15 Manfaat Olahraga Bowling bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Bowling merupakan salah satu jenis olahraga yang unik, mengasyikkan, dan simpel. Prinsipnya, sebagai pemain kita harus menggelindingkan bola bowling di sepanjang jalur khusus dan menjatuhkan sepuluh pin bowling yang disusun berbentuk segitiga di ujung jalur. Jika pinnya jatuh semua dalam sekali tembak maka disebut strike. Jika masih ada yang tersisa diberikan kesempatan lagi untuk menggelindingkan bola. Jika pada lemparan kedua pinnya berhasil dijatuhkan semua disebut dengan istilah spare. Sementara jika masih ada juga pin yang tersisa disebut dengan open frame (missed).

Untuk memainkan permainan ini biasanya kita harus mengunjungi tempat khusus yang menyediakan semua perlengkapan dan tempat bermainnya sehingga harus mengeluarkan biaya. Permainan ini sangat  mengasyikkan karena bermain bowling lebih mirip bermain daripada berolahraga betulan. Selain menyenangkan bermain bowling juga mendatangkan banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental diantaranya:

  1. Mengurangi stres – Selain menyehatkan kebanyakan jenis olahraga merupakan kegiatan yang menyenangkan sehingga mampu menghalau stres. Salah satunya olahraga bowling. Apalagi bowling merupakan jenis olahraga yang lebih mirip permainan seperti sepak bola, bahkan lebih santai sehingga melakukannya dapat membuat pikiran lebih lapang dan mengatasi stres. (Baca juga: 18 manfaat tertawa bagi kesehatan – 16 manfaat berpikir positif bagi fisik dan mental)
  2. Pembakar kalori – Olahraga bowling mengharuskan kita untuk aktif bergerak dengan mengambil bola, membungkuk, menggelindingkan bola, berjalan, dan sedikit berlari sehingga dapat membakar kalori dalam jumlah cukup besar. (Baca juga: 20 manfaat jalan kaki pagi hari – manfaat lari di tempat)
  3. Menurunkan berat badan – Dengan kemampuannya membakar kalori olahraga bowling layak dijadikan olahraga pilihan bagi anda yang sedang menjalani diet karena dapat menurunkan berat badan. (Baca juga: manfaat kulit manggis untuk menurunkan berat badan)
  4. Baik bagi kesehatan otot – Dalam olahraga bowling ada banyak jenis gerakan yang kita lakukan yang melibatkan banyak otot, salah satunya otot lengan dimana kita harus mengambil dan melempar bola dengan arah, cara, dan kecepatan yang tepat agar dapat menjatuhkan pin sebanyak-banyaknya. JIka dilakukan secara rutin akan menjadikan otot kita lebih kuat, sehat, dan lentur. (Baca juga: manfaat lembayung – manfaat whey protein)
  5. Melatih koordinasi mata dan tangan – Dalam melakukan olahraga bowling kita dituntut agar mampu mengkoordinasikan gerakan tangan ketika melempar bola dengan sasaran yang dituju. Hal ini sangat baik untuk melatih koordinasi tubuh sehingga kemampuan motorik dan fokus kita menjadi lebih baik. (Baca juga: manfaat olahraga bola voli bagi kesehatan – 17 manfaat olahraga basket untuk fisik dan mental)
  6. Melatih konsentrasi – Untuk dapat menembak semua pin dengan tepat diperlukan konsentrasi yang baik sehingga arah dan kekuatan gelindingan bola tepat mengenai sasaran. Dengan rajin bermain bowling akan turut mengaasah konsentrasi sehingga kita lebih mudah fokus dan konsentrasi tidak mudah buyar. (Baca juga: 17 manfaat meditasi untuk kesehatan fisik dan mental – 12 manfaat bermain catur bagi fungsi otak)
  7. Mencegah penyakit-penyakit kardiovaskular – Penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke merupakan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Untuk menjaga agar jantung sehat dan peredaran darah lancar kita dianjurkan untuk banyak bergerak seperti dengan melakukan olahraga bowling. Dengan melakukan olahraga ini dijamin tubuh anda akan aktif bergerak.(Baca juga: manfaat kacang panjang)
  8. Mencegah diabetes – Rajin melakukan olahraga bowling juga dapat mencegah kita dari resiko penyakit dibetes. Dengan berbagai gerakan yang kita lakukan untuk mengambil bola, berputar, dan menggelindingkan bola membuat tubuh kita terhindar dari obesitas yang merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes.(Baca juga: manfaat daun ceri untuk diabetes)
  9. Melancarkan peredaran darah – Banyak penyakit disebabkan oleh kurang lancar atau tersumbatnya aliran darah sehingga berbagai jaringan dan organ tubuh tidak mendapat asupan oksigen dan sari makanan yang cukup. Untuk itu berolahraga seperti olahraga bowling sangat disarankan karena dapat membantu melancarkan peredaran darah. (Baca juga: manfaat romanesco)
  10. Mengasah kemamuan bersosialisasi – Olahraga bowling biasanya dilakukan di tempat yang cukup ramai dan dilakukan bersama-sama oleh sekelompok orang agar lebih bersemangat dan menyenangkan. Bermain bowling akan turut mengasah kemampuan kita bersosialisasi dan bergaul dengan orang lain baik dengan teman yang sudah dikenal  maupun dengan teman yang baru dikenal.(Baca juga: manfaat permainan anak tradisional)
  11. Meningkatkan kepadatan tulang – Kepadatan tulang penting artinya apalagi bagi orang-orang yang sudah mulai lanjut usia dimana kepadatan tulangnya mulai menurun sehingga lebih beresiko terkena osteoporosis. Selain melalui asupan makanan kepadatan tulang juga bisa ditingkatkan dengan rutin bermain bowling. (Baca juga: manfaat mendol)
  12. Menurunkan tekanan darah – Tekanan darah merupakan salah satu indikator kesehatan seseorang. Tekanan darah yang terlalu tinggi tidak baik bagi kesehatan serta dapat menimbulkan gangguan pada tubuh.  Jika tekanan darah anda terlanjur tinggi anda dapat menurunkannya atau menstabilkannya baik dengan mengonsumsi obat atau makanan tertentu atau dengan berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang dapat anda lakukan adalah bowling. (Baca juga: manfaat ketumbar untuk darah tinggi)
  13. Menyehatkan tubuh dengan cara yang aman – Rutin bermain bowling dengan cara dan gerakan yang benar akan membuat tubuh kita sehat dan lentur dengan resiko cedera yang sangat rendah. Berbeda dengan sebagian jenis olahraga lainnya yang beresiko besar mengalami cedera.
  14. Meningkatkan kebugaran tubuh – Seperti olahraga lainnya sebelum mulai bermain bowlling kita dianjurkan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Gerakan-gerakan dalam pemanasan ini dan gerakan ketika bermain bowling dapat membuat tubuh lebih bugar apalagi jika dilakukan secara rutin. (Baca juga: manfaat melatih daya tahan tubuh – manfaat berenang)
  15. Meningkatkan keakraban antar anggota keluaraga – Permainan bowling yang simpel dan mudah dipelajari menjadikannya olahraga yang menyenangkan sekaligus bisa dimainkan oleh semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain itu gerakan-gerakan dalam olahraga ini cukup ringan sehingga masih dapat dilakukan oleh anak-anak maupun orang tua. Hal ini menjadikan bowling sebagai salah satu cara bagi keluarga untuk menghabiskan waktu bersama. (Baca juga: manfaat hidup bersatu)

Semua manfaat di atas bisa kita dapatkan dengan bermain bowling secara benar dan aman. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat kita terapkan diantaranya:

  1. Lakukan pemanasan kecil seperti meregangkan jari dan lengan sebelum bermain agar terhindar dari cedera. Meskipun bowling bukanlah olahraga berat namun sebaiknya tetap dilakukan pemanasan.
  2. Karena bobot bola bowling yang cukup berat sebaiknya gunakan dua tangan ketika mengambil bolanya. Selain itu bisa juga sambil menekuk salah satu lutut agar punggung kita tidak cedera.
  3. Bola yang sudah digelindingkan biasanya akan kembali secara otomatis dengan bantuan alat khusus yang tersedia di arena. Alat ini dilengkapi roda berputar yang tidak boleh atau tidak usah dipegang.
  4. Jalur tempat kita menggelindingkan bola biasanya sangat licin sehingga tidak dianjurkan untuk berjalan-jalan di atasnya.

,
Post Date: Monday 15th, May 2017 / 04:59 Oleh :
Kategori : Olahraga