Sponsors Link

4 Manfaat Parasetamol Bagi Tubuh

Sponsors Link

Parasetamol atau paracetamol merupakan salah satu zat kimia yang paling sering digunakan pada obat sakit kepala dan juga obat penghilang rasa nyeri. Parasetamol itu sendiri berasal dari kepanjangan dari bahan kimia yang membentuknya, yaitu parasetamol, amino dan fenol sehingga terbentuklah istilah paracetamol.

Sifat Utama Paracetamol

manfaat parasetamolParacetamol memiliki beberapa sifat utama, yaitu :

  • Meredakan nyeri

Sifat utama dari parasetamol adalah sebagai zat kimia yang dapat membantu meredakan rasa nyeri. Karena keunggulan inilah, parasetamol dimanfaatkan sebagai banyak jenis obat analgesik. Untuk manfaat penting dari parasetamol akan dijelaskan lebih lanjut pada bagian terakhir.

  • Memiliki kadar anti peradangan yang rendah

Meskipun masuk ke dalam kelompok analgesik dengan kemampuan untuk meredakan nyeri yang baik. Namun demikian, parasetamol tidak memiliki kandungan anti inflamasi dan peradangan, sehingga parasetamol tidak dapat digunakan untuk menyembuhkan peradangan.

Parasetamol sebagai bahan kimia yang masuk ke dalam kelompok analgesik, memiliki banyak sekali manfaat. Parasetamol sendiri biasa dikonsumsi dalam bentuk obat – obatan, bisa berupa pl, tablet dan juga sirup. Apa saja manfaat dari parasetamol? berikut ini adalah beberapa manfaat parasetamol :

1. Sebagai obat penurun demam

Manfaat parasetamol bagi tubuh adalah sebagai salah satu bahan kimia yang dicampur pada obat yang memiliki kemampuan menurunkan panas dan juga demam. Hal ini sangat penting, karena parasetamol dapat membantu menormalkan dan juga menurunkan suhu tubuh siapa saja yang sedang mengalami gejala demam.

Anda dapat mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan parasetamol tersebut sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Hal ini akan membantu mengobati dan menurunkan panas tubuh anda.

2. Untuk meredakan sakit kepala

Anda merasakan pusing dan juga sakit kepala? Pusing dan juga sakit kepala merupakan salah satu jenis penyakit yang ringan, namun memiliki dampak yang sangat banyak. Rasa pusing dan juga sakit kepala bisa jadi merupakan salah satu indikasi bahwa anda memiliki gangguan kesehatan lainnya.

Nah, untuk meringankan dan juga menyembuhkan gejala pusing dan juga sakit kepala tersebut, dapat mencoba mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan parasetamol. Hal ini dapat membantu anda dalam meredakana gejala pusing dan sakit kepala.

3. Untuk meredakan migrain

Sama seperti sakit kepala dan juga pusing, anda dapat meredakan gejala migrain atau sakit kepala sebelah dengan menggunakan obat-obatan yang memiliki kandungan parasetamol. Biasanya migraine dapat terjadi pada kondisi tertentu saja, namun tetap dapat diredakan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki kandungan parasetamol.

4. Dapat meredakan pegal – pegal

Kandungan parasetamol ternyata juga dapat membantu mengurangi rasa pegal-pegal yang dirasakan pada bagian – bagian tubuh anda. Namun demikian, ini hanyalah merupakan efek tambahan. Apabila anda merasakn pegal-pegal, jangan langsung meminum obat yang mengandung parasetamol, namun lebih baik istirahatkan tubuh anda.

5. Dapat meredakan nyeri dapat otot dan bagian tubuh

Manfaat parasetamol juga membantu meredakan nyeri otot dan juga nyeri pada bagian tubuh lainnya. Hal ini disebabkan karena parasetamol memiliki kandungan yang baik untuk menekan dan menahan rasa nyeri dan rasa sakit pada tubuh.

Dosis Parasetamol yang Tepat

Manfaat parasetamol bagi tubuh sangatlah banyak, terutama untuk mengurangi rasa sakit dan juga nyeri. Namun demikian, bagaimanapun parasetamol merupakan salah satu bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, dokter bersama dengan organisasi kesehatan merumuskan batasan-batasan dari dosis parasetamol yang wajib diperhatikan agar tidak terjadi overdosis.

sponsored links

Berikut ini adalah beberapa batasan atau dosis – dosis dari parasetamol, berdasarkan usia :

  • Pada usia 2 – 3 bulan – Untuk usia 2 – 3 bulan, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 60 mg selama 4 – 6 jam per harinya.
  • Pada usia 3 – 6 bulan – Untuk usia 3 – 6 bulan, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 60 mg selama 4 – 6 jam per harinya
  • Pada usia 6 – 24 bulan – Untuk usia 6 – 24 bulan, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 120 mg selama 4 – 6 jam per harinya.
  • Pada usia 2 – 4 tahun – Untuk usia 2 – 4 tahun, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 180 mg selama 4 – 6 jam per harinya.
  • Pada usia 4 – 6 tahun – Untuk usia 4 – 6 tahun, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 240 mg selama 4 – 6 jam per harinya.
  • Pada usia 6 – 8 tahun – Untuk usia 6 – 8 tahun, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 240 – 250 mg selama 4 – 6 jam per harinya.
  • Pada usia 8 – 10 tahun – Untuk usia 8 – 10 tahun, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 360-375mg selama 4 – 6 jam per harinya.
  • Pada usia 10 – 12 tahun – Untuk usia 10 – 12 tahun, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 480– 500 mg selama 4 – 6 jam per harinya.
  • Pada usia 12 – 16 tahun – Untuk usia 12 – 16 tahun, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 480 – 750 mg selama 4 – 6 jam per harinya.
  • pada usia di atas 16 tahun – Untuk usia diatas 16 tahun, takaran maksimal dari dosis parasetamol adalah 500 -1000 mg selama 4 – 6 jam per harinya.

Direkomendasikan, terutama bagi mereka yang sudah berusia diatas 16 tahun, ketika mengalami rasa nyeri atau demam untuk mengkonsumsi obat yang mengandung parasetamol antara 500 mg hingga 1000 mg per 4 – 6 jam dalam satu hari selama rasa sakit dan juga demam belum sembuh. Jadi kira – kira apabila belum sembuh, maksimal 4 – 6 kali konsumsi obat dengan kandungan parasetamol. Lebih dari itu, maka anda akan menglaami overdosis dan berdampak buruk pada kesehatan anda.

Dampak Overdosis Parasetamol

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, kelebihan dosis atau overdosis parasetamol akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Apa saja dampak buruk dari overdosis parasetamol bagi kesehatan tubuh? Berikut ini adalah beberapa dampak buruk overdosis parasetamol :

  • Ruam pada kulit
  • Pembengkakan
  • Kesulitan dan sesak nafas
  • Tekanan darah endah
  • Gangguan pada ginjal dan juga hati
  • Menurunnya sel darah putih dan sel darah merah

Itulah beberapa manfaat penting dan juga informasi penting dari parasetamol. Semoga artikel ini memberikan wawasan yang lebih luas bagi anda sekalian.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 23rd, July 2015 / 07:05 Oleh :
Kategori : Kesehatan