Sponsors Link

8 Manfaat Obat Neuralgin Bagi Tubuh

Sponsors Link

Neuralgin merupakan salah satu dari sekian banyak produk obat-obat yang bisa kita temui di toko-toko sekitar maupun apotek. Bentuk dari neuralgin adalah tablet. Di kalangan masyarakat obat ini terkenal sebagai obat pegal linu, nyeri sendi, pusing, demam dan lain sebagainya. Bahkan mirisnya saking mudahnya diperoleh dengan harga yang miring, banyak orang yang menyalah gunakan obat ini sebagai camapuran pada jamu, karena khasiat ibat ini cocok dengan produk jamu gendong.

ads

Neuralgin memiliki beberapa manfaat dan ampuh menghilangkan beberapa penyakit, karena di dalam obat ini terdapat beberapa kandungan bahan aktif yang banyak, antara lain :

  • Methampiron
  • Vitamin B kompleks : vitamin B1 (tiamin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B12 (sianokobalamin).
  • Kafein (trimethylxanthine)

Selain itu anda juga harus tahu komposisi yang ada dalam tiap tabletnya terdiri dari pracetamol sebanyak 350 mg, ibuprofen sebanyak 200 mg dan kafein sebanyak 50 mg. Kandungan serta komposisi inilah yang menyebabkan neuralgin memiliki berbagai manfaat untuk penyembuhan penyakit, diantaranya :

  1. Mengurangi nyeri sendi dan pegal-pegal

Neuralgin merupakan salah satu obat yang cocok bagi anda yang memiliki aktivitas berat tiap harinya, tentu setelah melakukan pekerjaan tersebut anda akan mengalami nyeri sendi ataupun pegal-pegal. Untuk mengatasinya , anda bisa mengkonsumsi neuralgin 2-3 kali sehari setelah makan. Karena manfaat obat neuralgin memiliki kandungan metamphiron yang mampu menghasilkan sifat analgetik yang baik untuk meredakan nyeri atupun pegal-pegal pada tubuh anda. (Artikel terkait : manfaat minum teh tanpa gula)

  1. Menurunkan demam

Jika anda atau keluaga anda sedang mengalami demam, anda tidak usah  bingung dan khawatir, anda bisa mengobatinya dengan mengkonsumsi neuralgin. Mengapa harus neuralgin ?. Karena kandungan metamphiron pada neuralgin menghasilkan sifat antipiretik yang mampu menurunkan demam, selain itu kandungan paracetamol di dalamnya sangat efektif untuk menyembuhkan penyakit demam. (Baca juga : manfaat pohon kina dan manfaat biang kunyit)

  1. Menjaga kesehatan syaraf

Ternyata neuralgin tidak hanya cocok bagi nyeri atau pegal-pegal saja, namun juga efektif untuk menjaga kesehatan sel syaraf kita. kandungan vitamin B kompleks di dalamnya membuat neuralgin  memiliki kemampuan untuk menjaga sel syaraf tetap dalam kondisi yang baik dan sehat.

  1. Mengatasi sakit kepala (migrain)

Bagi anda yang sering mengalami pusing atupun migrain. Disarankan mengkonsumsi neuralgin 2-3 kali setiap hari setalah makan. Karena kandungan zat aktif yang ada di dalam neuralgin sangat baik dan ampuh meredakan sakit kepla dan migrain yang anda miliki.

  1. Menghindari ngantuk

Bagi pekerja atau pelajar salah satu kondisi yang harus dihindari adalah ngantuk. Karena ketika ngantuk itu datang kita akan malas untuk mengerjakan tugas kantor ataupun tugas kuliah. Biasanya mereka meminum kopi sebagai penawarnya karena kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein, yang cocok untuk mengurangi rasa ngantuk. Namun perlu anda ketahui, bukan hanya manfaat kopi yang bisa anda jadikan pelawan rasa ngantuk,  ada obat yang memiliki kandungan kafein yang cukup yaitu neuralgin. Ketika anda merasakan ngantuk, maka konsumsilah neuralgin ini, niscaya ngantuk anda akan pergi dan anda bersemangat kembali.

  1. Anti peradangan

Neuralgin memiliki sifat anti-inflamasi sehingga baik untuk menghindarai dan mengatassi peradangan dalam tubuh anda, seperti radang tenggorokan, radang paru-paru dan radang yang lain. Karena kandungan zat aktif yang ada di dalamnya bekerja efektif melawan dan mengobati peradangan.

Artikel terkait peradangan :

  1. Membentuk sel darah merah

Sel darah merah merupakkan salah satu komponen yang penting dalam tubuh kita. kehadirannya mampu memberikan asupan-asupan baik bgai tubuh kita, seperti pengangkutan oksigen dan lainnya. Jika sampi terjadi kekurangan sel darah merah dalam tubuh, hal ini sngatlah berbahaya, karena akan menyebabkan beberapa penyakit. Untuk mengatsi hal ini, yaitu dengan menjaga konsistensi sel darah merah dalam tubuh dengan mengkonsumsi neuralgin. Karena vitamin B kompleks yanga da di dalam neuralgin sngat baik untuk pembentukan sel darah merah dalam tubuh kita.

  1. Sumber energi tambahan

Kita pasti semua sudah tau bahwa sumber energi utama dalam tubuh diperoleh dari karbohidrat. Namun ada juga beberapa nutrisi yang berperan sebagai sumber energi tambahan dalam tubuh kita, antara lain protein, vitamin B, dan lain sebaginya. Karena di dalam manfaat obat neuralgin terdapat kandungan vitamin B kompleks yang cukup banyak, maka anda bisa jadikan obat ini sebagai tambahan energi dalam menjalankan aktivitas anda sehari-hari.

Sumber energi :

ads

Efek Samping Obat

Namun di balik ini semua ada sebuah fakta bahwa obat-obatan kimia sangatlah efektif dan cepat dalam mengobati penyakit daripada herbal, namun kita harus tahu obat-obatan kimia hanya sebagai pereda bukan penghilang, dan ditakutkan jika kita berlebihan mengkonsumsi obat-obatan kimia, bukan menyebabkan penyakit baru. Selain itu efek samping dari obat-obatan dari bahan kimia juga harus anda perhatikan, sehingga anda tidak berlebihan dalam menggunakannya.  Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum mengkonsumsi neuralgin, antara lain :

  • Jangan konsumsi obat ini jika anda termasuk orang-orang yang memiliki, alergi terhadap vitamin B, alaergi terhadap metamphiron, gangguan ginjal berat dan gangguan hati berat.
  • Dalam beberapa keadaan seperti memiliki luka pada lambung, ibu hamil dan menyusui, dan memiliki asma, penggunaan neuralgin harus di bawah pengawasan dari dokter
  • Dosis neuralgin pada dewasa ½ -1 tablet, 2-4 kali dalam sehari. Sedangkan pada anak sebanyak ½-1 tablet, 2-3 kali dalam sehari.
  • Konsumsi bersamaan dengan makan atau setelah makan, hindari konsumsi neuralgin saat perut kosong.
  • Simpan di tempat yang kering dan sejuk (30 C)
  • Segra hentikan pemakian neuralgin, jika timbul gejala sariawan, demam, pendarahan pada pencernaan .

Hal ini harus benar-benar diperhatikan karena jika anda berlebihan atau semaunya sendiri ditakutkan akan menimbulkan hal yang tidak anda inginkan atau akan terkena efek samping. Efek samping yang ditimbulkan dari neuralgin, antara lain :

  • Alergi
  • Gatal dan merah-merah pada kulit
  • Bengkak
  • Sakit kepala
  • Mual atau muntah
  • Nyeri pada ulu hati
  • Berdebar-debar
  • Muncul keringat berlebih
  • Peningkatan tekanan darah
  • Urin berubah warna menjadi oranye.

Itulah beberapa informasi mengenai neuralgin, anda kan mendapatkan manfaatnya jika anda tidak berlebihan dan memperhatikan aturan pkai dari neuralgin.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 23rd, June 2016 / 04:47 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan