Sponsors Link

16 Manfaat Oncom Goreng bagi Kesehatan

Sponsors Link

Oncom adalah salah satu makanan khas yang berasal dari provinsi Jawa Barat, oncom merupakan makanan dari proses fermentasi kapang. Oncom memiliki rasa yang enak dan nikmat, proses pembuatan oncom hampir sama dengan proses pembuatan tempe oncom dapat diolah menjadi makanan seperti tumis sambal dan makanan lainnya Setelah kapang menghasilkan spora. Oncom memiliki berbagai alternatif asupan gizi yang sangat baik digunakan untuk tubuh. Kandungan gizi yang terdapat di dalam oncom meliputi vitamin A, vitamin C, vitamin B1, energi protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, lemak, dan lain sebagainya yang di mana kandungan tersebut sangat berguna untuk kesehatan tubuh. (Baca Juga: Manfaat Bunga Kencana Ungu , Manfaat Daun Cuciwis)

ads

Manfaat Oncom Goreng

  1. Menjaga sistem pencernaan

Kandungan rafinosa dan stakiosa memiliki manfaat dalam membantu menjaga sistem pencernaan sehingga dengan mengkonsumsi oncom kita dapat terhindar dari resiko gangguan pencernaan. (Baca juga: Manfaat Berenang Setiap Hari)

  1. Menjaga metabolisme tubuh

Manfaat oncom sangatlah banyak salah satunya oncom dapat membantu untuk menjaga metabolisme tubuh. Oncom dapat menjaga metabolisme tubuh dikarenakan kandungan gizi yang terdapat di dalam oncom sangatlah banyak sehingga dapat membantu tubuh untuk menjaga metabolisme tubuh. (Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun Herborist)

  1. Sumber energi bagi tubuh

Dengan banyaknya vitamin yang ada di dalam oncom ini ternyata mampu mengambil banyak manfaat pada kesehatan tubuh, dianta manfaat tersebut salah satunya adalah sebagai sumber energi, energi memang sagat dibutuhkan bagi kesehatan. dengan tubuh yang memiliki energi yang banyak, ia akan kuat untuk melakukan segala aktivitas, selain itu metabolisme pada tubuh ini pun akan lebih kuat adan akan lebih sering terhindar dari berbagai penyakit yang mengancam kesehatan tubuh. (Baca juga: Manfaat Vanili untuk Kue)

  1. Mengurangi kolesterol dalam tubuh

Kandungan serat yang terdapat di dalam oncom menjadikan oncom ini baik dikonsumsi untuk penderita kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang terdapat dalam oncom sangat bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Jadi bagi Anda yang menderita kolesterol anda dapat mengkonsumsi makanan oncom ini agar anda dapat mencegah terjadinya kolesterol yang bertambah tinggi.  (Baca juga: Manfaat Ovale Bedak Dingin)

  1. Melindungi kesehatan rongga hidung

rongga hidung memang memiliki berbagai fungsi untuk tubuh kita salah satunya manfaat rongga hidung adalah untuk menghangatkan dan melembabkan udara. Tahukah anda bahwa ternyata dengan mengkonsumsi oncom Anda dapat melindungi rongga hidung tetap sehat dan bekerja sejarah maksimal. Hal ini disebabkan karena kandungan yang terdapat di dalam oncom sudah terbukti dapat menjaga kesehatan rongga hidung, bagi Anda yang menginginkan rongga hidung tetap sehat maka makanan ini sangatlah dianjurkan. (Baca juga: Manfaat Buah Naga Bagi Kulit)

  1. Membersihkan darah

Salah satu manfaat oncom adalah digunakan untuk membersihkan darah, Hal ini disebabkan karena kandungan senyawa yang terdapat di dalam makanan oncom ini sangatlah berperan penting untuk membersihkan darah yang terdapat di dalam tubuh.  untuk menjaga agar darah tetap bersih maka Anda dapat mengkonsumsi makanan ini. (Baca Juga: Manfaat Handstand Push Up)

  1. Menekan produksi racun aflatoksin

racun aflatoksin adalah salah satu racun yang dihasilkan oleh jamur, yang di mana racun tersebut dapat menyebabkan bertumbuhnya sel kanker di dalam tubuh. Untuk menghindari terjadinya pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh Anda maka anda dapat mengkonsumsi oncom ini. Oncom dapat digunakan untuk menekan produksi racun aflatoksin karena kandungan senyawa yang dihasilkan pada proses pembuatan oncom dapat menekan terjadinya proses produksi racun aflatoksin.  (Baca Juga: manfaat yakult , manfaat vegeta)

ads
  1. Digunakan meningkatkan kekebalan tubuh

Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh sangatlah penting sebab dengan menjaga atau meningkatkan kekebalan tubuh maka tubuh tidak mudah terserang penyakit yang disebabkan karena bakteri virus maupun jamur.  kandungan vitamin A yang terdapat di dalam oncom sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang ada di dalam tubuh kita,  sehingga dengan kandungan ini maka kita tidak akan mudah terserang berbagai penyakit yang tidak kita inginkan. Kekebalan tubuh juga dapat diperoleh dari manfaat madu.  (baca juga : manfaat air garam untuk mulut , Manfaat Bengkoang untuk Gigi)

  1. Membantu pertumbuhan tulang

Kandungan fosfor yang terdapat di dalam makanan oncom ini dapat digunakan untuk membantu proses pembentukan tulang agar tulang menjadi lebih. Bagi Anda yang sedang berada dalam masa pertumbuhan Anda dapat mengkonsumsi makanan oncom ini, Sebab bagi Anda yang sedang dalam masa pertumbuhan maka pembentukan tulang sangatlah penting. (Baca Juga: Manfaat Talas untuk Diet)

  1. membantu fungsi otak

kandungan zat besi dan fosfor dapat membantu untuk menjaga fungsi otak,  dengan rajin terlatih dan mengkonsumsi oncom Anda dapat menjalankan fungsi otak dengan baik. (Baca Juga: Manfaat Olahraga Terjun Bebas)

  1. Dijadikan sumber gizi

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa oncom memiliki berbagai sumber gizi, untuk itu oncom sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai sumber gizi. (Baca Juga: Manfaat Susu Boneto , Manfaat Susu Zee )

  1. Mencegah perut kembung

Kapan yang di fermentasi dapat menghasilkan enzim Alpha galaktosidase yang dimana enzim tersebut membantu untuk tidak menimbulkan terjadinya gas yang ada di dalam perut sehingga kita dapat terhindar dari perut kembung. Hal ini disebabkan karena enzim Alpha galaktosidase menguraikan Rafinoda dan juga stakhiosa pada level yang lebih rendah dari sebelumnya. (Baca Juga: Manfaat Kacang Tanah Untuk Kesehatan Jantung)

  1. Membantu pertumbuhan gigi

Sama halnya seperti manfaat oncom untuk pertumbuhan tulang, lonceng dapat membantu pertumbuhan gigi karena di dalam oncom memiliki kandungan fosfor yang di mana kandungan tersebut sangat efektif untuk membantu proses pembentukan gigi. (Baca juga: Manfaat Nanas Untuk Jantung)

  1. mencegah penyumbatan pembuluh darah

Kandungan yang terdapat dalam oncom memiliki potensi untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga bagi Anda yang ingin mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah dapat mengkonsumsi oncom.  (Baca Juga: Manfaat Gula Aren Untuk Penderita Asam Lambung , Manfaat Gula Aren Untuk Diabetes Melitus)

  1. Mencegah trombosis

Berdasarkan hasil penelitian bahwa ternyata oncom dapat mencegah trombosis, trombosis merupakan kasus kematian mendadak yang diakibatkan karena adanya penyumbatan dalam pembuluh darah karena adanya pembekuan darah di dalam pembuluh darah vena. Untuk mencegah terjadinya trombosis Anda dapat mengkonsumsi makanan khas Indonesia ini. Ternyata manfaat coklat juga dapat meningkatkan trombosit. (Baca juga: Manfaat Kalsium Bagi Jantung , Manfaat Kalsium Bagi Tubuh)

  1. Menjaga kekebalan tubuh

Kandungan yang terdapat dalam makanan yang satu ini dapat membantu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, sistem kekebalan tubuh yang terjaga akan membantu kita terhindar dari berbagai penyakit yang tidak kita inginkan. (Baca Juga: Manfaat Daun Belalai Gajah , Manfaat Keladi Tikus Untuk Kanker)

Itulah beberapa manfaat yang dapat anda rasakan ketika anda mengkonsumsi oncom, selain oncom masih ada beberapa makanan yang memiliki kandungan gizi yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kita.  mengkonsumsi makanan yang bergizi dan memiliki banyak nutrisi dapat membantu untuk menjaga kesehatan sehingga kita dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 15th, May 2017 / 07:15 Oleh :
Kategori : Makanan