaan area yang pegal- pegal, kaku, atau lebam. (Baca Juga: Manfaat Rebusan Kayu Manis)
  4. Biarkan beberapa saat sampai parem tersebut tampak mengering atau pegal – pegal Anda terasa berkurang, baru bisa Anda bersihkan. (Baca Juga: Manfaat Madu dan Kayu Manis)
  5. Beberapa orang memakainya pada saat malam hari sebelum istirahat dan dibersihkan keesokan harinya.
  6. Anda akan merasakan rasa hangat pada area yang diberikan parem sebagai sensasi yang membuat nyaman. Keesokan harinya Anda akan mendapatkan pegal – pegal pada tubuh Anda berkurang dan juga bengkak atau lebam berkurang. (baca juga : Manfaat Minum Beras Kencur)

Alternatif pengobatan herbal yang alami dengan parem beras kencur ini lebih efisien dalam hal biaya dan waktu. Pengobatan masalah tubuh yang ringan seperti badan kaku, pegal – pegal, kaki kesleo, linu – linu, pusing, batuk berdahak, dan lainnya bisa menggunakan parem beras kencur ini dengan dioleskan pada area yang terkait. Pemakaian parem beras kencur ini pada beberapa masalah mungkin perlu diulang dan tidak seketika sembuh dengan sekali penggunaan. Sehingga Anda perlu menggunakan parem dengan rutin untuk hasil yang lebih maksimal dan membuat Anda lebih nyaman. Pemakain parem ini tidak mempunyai efek samping yang membahayakan karena terbuat dari bahan – bahan alami yang aman. Parem beras kencur ini juga bisa digunakan untuk siapa saja baik anak – anak maupun dewasa. Demikian Penjelasan dari manfaat parem beras kencur Selamat mencoba.

, , , , ,
Post Date: Friday 10th, March 2017 / 14:00 Oleh :
Kategori : Kesehatan