8 Manfaat Olahraga Untuk Awet Muda dan Jenisnya

Sudah tak perlu lagi kita melakukan penelitian dalam-dalam untuk mengetahui apakah olahraga itu bermanfaat untuk tubuh atau tidak. Karena sudah jelas sekali, bahwa jutaan dokter, pakar, bahkan orang awam sekalipun mengatakan olahraga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat-manfaat olahraga untuk tubuh ini antara lain adalah dapat membantu anda mengkontrol berat badan, meningkatkan imunitas, meningkatkan kekutaan otot dan tulang, menjaga postur tubuh, hingga dapat menambah stamina anda.

Namun dari sederet manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh, apakah olahraga juga memiliki manfaat dapat memperlambat penuaan atau membuat kita tetap awet muda? Karena bagi kebanyakan orang menjadi awet muda di usia yang tak lagi muda juga sangatlah penting. Jika anda tetap awet muda, maka dimasa tua anda akan banyak hal yang bisa anda lakukan, seperti dapat membuat anda dapat meneruskan karir dan menggapai impian anda di masa senja. Untuk dapat mengetahui manfaat dan kaitan olahraga untuk awet muda, silahkan simak uraian dibawah ini.

Olahraga untuk Kesehatan dan Awet Muda

Sebuah penelitian baru menyatakan bahwasannya aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan secara teratur dapat mencegah peradangan yang diiringi dengan penuaan dan dapat mencegah penyakit terkait, seperti depresi, penyakit jantung, penurunan fungsi mental, hingga hilangnya masa otot.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa olahraga memiliki potensi anti-inflamasi atau anti peradangan yang dapat menghambat terjadinya penuaan. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Circulation ini mengamati beberapa orang selama 10 tahun untuk mengamati efek jangka panjang dari olahraga. Penelitian ini telah menunjukkan bahwa orang-orang yang aktif berolahraga secara teratur pada umumnya memiliki tingkat peradangan yang rendah. Otomatis jika tingkat peradangan yang muncul rendah, maka tingkat penuaan pun juga ikut rendah. Karena pada dasarnya peradangan yang muncul juga ikut membawa efek penuaan bagi tubuh anda.

Dengan olahraga teratur  :

  1. Kulit anda akan dapat mempertahankan kekencangannya.
  2. Peredaran darah pun akan menjadi lancar jika anda rutin berolahraga
  3. Dapat mendorong regenerasi kulit
  4. Membuat kulit menjadi cerah serta terhindar dari garis-garis halus penuaan.
  5. Mengencangkan otot agar tidak terlihat tua
  6. Menghindari penuaan dini
  7. Racun dalam tubuh anda pun akan ikut keluar melalui keringat yang keluar dari pori-pori kulit.
  8. Membuat pori pori menjadi lebih kecil

Untuk anda yang malas dan menghindari segala jenis aktivitas fisik dan olahraga, mulai sekarang cobalah untuk menyempatkan diri melakukan olahraga di sela-sela kesibukan harian anda. .

Tips Melakukan Olahraga untuk Awet Muda

1. Satu Minggu 150 Menit. 

Lakukanlah aktivitas fisik atau olahraga selama 150 menit untuk setiap minggunya. Olahraga atau aktifitas fisik ini bisa berupa berlari, bersepeda, yoga, olahraga lainnya atau bahkan melakukan pekerjaan rumah. Anda bisa membaginya menjadi 20-30 menit setiap harinya. Jika anda beolahraga selama 5 hari dalam satu minggu berarti anda harus melakukan olahraga tersebut setidaknya selama 30 menit, jika anda mengehendaki berolahraga selama 6 hari dalam satu minggu maka setiap harinya anda harus berolahraga 20 menit, dan begitu pula seterusnya.

2. Jangan Olahraga Terlalu Berat

Intensitas olahraga ternyata juga memiliki andil dalam terjadinya peradangan. Setiap orang memiliki porsi olahraganya masing-masing. Dan anda harus menghindari olahraga yang terlalu berat untuk fisik anda. Hindari apapun jenis olahraga yang melenihi 70% dari kemampuan tubuh anda selama lebih dari 30 menit. Intensitas yang begitu tinggi seperti ini dapat membuat peradangan malah dapat meningkat.

3 Olahraga untuk Awet Muda

Banyak sekali olahraga yang bisa kita lakukan di rumah maupun di tempat lain. Anda bisa memilih olahraga manapun yang paling anda sukai dan sesuai dengan kemampuan anda. Berikut ini 3 olahraga yang bisa dilakukan banyak orang dan cocok untuk menjaga tubuh agar tetap awet muda.

1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga yang bisa anda coba untuk membuat anda tetap awet muda. Pada mulanya anda mungkin akan beranggapan bahwa manfaat yoga untuk pencegah penuaan maupun untuk kesehatan tidaklah besar, karena dalam yoga dinilai tidak terlalu banyak terdapat gerakan-gerakan. Namun anggapan seperti ini tidaklah sepenuhnya benar. Karena ketika melakukan yoga terdapat beberapa gerakan tertentu seperti shoulder stand, forward blend, downward facing dog, plow atau gerakan lainnya yang ikut dilakukan.

Gerakan-gerakan yang terdapat dalam yoga menurut Dr. Jeanette Graf, M.D, bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah. Aliran nutrisi dan juga oksigen dari seluruh tubuh termaksud kulit pun ikut menjadi lancar ketika anda memperaktekkan gerakan yoga. Tidak hanya itu, dengan melakukan yoga anda juga akan membuat anda mendapatkan ketenangan pikiran tersendiri yang akan membuat anda terhindar dari stress berlebih.

2. Aerobik

Jika anda ingin awet muda dengan kulit yang tetap kencang, maka aerobik ini adalah jenis olahraga yang tepat untuk anda lakukan. Sama halnya dengan olahraga lainnya, aerobik juga memperlancar sirkulasi darah dan membuat suplai nutrisi dan oksigen keseluruh tubuh terutama kulit menjadi lancar. Otot-otot tubuh juga akan aktif bergerak ketikaanda melakukan gerakan aerobik, sehingga mampu membuat kulit anda menjadi segar, kencang, serta tak mudah terbentuk garis-garis kerutan. Untuk anda yang memiliki berat badan berlebih pun juga cocok melakukan aerobik. Karena aerobik ini dapat membantu pembakaran lemak tubuh, terutama lemak di daerah lengan, paha, dan juga perut.

3. Jogging

Melakukan jogging dapat membuat anda tetap awet muda dan menjaga fungsi organ tubuh anda. Penelitian yang dilakukan di Humboldt State University dan University of Colorado telah menyatakan bahwa para manula memiliki fungsi tubuh yang terjaga sama seperti seorang yang berusia 20 tahunan karena mereka rajin melakukan jogging.

Penelitian tersebut juga meneliti para manula yang usianya diatas 65 tahun. Manula-manula tersebut sebagian melakukan jogging setiap harinya, dan sebagian lainnya memilih lari sebagai olahraga yang dilakukan. Mereka yang berlari selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu fungsi tubuhnya tidak berubah dan tetap mengalami penuaan. Sedangkan, mereka yang berjoging fungsi tubuhnya mengalami peningkatan dan sama seperti mereka yang berusia 20 tahun. Jadi, untuk anda yang ingin awet muda dan fungsinya lebih terjaga, sebaiknya mulai rutin melakukan jogging yang secara ilmiah lebih efektif melawan penuaan daripada berlari.

Itulah ulasan-ulasan mengenai olahraga dan manfaatnya untuk awet muda. Tidak hanya mengandalkan olahraga, supaya anda bisa awet muda anda pun harus mengimbanginya dengan menjaga porsi makan yang sehat dan hidup di lingkungan yang bersih dan sehat. Anda juga harus pintar-pintar menjauhkan diri anda dari stress, karena stress dapat mempercepat adanya penuaan.

Post Date: Thursday 18th, February 2016 / 10:00 Oleh :
Kategori : Olahraga