Sponsors Link

8 Manfaat Olahraga bagi Wanita – Hamil – Menopouse

Sponsors Link

Olahraga merupakan sebuah aktivitas fisik yang dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. selain itu, beberapa jenis olahraga ternyata juga bermanfaat meningkatkan kebugaran dan mempertahankan berat tubuh wanita dan pria pada berat ideal. Olahraga juga mampu menetralisir tekanan pemicu stres yang dialami selama seharian bekerja. Itulah mengapa olahraga tidak hanya baik secara fisik namun dari segi psikologis pun juga mempunyai manfaat.

ads

Terutama bagi wanita yang ingin menjaga bahkan mengembalikan bentuk tubuh ideal, maka olahraga merupakan sarana yang tepat. Wanita yang bisa menjaga intensitas berolahraga biasanya juga mempunyai kulit yang cantik dan sehat. Untuk mengetahui lebih dalam  manfaat olahraga bagi wanita, berikut penjabarannya :

  1. Menambah dan Meningkatkan Energi

Ketika anda melakukan olahraga dalam sehari setidaknya 30 – 50 menit maka selain dapat membakar kalori, tubuh juga mampu melakukan pelepasan endorphin secara teratur. Endorphin ini merupakan sebuah senyawa kimia yang dihasilkan oleh otak sehingga mendatangkan rasa tenang. Terlepasnya endorphin ke dalam darah juga akan memberikan tambahan energi bagi tubuh manusia. wanita yang berolahraga secara rutin biasanya akan mendapatkan beberapa manfaat dari segi kesehatan dan kecantikan tentunya.

Anda pasti pernah merasa kelelahan setelah melakukan olahraga bukan? Lalu mengapa olahraga dapat dikatakan menambah dan meningkatkan energi? Seperti yang kita ketahui bahwa tubuh akan membutuhkan penyesuaian (adaptasi) dengan kondisi baru termasuk berolahraga apabila anda belum terbiasa melakukan olah fisik sebelumnya. Rasa lelah tersebut biasanya hanya dirasakan pada awal-awal melakukan olahraga, setelah itu ketika tubuh anda sudah terbiasa maka kelelahan setelah berolahraga akan hilang dengan sendirinya. Justru apabila dalam keseharian anda dituntut untuk bergerak aktif maka berolahraga dapat menjadi opsi untuk menjaga stamina serta meningkatkan energi.

  1. Dapatkan Cadangan Energi

Seperti yang telah kita ketahui bahwa tubuh akan mendapatkan tambahan enegi ketika melakukan olahraga secara rutin. Terlebih bagi wanita yang cenderung mempunyai juumlah tenaga yang tidak sekuat kaum pria. Dengan berolahraga, wanita mampu mendapatkan cadangan energi dalam sehari. Wanita yang mempunyai banyak kesibukan tentunya juga membutuhkan banyak energi bukan?

Untuk itu, wanita yang menyempatkan diri untuk melakukan olahraga pada pagi hari tentunya akan mempunyai persediaan energi yang dapat digunakan untuk beraktivitas selama seharian. Dengan melakukan olahraga secara teratur maka secara tidak langsung dapat membantu terkirimnya oksigen dan nutrisi menuju seluruh jaringan yang ada didalam tubuh. sehingga tubuh itu sendiri selain mempunyai banyak cadangan energi, tentunya juga dapat berdampak baik dari segi fisik seorang wanita.

  1. Mencegah Terjadinya Pengeroposan Tulang

Pengeroposan tulang atau lebih dikenal dengan penyakit osteoporosis ini merupakan sejenis gangguan kesehatan yang akan membuat penderitanya menjadi terbatasi dari segi fisik. Salah satu manfaat olahraga bagi wanita yakni dapat mencegah terjadinya osteoporosis yang disebabkan oleh pertambahan usia.

Terlebih wanita mempunyai tingkat resiko osteoporosis yang lebih tinggi dibandingkan pria. Selain itu, wanita juga lebih memungkinkan mengalami gejala osteoporosis lebih awal dibandingkan pria. Setelah wanita mengalami masa menopause pada umumnya akan mempunyai resiko pengeroposan bahkan kerusakan tulang lebih cepat. Untuk itu, berolahraga secara rutin sangat dianjurkan bagi wanita guna menjaga tulang tetap sehat. Selain berolahraga, tentunya apa yang anda konsumsi juga akan berdampak terhadap kesehatan tulang tubuh anda. Sebaiknya, anda meningkatkan jumlah konsumsi asupan makanan atau minuman yang bermanfaat bagi kesehatan tulang. Selain susu, produk makanan seperti manfaat yoghurt dan keju juga dapat dijadikan alternatif makanan yang berasal dari susu olahan.

  1. Menurunkan Berat Badan Supaya Ideal

Bagi wanita yang mempunyai masalah dengan berat badan berlebih atau obesitas, sebaiknya melakukan olahraga secara rutin. Wanita yang sering berolahraga tentunya akan membuat kalori terbakar hingga mengikis timbunan lemak yang berada didalam tubuh. Ketika wanita mempunyai berat badan yang kurang ideal, biasanya kepercayaan dirinya juga akan menurun. Untuk mengembalikan bentuk tubuh menjadi ideal, pada umumnya wanita akan melakukan diet.

Namun yang perlu kita ketahui bahwa diet saja tidak akan bisa membuat tubuh memiliki berat badan yang ideal. Wanita perlu berolahraga supaya otot juga mampu membakar sejumlah kalori yang terdapat didalam tubuh. Selain itu, wanita yang melakukan olahraga secara intens juga akan mempunyai sistem metabolisme yang baik. Hal ini tentunya akan membuat wanita mempunyai tubuh langsing ideal namun tetap sehat.

ads
  1. Mempermudah Proses Adaptasi Terhadap Perubahan Fisik Karena Hamil

Wanita tentunya akan mengalami perubahan fisik ketika mengandung nantinya. Untuk itu, berolahraga merupakan media yang tepat untuk membantu tubuh melewati proses perubahan fisik yang terjadi akibat adanya kehamilan. Perubahan fisik ini terjadi karena adanya pengaruh dari hormon relaksin yang dapat berimbas pada rasa nyeri pada bagian punggung. Namun bagi wanita hamil tentunya juga harus lebih jeli memilih jenis olahraga supaya tidak membahayakan janin.

Jenis olahraga yang tergolong ringan yakni senam ibu hamil atau yoga. Wanita hamil yang rajin melalukan olahraga akan mempunyai peredaran darah yang lancar sehingga kesehatan  ibu dan janin juga terjamin. Selain itu, dengan berolahraga yang sesuai aturan wanita hamil juga akan membuat supply dengan manfaat oksigen bagi janin menjadi lebih lancar.

  1. Rutin Berolahraga Bisa Mempercantik Wanita

Berolahraga tidak hanya bermanfaat bagi tubuh dari segi kesehatan semata, namun kecantikan wanita akan bertambah apabila olahraga dilakukan secara rutin. Ketika berolahraga, maka zat-zat yang bersifat toksin akan keluar melalui keringat. Pori-pori kulit akan mengecil apabila dampak dari radikal bebas juga dapat ternetralisir. Berikut ini beberapa manfaat berolahraga bagi wanita dari segi kecantikan :

  • Melancarkan sirkulasi darah
  • Kulit menjadi lebih kencang karena adanya rangsangan untuk memproduksi kolagen lebih banyak
  • Terkontrolnya hormon DHEA dan DHT yang membantu kulit terhindar dari tumbuhnya jerawat.
  • Membantu menghilangkan adanya selulit karena otot mempunyai peregangan yang baik.
  1. Meminimalisir Gejala PMS pada Wanita

Wanita ketika mengalami masa menstruasi pada umumnya akan mempunyai tingkat emosional yang tidak stabil. Perubahan emosi yang labil ini juga akan berdampak secara fisik bagi wanita. Jika hari-hari sebelum menstruasi anda telah melakukan olahraga secara rutin, pada umumnya gejala PMS seperti pegal-pegal, letih, lesu, dan rasa nyeri pada bagian bawah perut dapat terminimalisir. Selain itu, berolah raga juga sangat bermanfaat bagi wanita untuk mempunyai siklus menstruasi yang teratur.

  1. Meremajakan Sel Kulit (Awet Muda)

Berolahraga dengan teratur dapat membantu proses peremajaan kulit sehingga wanita yang rutin berolahraga akan nampak awet muda. Sel-sel kulit baru akan selalu muncul sehingga wajah dan tubuh menjadi lebih halus dan cerah. Setelah berolah, keringat akan keluar melalui pori-pori kulit. Hal ini akan membuat kulit mempunyai kelembaban yang baik serta terhindar dari kulit kering. Namun untuk menambah manfaat dari olahraga ini, sebaiknya perbanyak konsumsi air putih minimal 8 gelas dalam sehari. Apabila kebiasaan sehat ini terus dilakukan akan membuat kulit sehat dan cantik. Selain itu proses detoksifkasi akan membantu proses pengeluaran racun yang berada didalam tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 15th, February 2016 / 05:38 Oleh :
Kategori : Olahraga