Sponsors Link

3 Manfaat Obat Statin – Kolesterol, Jantung dan Stroke

Sponsors Link

Kolesterol merupakan musuh besar badi manusia, khususnya dalam hal kesehatan. Banyak dampak atau bahaya yang ditimbulkan dari kolesterol ini untuk kesehatan tubuh. Kolesterol ini bersifat negatif dan kehadirannya harus dibasmi atau diminimalisir dalam tubuh. Salah satu cara yang digunakan oleh seseorang untuk mengatasi kolesterol tinggi ini adalah dengan menggunakan obat anti kolesterol. Salah satu obat anti kolesterol yang banyak digunakan oleh konsumen bagi dunia kesehatan adalah obat anti kolesterol statin. Obat anti kolesterol statin ini banyak dikonsumsi oleh banyak orang di dunia sebagai obat yang digunakan untuk menghilangkan kolesterol.

Kandungan Obat Anti Kolesterol Statin

Obat anti kolesterol golongan statin ini diracik dengan menggunakan bahan sedemikian rupa untuk memberikan efek penurunan kolesterol serta memberi efek yang meringankan gejala terkena atau timbulnya penyakit yang berbahaya, seperti penyakit jantung, stroke, dan juga yang lainnya. Obat anti kolesterol golongan statin ini sering dijadikan resep oleh dokter untuk mengobati penyakit jantung dan pembuluh darah.

Obat jenis ini bekerja dengan menghambat pembentukan kolesterol di dalam hati sehingga akan menurunkan resiko terkena serangan jantung. Obat statin ini bekerjanya dengan mengaktifkan senyawa yang mampu melebarkan pembuluh darah dan juga memperbaiki fungsi pembuluh darah. Beberapa penelitian elah menunjukkan bahwa statin berefek pada penurunan tekanan darah terutama pada pasien yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Obat  jenis ini mengandung senyawa- senyawa yang mampu melebarkan ukuran pembuluh darah dan selain itu juga memperbaiki fungsi pembuluh darah agar terlihat lebih baik daripada sebelumnya.

Obat anti kolesterol statin ini dapat dikonsumsi ketika malam hari, baik sebelum makan maupun sesudah makan. Untuk mempermudah kerja obat ini, sebaiknya didukung dengan gaya hidup sehat sepeti mengonsumsi makanan yang berlemak, meningkatkan konsumsi serat, berheti dari kebiasaaan merokok, teratiur dalam melakukan olah rada.

Berikut ini beberapa manfaat obat statin yang ditimbulkan sebagai obat anti kolesterol dalam tubuh :

  1. Mengurangi resiko terkena stroke

Obat anti kolesterol statin ini merupakan obat yang mempunyai kegunaan atau manfaat mengurangi resiko terkena serangan stroke. Stroke merupakan salah satu penyakit yang seringkali menyerang orang yang sudah lanjut usai. Stroke ini merupakan penyakit yang berbahaya karena merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kematian pada penderitanya. Penderita stroke ini biasanya kan kehilangan kemampuan berjalan ataupun kemampuan berbicaranya. Apabila berbicara, seringkali mulut penderitanya menjadi perot dan sulit untuk melafalkan kata. Banyak orang di Indonesia terserang stroke pada masa tuanya.

Banyak cara dilakukan untuk mengobati penyakit atau gejala stroke ini dan juga untuk mencegar datangnya penyakit stroke. Cara yang dilakukan bisa berupa cara alami maupun menggunakan obat. Jika kita menggunkan  cara pencegahan dengan menggunakan obat, salah satu obat yang bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena stroke ini adalah obat anti kolesterol statin. Obat anti kolesterol statin ini bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena stroke.

  1. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung

Selain stroke, salah satu penyakit berbahaya dan bisa menjadi pembunuh di Indonesia, bahkan di dunia ini adalah penyakit jantung. Penyakit jantung ini justru dikatakan lebih berbahaya karena datangnya bisa tiba- tiba tanpa sepengetahuan penderita. Selain itu, penyakit jantung ini sekali kambuh bisa saja langsung mematikan penderitanya. Oleh karena itu penyakit ini menjadi salah satu penyait yang harus diwaspadai kedatangannya.

Penyakit jantung ini dapat dikurangi kedatangannya dengan kita melakukan olah raga secara teratur agar jantung kita menjadi sehat. Selain itu makan makanan yang rendah kolesterol akan mengurangi resiko terkena penyakit jantung ini. Untuk mencegah atau meminimalisasi terkena penyakit ini adalah dengan mengonsumsi obat- obatan. Salah satu obat yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung ini adalah dengan mengonsumsi obat anti kolesterol statin.

  1. Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Salah satu penyebab penyakit- penyakit berbahaya di dalam tubuh kita adalah akibat dari kolesterol yang tinggi. Kolesterol tinggi ini menjadi musuh bagi siapa saja yang menderitanya. Keberadaan kolesterol yang tinggi ini harus dibasmi atau minimal dikurangi. Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi kolesterol tinggi di dalam tubuh ini. Ada yang menggunakan cara alami, namun ada pula yang menggunakan obat- obatan. Salah satu obat yang digunakan untuk mengurangi kolesterol di dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi obat anti kolesterol statin.

sponsored links

Efek Samping Obat Statin

Banyak jenis obat- obatan yang memberikan kesembuhan, namun banyak juga obat yang memberikan efek samping atau resiko pemakaian. Terkadang resiko pemakaian justru malah lebih berbahaya daripada penyakit yang disembuhkan dengan obat tersebut. Salah satu obat yang berfungsi baik adalah obat anti kolesterol statis. Meskipun obat ini terlihat baik, namun ternyata obat ini juga mempunyai berbagai efek samping. Bahkan efek samping yang ditimbulkan dari pengonsumsian obat ini akan terasa sangat berat dan merupakan jenis penyakit yang serius. Beberapa efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian obat anti kolesterol golongan statin ini antara lain sebagai berikut:

2. Terjadinya gangguan pada otot atau yang disebut dengan myophati

Salah satu resiko yang kemungkinan akan dialami oleh pengonsumsi obat anti kolesterol jenis ini adalah terjadinya rasa yang tidak enak atau rasa sakit terdap otot- otot yang ada di dalam tubuh. Jika Anda termasuk kedalam orang yang mengalami gangguan otot setelah mengonsumsi obat anti kolesterol golongan ini, maka segeralah Anda menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan. Meskipun jarang ada orang yang terkena gangguan pada otot setelah melakukan transaksi, namun obat ini dapat atau berpotensi menyebabkan adanya kondisi inflasi otot di dalam tubuh yang panas.

2. Menyebabkan Gangguan kesehatan

Selain gangguan otot, dampak lain dari pengonsumsian obat anti kolesterol golongan statin ini dapat menyebabkan beberapa gangguan antara lain:

  • Sakit kepala
  • Gangguan pencernaan
  • Konstipasi atau diare
  • Gangguan tidur
  • Penipisan rambut, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat obat statin untuk kolesterol dan efeksampingnya bagi tubuh. Sebenarnya menjaga tubuh agar sehat itu lebih baik dengan menggunakan cara alami atau dengan melakukan aktivitas olahraga. Hal ini selain bekerja secara cepat dan alami, juga tidak menimbulkan efek samping. Daripada kita harus mengkonsumsi obat kimia yang terkadang dapat membahayakan diri sendiri.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, February 2016 / 09:38 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan