Sponsors Link

8 Manfaat Nanas Merah Untuk Kesehatan

Sponsors Link

3. Nanas Merah (Ananas Bracteatus) merupakan sejenis tanaman hias dari Argentina, Brazil dan Paraguay dengan buah berbentuk nanas dan berwarna merah. Tanaman ini memiliki bunga berduri yang berwarna violet pucat dengan bias merah dan merah muda. Nanas merah memiliki daun yang panjang, linier dan melengkung dengan batang semu berbentuk roset setinggi 30-50 cm. Pangkal batang nanas berbentuk melebar dan menjadi pelapah dengan warna hijau tua maupun semburat merah. Buah nanas merah memiliki daging berwarna putih kekuningan dan mengandung banyak cairan dengan rasa yang manis, asam dan harum serta tidak berbiji.

artikel terkait:

Sekilas nanas merah

Nanas merah rata-rata berukuran lebih kecil dibandingkan dengan nanas biasa. Duri nanas merah juga terlihat kecil dan lembut di dasar daun yang melengkung ke bawah menuju dasar tanaman, meskipun pada nanas biasa durinya terbilang berukuran besar. Nanas jenis ini biasanya dapat dipanen dalam waktu 4-5 bulan. Usia panen ditandai dengan pangkal buah nanas merah yang telah dikelilingi oleh beberapa tunas tanaman dengan ukuran yang lebih kecil. Tunas di ujung buah nanas merah kadang kala memiliki cabang lebih dari satu.

Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa buah nanas merupakan primadona yang sering dicari penggemarnya mengingat ketersediaannya yang terbilang jarang di pasaran. Memang agak sulit untuk mendapatkan jenis buah yang satu ini dikarenakan belum ada rekayasa genetika yang dapat meningkatkan produktivitas buah yang satu ini. Nanas merah saat ini hanya dapat tumbuh secara alami, sehingga membuat harga jual nanas merah terbilang cukup mahal untuk. Wow!

Barangkali belum banyak orang tahu mengenai buah nanas merah karena jarang muncul di pasaran. Namun siapa sangka, buah yang cukup unik dan memiliki harga jual yang tinggi ini memiliki beberapa manfaat yang tak kalah dibandingkan dengan nanas pada umumnya. Penasaran? Yuk kita simak dalam artikel berikut.

artikel terkait: manfaat daun seledri untuk ginjalmanfaat daun seledri untuk dietmanfaat kangkung untuk diet

Manfaat Nanas Merah

Meskipun biasanya hanya digunakan sebagai tanaman hias, ternyata nanas merah memiliki manfaat yang menarik. Berikut merupakan manfaat yang diperoleh dari nanas merah, yaitu sebagai berikut:

1. Pembawa Keberuntungan

Nanas merah dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan bagi pemiliknya pada etnis Tionghoa. Namun nanas merah tersebut tidak boleh cacat sedikitpun ketika dibeli, baik berupa terpotong tunasnya maupun tunas dalam keadaan rusak. Hal ini dikarenakan cacatnya kondisi nanas merah ketika dibeli dapat mengganggu rejeki.

sponsored links

2. Mecegah batuk flu dan demam

Nanas merah dipercaya memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang dapat berguna sebagai antioksidan untuk memerangi virus, termasuk virus penyebab flu dan batuk. Selain itu, kandungan bromelain pada buah nanas merah juga dipercaya dapat membantu melancarkan dahak agar batuk cepat reda.

3. Menurunkan tekanan darah

Para ahli kesehatan percaya bahwa konsumsi nanas merah secara rutin bagi penderita tekanan darah tinggi dapat membantu mereka untuk menurunkan tekanan darahnya. Hal ini dikarenakan buah nanas merah dipercaya memiliki efek yang dapat menurunkan tekanan darah serta membuat sirkulasi darah menjadi lebih normal.

4. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, konsumsi nanas merah secara teratur barangkali dapat membantu melancarkan usaha Anda karena kandungan serat alami yang tinggi. Selain dipercaya dapat membantu menurun berat badan, kandungan serat alami yang tinggi pada buah nanas merah juga dapat membantu menyembuhkan masalah sembelit serta menyehatkan saluran pencernaan.

5. Menguatkan tulang

Nanas merah mengandung mangan yang tinggi yang dapat membantu menguatkan tulang serta mampu mencegah terjadinya osteoporosis. Dengan mengkonsumsi satu porsi buah nanas merah, Anda dapat memperoleh kebutuhan manga harian sebanyak 73 persen. Hal ini baik bagi tubuh Anda karena mangan merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk struktur tulang agar lebih padat.

6. Menyehatkan gusi

Kandungan vitamin C buah nanas merah yang ramah pada gusi dapat membantu Anda untuk merawat kesehatan gig dan gusi. Selain itu, kandungan vitamin C pada nanas merah ini dapat membantu Anda dalam mencegah dan mengobati sariawan yang tak kunjung sembuh.

7. Melancarkan haid yang tidak lancar

Konsumsi nanas merah dipercaya dapat membantu melancarkan haid bagi wanita dengan jadwal haid yang terlambat. Namun hal ini perlu hati-hati bagi ibu hamil dikarenakan konsumsi nanas merah bagi ibu hamil dapat beresiko menggugurkan kandungan meskipun belum dapat dijelaskan secara medis.

8. Seratnya dibuat pakaian

Konon di daerah Filipina dan Thailand, serat daun nanas merah dapat dijadikan pakaian yang bagus. Wah, kreatif juga ya!

artikel terkait:

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat nanas merah. Apabila Anda ingin menggunakan nanas merah untuk kesehatan namun ragu akan ketika akan memenfaatkannya, Anda dapat mengkonsultasikan hal ini kepada dokter terlebih dahulu. Terimakasih telah mebaca dan semoga bermanfaat!

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 07:17 Oleh :
Kategori : Buah Buahan