Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Oatmeal Untuk Diet Sehat

Sponsors Link

Program diet identik dengan wanita, ya hampir semua wanita yang merasa kelebihan berat badan pasti akan mencoba mengikuti program diet. Berat badan yang ideal membuat seorang wanita lebih percaya diri saat tampil di berbagai kesempatan. Untuk mendapatkan berat badan ideal mengharuskan seorang wanita untuk melakukan beberapa cara diantaranya seperti olahraga yang memiliki segudang manfaat olahraga, mengurangi konsumsi karbohidrat, memperbanyak asupan protein, mengurangi garam pada masakan, menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi.

Tapi tidak sedikit wanita yang memilih menjalankan diet dengan cara ekstrim berupa mengkonsumsi obat pelansing dan memutuskan untuk tidak makan selama beberapa hari, yang mana hal tersebut justru tidak sehat bagi tubuh dan berdampak negatif jika dilakukan terus menerus dalam jangka panjang. Agar terhindar dari cara yang kurang tepat alangkah baiknya kembali ke diet sehat, salah satunya oatmeal. Oatmeal terbukti dapat membantu mensukseskan program diet.

Oatmeal adalah oat groat yang telah dihaluskan bertesktur kasar dan bearoma seperti gandum. Makanan ringan satu ini mengandung banyak serat, kalsium, manfaat zat besi dan vitamin B kompleks. Dalam 100 gram oatmeal mengandung 7 gram serat. Berikut ini kandungan yang terdapat didalam oatmeal :

  • Serat berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan dengan membantu membuang racun yang ada didalam tubuh.
  • Kalsium (ca) berfungsi untuk pembentukkan tulang dan gigi, pembentukkan darah dan menjaga aktivitas saraf serta otot.
  • Zat besi (fe) berfungsi untuk transmisi saraf dan kontraksi otot serta mengatur dan menjaga PH.
    Vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh walaupun dalam jumlah kecil.

Oatmeal dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori tubuh karena kandungan didalam nya telah dikontrol dengan baik, sehingga kalori yang masuk kedalam tubuh tidak berlebih. Kalori yang berlebih jika tidak terbakar saat beraktivitas akan tertimbun di dalam tubuh menjadi lemak. Lama kelamaan lemak yang tidak dibakar tersebut menyebabkan berat badan naik.

Baca juga : Manfaat Oatmeal – Manfaat oatmeal untuk penderita asam urat

1. Mendukung Program Diet

Sebelum melakukan program diet alangkah baiknya mengetahui rumusan dalam memperoleh berat badan ideal. Adapun rumus untuk berat badan ideal adalah sebagai berikut :

Berat badan ideal = TB – 100 – 10% (TB – 100)

Contoh : TB 155 cm maka berat badan ideal adalah :

= 155 – 100 – 10% (55)

= 55 – 5,5

= 49,5 Kg

Keterangan : TB = Tinggi Badan

Jika melebihi angka rumusan diatas maka melakukan program diet bisa dijalankan. Menjalankan diet alangkah baiknya untuk mencoba menjadikan oatmeal sebagai makanan pengganti sarapan pagi, makan siang dan makan malam, karena oatmeal mengandung kalori yang rendah. Konsumsi oatmeal dapat mendukung program diet sukses dan berat badan idealpun akan didapatkan.

Oatmeal merupakan bahan alami, sehingga cara kerjanya untuk mendapatkan berat badan ideal memerlukan waktu yang cukup lama tapi berdampak konsisten bagi berat badan. Diet oatmeal tidak cepat menurunkan berat badan tapi beberapa minggu kemudian menaikkan kembali berat badan bahkan bisa lebih berat dari sebelum diet.

2. Mencegah kanker

Alangkah baik slogan berikut ini “ mencegah lebih baik dari pada mengobati ”. Mencegah penyakit mematikan seperti kanker dapat dilakukan salah satunya dengan mengonsumsi oatmeal dan rasakan segudang manfaat oatmeal bagi tubuh.

Kanker adalah sel sel yang menyebar tidak terkendali didalam tubuh dan dapat meluas ke jaringan disekitarnya. Salah satu penyebab kanker adalah dari makanan yang masuk ke tubuh. Untuk itu perlunya menjaga makanan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi untuk kesehatan tubuh sampai tua.

3. Mencegah osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit tulang yang menyerang kualitas jaringan tulang dengan menjadikan tulang rapuh. Osteoporosis dapat dicegah dengan oatmeal karena oatmeal mengandung kalsium, yang salah satunya manfaat kalsium berfungsi dalam pembentukkan tulang. Maka konsumsi oatmeal menjadikan tulang sehat dengan menjaga aktifitas saraf dan otot.

4. Melancarkan Pencernaan

sponsored links
Oatmeal masih sejenis gandum yang mengandung banyak serat seperti buah buahan. Manfaat serat salah satunya berfungsi untuk melancarkan pencernaan sehingga racun yang ada di dalam tubuh dapat dikeluar dengan lancar. Kelancaran sistem pencernaan sangat berguna untuk kesehatan tubuh sehari – hari. Tubuh yang sehat dapat menunjang aktivitas pekerjaan selesai tepat waktu.

Diet Dengan Menu Oatmeal

Diet adalah jumlah makanan yang dikonsumsi oleh individu. Jumlah kalori makanan tergantung kebutuhan setiap orang. Faktor yang mendasar adalah aktivitas harian setiap orang dan juga jenis kelamin. Untuk menjadikan oatmeal sebagai menu diet,tidak perlu khawatir karena mengonsumsi oatmeal tidak akan mengurangi nutrisi yang masuk kedalam tubuh. Oatmeal dapat memenuhi kebutuhan harian. Untuk itu sebelum memulai aktifitas pada pagi hari siapkan semangkuk oatmeal untuk menyambut hari yang cerah dengan sinar matahari yang masih teduh dan menyehatkan tubuh.

1. Sarapan

Waktu yang tepat untuk mengisi lambung yang kosong sejak malam hari saat semua makanan yang dimakan dibakar oleh tubuh dengan istirahat pada waktu malam hari. Sarapan pagi merupakan perihal kewajiban yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa orang percaya dengan sarapan pagi akan membuat wajah tetap awet muda. Sarapan pada pagi hari dapat menjadi agenda rutin dengan konsumsi oatmeal sesuai kebutuhan aktifitas menjelang jam makan siang datang.

2. Makan Siang

Pada jam makan siang mengkonsumsi nasi juga boleh tapi dianjurkan tidak berlebihan sehingga kalori yang masuk tetap terkontrol dengan baik. Jika belum terasa kenyang maka bisa ditambah dengan oatmeal. Mengingat aktifitas yang banyak di siang hari membutuhkan banyak asupan kalori untuk menyelesaikan pekerjaan.

Pada jam makan siang bila energi makan nasi dan oatmeal terasa belum mencukupi, maka hal ini dapat diatasi dengan mengkonsums buah- buahan. Salah satu buah yang bisa membantu terasa kenyang lebih lama adalah buah pisang, karena pisang mengandung sebanyak 136 kalori dalam tiap 100 gram.

3. Makan Malam

Banyak yang menahan makan pada malam hari karena takut berat badan naik. Tapi masalah ini tidak perlu dicemaskan jika oatmeal menjadikan pilihan dalam diet. untuk menambah rasa oatmeal dapat dicampur dengan susu atau potongan kismis sesuai selera penikmat.

Nah manfaat oatmeal untuk diet sudah tidak diragukan lagi, jadi pastikan ini konsumsi sehat harian anda.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 30th, May 2016 / 02:47 Oleh :
Kategori : Makanan