Sponsors Link

7 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental Manusia

Sponsors Link

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental ternyata cukup banyak selain untuk kesehatan tentunya. Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga telah terbukti banyak memberikan efek yang positif bagi kesehatan fisik seseorang, salah satunya adalah membuat tubuh terasa bugar dan fit sehingga bisa menjalankan aktivitas keseharian dengan baik. Akan tetapi selain dapat meningkatkan kesehatan fisik, ternyata berolahraga juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental kita.

ads

Beraktifitas fisik seperti berolahraga dapat membantu tubuh dalam memproduksi hormon-hormon yang sangat diperlukan oleh tubuh kita, seperti hormon endorfin, serotonin, adrenalin, dopamin, dan hormon-hormon lainnya. Dan dengan terproduksinya hormon-hormon tersebut dengan baik maka hal itu akan dapat memberikan manfaat bagi kesehatan kita secara menyeluruh. Adapun manfaat berolahraga bagi kesehatan mental di antaranya adalah :

  1. Mengurangi stress

Ketika seseorang selalu disibukkan dengan rutinitas yang begitu padat dan melelahkan, hal itu bisa memicu terjadinya stress yang diakibatkan karena hormon kortisol yang dihasilkan oleh otak. Dan Ketika seseorang melakukan aktifitas fisik seperti halnya berolahraga, hal itu akan membantu tubuh dalam memproduksi hormon endorfin, yaitu molekul protein yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit maupun sebagai obat penenang yang diakibatkan oleh adanya stress atau ketegangan. Jadi, bagi anda yang memiliki aktivitas yang padat dan berpotensi menimbulkan stress sebaiknya Anda rajin melakukan olahraga misalnya dengan melakukan jogging, aerobic, maupun jenis olahraga lainnya.

  1. Meningkatkan rasa percaya diri

Manfaat olahraga untuk kesehatan mental berikutnya adalah tumbuhnya percaya diri. Kepercayaan diri yang baik merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kesuksesan seseorang, baik dalam pekerjaan maupun dalam pergaulan.  Seseorang yang percaya diri dapat meraih kesuksesan dengan lebih mudah jika dibandingkan dengan orang yang kurang atau tidak memiliki rasa percaya diri. Lalu apa hubungan antara rutin berolahraga dengan rasa percaya diri? Perasaan percaya diri seseorang bisa didapatkan tidak hanya dari bentuk tubuh maupun dengan penampilan yang indah saja. Study telah menunjukkan bahwa  berolah raga mampu menghasilkan fisik yang prima serta citra tubuh yang sehat yang pada akhirnya akan menumbuhkan kemantapan diri seseorang. Disamping itu, melakukan gerak badan akan mampu membentuk postur tubuh yang kita inginkan.

  1. Mencegah Insomnia

Seringkali setiap kali selesai beraktivitas yang melelahkan, kita akan mengalami gangguan tidur di malam harinya. Akan tetapi hal itu tidak berlaku bagi mereka yang rajin berolahraga. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Behavioral Sleep Medicine Program, Feinberg School of Medicine, Northwestern University Chicago menyatakan bahwa “Mendapatkan kualitas tidur yang baik hanyalah salah satu dari manfaat positif yang bisa didapat dari olahraga.”

ads
Ketika seseorang melakukan gerakan olahraga, terjadi peningkatan metabolisme di dalam tubuhnya akibat pembakaran kalori tubuh. Proses tersebut nantinya menyebabkan terjadinya pemanasan di dalam tubuh, akan tetapi ketika orang tersebut beristirahat maka akan terjadi penurunan suhu (proses pendinginan) di dalam tubuh. Pada proses tersebut, tubuh akan memproduksi zat melatonin yang berfungsi untuk membantu mendapatkan tidur yang nyenyak. Ketika seseorang memiliki kualitas tidur yang baik, maka syaraf-syaraf tubuh akan dapat mendapatkan relaksasi secara maksimal, dan akhirnya ketika bangun tubuh kita akan terasa lebih segar dan siap menghadapi aktivitas.

  1. Meningkatkan hubungan sosial

Cobalah meluangkan waktu sejenak untuk berolahraga, misalnya dengan melakukan jogging atau mengunjungi tempat-tempat gym.  Di sana kita bisa bertemu dan berinteraksi dengan orang lainnya. Hal ini akan mendukung kehidupan sosial kita dengan masyarakat lainnya.

  1. Meningkatkan semangat

Olahraga akan membuat seseorang menjadi lebih bersemangat. Setelah berolahraga, tubuh akan menjadi lebih bugar, dan dengan begitu akan dapat membakar semangat untuk dapat melakukan aktivitas yang lainnya. Dengan semangat yang kita miliki, maka akan membuat kita bisa lebih kreatif.

  1. Menumbuhkan perasaan bahagia (meningkatkan mood)

Meskipun saat berolahraga tubuh kita banyak mengeluarkan keringat, akan tetapi hal itu justru akan dapat membuat suasana hati kita menjadi lebih baik, dan pada akhirnya hal itu akan dapat meningkatkan mood dan menumbuhkan perasaan bahagia dalam diri kita. Mengapa? Karena aktivitas fisik bisa meningkatkan produksi hormon endorphine dan serotonine yang merupakan hormon yang dapat mempengaruhi mood seseorang. Dengan memiliki mood yang baik, seseorang bisa memiliki tingkat emosi yang lebih stabil dan mereka akan lebih siap menghadapi tekanan mental dari pihak manapun.

  1. Meningkatkan fungsi dan kinerja otak

Berbagai macam study telah menunjukkan bahwa rutinitas dalam melakukan aktivitas fisik dapat membantu otak untuk dapat berfungsi lebih baik. Bagaimana bisa demikian? Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah yang nantinya dapat membantu organ otak untuk mendapatkan suplai oksigen serta nutrisi. Selain itu, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan produktivitas hippocampus yang berkontribusi dalam meningkatkan memori pada otak. Artinya rutin berolah raga bisa membuat pikiran kita menjadi lebih tajam, dan akhirnya akan membuat kita lebih cerdas.

Baik untuk otak : Manfaat bermain catur – manfaat bermain gitar – manfaat minyak ikan – manfaat omega 3 – manfaat asam folat

Banyak kan manfaat olahraga bagi kesehatan mental kita? jadi mulai sekarang jangan bosan-bosan untuk mengingatkan diri sendiri, keluarga, serta tema-teman kita untuk selalu rutin berolahraga, karena selain tubuh menjadi sehat, jiwa kita juga akan menjadi lebih kuat. Bukankah pepatah mengatakah bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang kuat. Semangat yaaa…

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Wednesday 27th, January 2016 / 07:25 Oleh :
Kategori : Olahraga