11 Manfaat Olahraga Untuk Kecantikan Kulit

Semua orang tahu bahwa olahraga memiliki manfaat yang sangat penting dalam hal menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Dengan kata lain, olahraga memiliki berbagai manfaat di aspek-aspek atau bagian-bagian pada tubuh, termasuk salah satunya ialah kulit. Karena dengan olahraga dapat membuat aliran darah secara umum akan meningkat ke seluruh jaringan termasuk kulit. Secara lebih jelasnya manfaat olahraga untuk kulit, yaitu peningkatan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi akan membuat sel-sel kulit menjadi lebih sehat. Sedemikian sehingga olahraga dapat menjaga kesehatan kulit, dan juga tubuh pada umumnya.

Selain itu, pembuangan sisa-sisa dari proses metabolisme tubuh dan toksin dari sel-sel kulit menjadi lebih baik. Yang mana, olahraga yang juga bisa mengurangi dan menghilangkan stress sehingga beberapa gangguan kulit yang biasanya muncul karena stress tersebut dapat hilang, seperti jerwat dan eksim (ruam). Oleh karena itu, apabila Anda menginginkan kulit yang sehat, maka Anda bisa memperolehnya dengan cara berolahraga. Tentu secara rutin dan teratur.

Berikut beberapa manfaat dari olahraga yang baik untuk kulit (kecantikan kulit) dalam segi kesehatan dan lainnya, antara lain:

1. Menutrisi Kulit

Olahraga seperti latihan aerobik, contohnya jogging, dapat meningkatkan denyut jantung yang kemudian akan berlanjut dalam membantu sirkulasi darah dan mengantarkan lebih banyak nutrisi ke sel-sel kulit. Sedemikian sehingga kulit akan menjadi sehat dengan terpenuhinya kulit oleh nutrisi tersebut. Hal senada juga disampaikan The American College of Sports Medicine sehingga merekomendasikan setiap orang untuk melakukan olahraga selama 30 menit setiap harinya dengan minimal 5 hari dalam seminggu.

2. Menghaluskan Kulit

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur juga dapat membuat kulit menjadi lebih halus. Hal ini dikarenakan ketika berolahraga akan mengeluarkan keringat, di mana kotoran akan keluar melalui pori-pori kulit yang terbuka. Keluarnya kotoran-kotoran tersebutlah yang kemudian akan membuat kulit menjadi bersih dan lebih halus.

3. Mengencangkan Kulit

Olahraga yang dilakukan untuk melatih otot-otot tubuh beserta menurunkan berat badan pasti akan mengurangi kondisi kulit yang terlihat kendor. Oleh karena itu, otot-otot yang terlatih karena berolahraga akan mengurangi efek kulit yang mengendor dan membakar lemak dan kalori sehingga kulit pun tampak kencang. Salah satu contoh olahraga yang efektif untuk mengencangkan kulit ialah anggan beban, seperti barbelan (mengangkat barbel). Bahkan beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli menyebutkan bahwa olahraga seperti yoga mampu membuat kulit menjadi kencang secara efektif.

4. Mengurangi dan Mencegah Jerawat

Olahraga yang rutin dan teratur juga bermanfaat untuk mengurangi serta mencegah munculnya jerawat pada kulit. Hal ini dikarenakan dengan melakukan olahraga dapat membantu untuk mengontrol produksi hormone DHEA dan DHT yang menjadi pemicu timbulnya jerawat di kulit, terutama bagian wajah. Selain itu, jerawat dapat muncul karena Anda sedang mengalami stress, maka dengan cara olahraga yang juga dapat membantu menghilangkan stress akan meminimalisir kemungkinan jerawat untuk muncul di kulit.

Manfaat olahraga untuk kulit dapat mambuat tubuh menjadi lebih rileks atau santai. Oleh karena itu, berolahragalah secara rutin dan teratur agar dapat mengurangi dan mencegah timbulnya jerawat yang biasanya muncul di kulit.

5. Menjadikan Kulit Bersih dan Merona

Manfaat lain olahraga bagi kulit ialah menjadikan kulit lebih bersih dan merona. Hal ini dikarenakan peredaran darah yang lancar di dalam tubuh. Ditambah lagi, ketika melakukan olahraga akan membuat sel kulit mati hilang dan menggantinya dengan sel kulit baru. Bahkan beberapa ahli kecantikan menyebutkan bahwa olahraga lebih ampuh untuk membuat kulit bersih dan merona secara alami dibandingkan dengan menggunakan krim-krim perawat alami yang ada di dunia kecantikan sendiri.

6. Membuat Awet Muda

Dengan adanya beberapa manfaat yang telah disebutkan sebelumnya, efek olahraga secara implikatif akan menyebabkan Anda terlihat awet mudah. Hal ini terlihat dari kondisi kulit yang bersih, kencang, merona, dan sehat. Sel kulit baru yang dihasilkan karena olahraga akan menjaga kulit agar tetap lembab dan tidak kering.

Secara khusus, dalam hal membuat awet muda ini Anda harus mengimbangi dengan pengkonsumsian air putih secara rutin dan teratur sehingga membantu meminimalisir racun di kulit dengan cara mengeluarkannya melalui pori-pori yang terbuka ketika berkeringat.

7. Merangsang Produksi Kolagen

Kolagen merupakan zat yang berfungsi sebagai pengisis sel kulit untuk membuat kulit menjaga lebih kencang dan kenyal. Dengan bertambahnya usia, produksi kolagen di dalam tubuh akan mengalami penurunan dan berkurang sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering dan berkerut. Oleh karena itu, dengan melakukan olahraga secara rutin dan teratur dapat merangsang tubuh untuk mengproduksi kolagen yang penting bagi kulit ketika sudah mengalami penurunan dengan bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan saat olahraga sel kulit akan mendapatkan oksigen dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatannya.

8. Sebagai Facial Alami

Olahraga yang rutin dan teratur juga dapat dijadikan sebagai facial alami untuk kulit. Hal ini dikarenakan ketika sedang melakukan olahraga pori-pori akan membesar sehingga mampu mengeluarkan minyak, debu, dan kotoran lainnya yang biasanya terjebak di dalam kulit. Supaya olahraga menjadi facial alami yang lebih maksimal, maka disarankan untuk tidak menggunakan make up atau lotion kulit saat olahraga. Ini dilakukan agar minyak, debu, dan kotoran lain yang harusnya keluar justru tidak terhalang karena adanya make up atau lotion kulit tersebut.

Hal ini diperkuat dengan pendapat seorang ahli dermatologis Audrey Kunin, MD yang menyebutkan bahwa olahraga merupakan facial alami pada kulit. Segeralah cuci muka bahkan mandi pasca melakukan olahraga maksimal 30 menit.

9. Menyembuhkan Eksim

Dalam hal ini, olahraga dianggap mampu untuk menyeimbangkan mental dan menghilangkan stress pada tubuh. Karena mampu menghilangkan stress penyakit yang disebabkan olej stress berlebih dapat lebih cepat. Menurut Brian B. Adams, MD yang merupakan anggota asosiasi professor dan direktur Klinik Dermatologi Olahraga, Universitas Cincinnati menyebutkan bahwa dengan berolahraga penyakit eksim dan jerawat bisa sembuh. Selain itu, manfaat olahraga lainnya ialah mampu mengurangi produksi minyak kulit berlebih akibat stress yang dialami.

10. Membantu Mengeluarkan Racun dan Radikal Bebas

Racun maupun radikal bebas dapat diakibatkan karena adanya asap rokok, polusi udara, dan juga bahan kimia yang ada pada produk kecantikan sehingga berdampak buruk pada kesehatan kulit, seperti merusak kulit, menyebabkan keriput, flek, dan lain-lain. Dengan demikian, melakukan olahraga dapat mengeluarkan racun dan radikal bebas dari dalam tubuh karena sirkulasi darah yang berjalan lancar dan distribusi nutrisi untuk kulit diserap secara maksimal.

11. Mengurangi Selulit

Selulit dapat terjadi akibat jalinan fibroblast yang tertarik dan membentuk kantong lemak. Pada umumnya, selulit ada di bagian pantat (bokong), paha belakang atau lengan, di mana dapat membuat kulit menyerupai kulit jeruk. Sedemikian sehingga kemunculan selulit akan mampu mengganggu penampilan dan membuat Anda kurang percaya diri. Oleh karena itu, untuk mengurangi bahkan mencegah selulit agar tidak terjadi, lakukanlah olahraga secara rutin dan teratur. Hal ini dikarenakan ketika sedang berolahraga, tubuh mengalami proses pembentukan dan peregangan otot sehingga selulit dapat dihilangkan bahkan dicegah sebelum terjadi.

Dari beberapa manfaat yang telah disebutkan serta dijelaskan di atas, berbagai olahraga yang bisa dilakukan untuk kesehatan kulit, seperti manfaat yoga, manfaat bersepeda, manfaat berenang, manfaat jogging, manfaat olaharag angkat beban dan berbagai latihan aerobik maupun latihan kardio lainnya. Di samping itu, beberapa hal yang juga penting agar manfaat olahraga tersebut tercapai, antara lain mengimbanginya dengan konsumsi air putih yang cukup, pola makanan dan pola hidup yang sehat, serta jangan lupa untuk melakukan olahraga tersebut secara rutin dan teratur.

, ,
Post Date: Wednesday 03rd, February 2016 / 09:40 Oleh :
Kategori : Olahraga