30 Manfaat Minyak Biji Rami Pada Kesehatan

Banyak tumbuhan yang menghasilkan bebijian, dimana biji tersebut dapat digunakan untuk menanam kembali tanaman induknya. Selain itu, banyak juga jenis bebijian yang dikonsumsi dan dimanfaatkan untuk berbagai hal. Seperti tanaman flax yang masih dalam keluarga tanaman Linaceae yang juga menghasilkan biji yang dikenal dengan flax seed atau juga di Indonesia lebih populer dengan nama biji rami. Tanaman dengan nama latin Linum usitatissimum ini masih jarang dikenal masyarakat, namun biji rami adalah sejenis bebijian yang memiliki berbagai manfaat karena kandungan di dalamnya.

artikel terkait:

Kandungan Biji Rami

Jenis biji yang banyak dijumpai di Amerika dan juga Kanada ini diketahui memiliki kandungan omega 3 dan juga asam lemak linoleat alfa yang sangat baik untuk kesehatan. Selain kedua kandungan tersebut, biji rami juga mengandung lignan, vitamin B1, serat larut, protein, tembaga,mangan, magnesium, seng, selenium dan juga fosfor. Meskipun memiliki rasa yang sedikit pedas, namun biji rami ini sudah dikenal sebagai superfood yang pertama di dunia karena termasuk dalam komoditas biji yang dikonsumsi oleh manusia sejak lama sebelum dketahui jenis biji lainnya.

Manfaat Mengkonsumsi Biji Rami

Biji rami lebih dikenal di Amerika dan juga Kanada, karena iklim di kedua negara tersebut sangat sesuai untuk menanam tanaman biji rami ini. Meskipun biji rami hanya dapat tumbuh subur di wilayah Amerika dan juga Kananda, sekarang ini sudah banyak swalayan yang menjual biji rami dalam bentuk kemasan, meskipun memiliki harga yang relatif mahal. Namun, dengan harga yang mahal, biji rami memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Biji rami memiliki kandungan seperti fosfor yang dapat menjaga kerapatan tulang. Dengan mengkonsumsi biji rami, kesehatan tulang akan terjaga dan tulang dapat terhindar dari osteoporosis.

artikel terkait: manfaat biji buah delima

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Jika tubuh memiliki tekanan darah yang tinggi dan tekanan darah yang rendah, tubuh akan mengalami gangguan seperti pusing dan dan juga gangguan pada aliran darah. Untuk membantu tekanan darah dalam posisi stabil, kandungan omega 3 dalam biji rami sangatlah baik untuk dikonsumsi karena dapat membantu tekanan darah dalam posisi stabil.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Menurut penelitian yang pernah dilakukan, kandungan omega 3 dalam biji rami tidak hanya dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Tetapi, kandungan omega 3 juga mampu menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah.

artikel terkait: manfaat biji cendana

  1. Melancarkan Sistem Penceranaan

Kandungan serat dalam biji rami sangat baik untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Buang air besar menjadi lancar sehingga akan terhindar dari terjadinya sembelit.

  1. Menghilangkan Plak Pada Arteri

Serat dalam biji rami tidak hanya dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, tetappi juga dapat membantu melancarkan sistem peredaran darah. Hal ini terjadi karena serat dalam biji rami dapat membantu menghiangkan plak pada arteri.

artikel terkait: manfaat biji cengkeh

  1. Mencegah Pertumbuhan Kanker Prostat

Selain memiliki kandungan omega 3, biji rami juga memiliki kandungan lignan. Omega 3 dan juga lignan yang terkandung di dalam biji rami mampu mencegah pertumbuhan kanker prostat.

  1. Melindungi Wanita Dari Kanker Payudara

Lignan dalam biji rami dapat dikonversi menjadi enterolactone dan juga enterodiol di dalm usus. Fungsi kedua konversi dari lignan ini mampu mencegah terjadinya pertumbuhan kanker payudara, sehingga wanita akan lebih terlindung dari kanker payudara.

artikel terkait: manfaat biji carica

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Jika mata terasa perih dan juga lelah untuk melihat, gejala ini dapat mengakibatkan terjadinya mata kering. Untuk mencegah terjadinya mata kering, penderita disarankan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan omega 3 di dalmnya seperti mengkonsumsi biji rami.

  1. Mengurangi Risiko Terkena Serangan Jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan karena beberapa hal, yakni karena kelainan jantung pada penderita dan juga bisa saja karena ada timbunan kolesterol yang menyebabkan aliran darah ke jantung menjadi terhambat. Kandungan biji rami berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga aliran darah ke jantung menjdi lancar, dan jantung terhindar dari risiko serangan jantung.

artikel terkait: manfaat biji binahong merah

  1. Mengatasi Masalah Penderita Penyakit Celiac

Penyakit celiac adalah sejenis alergi yang disebabkan karena kandungan gluten yang terdapat dalam gandum. Berbeda dengan gandum, biji rami tidak memiliki kandungan gluten, sehingga aman untuk penderita penyakit celiac dan dapat dijadikan sebagai pengganti gandum.

  1. Memperbaiki Mood

Biji rami memiliki kandungan lignan di dalamnya. Kandungan lignan dalam biji rami ini sesuai penelitian yang telah dilakukan pada 2013, mampu mengatasi gangguan suasana hati dan mengembalikan mood agar menjadi baik kembali.

artikel terkait: manfaat biji mangga

  1. Mencegah Terjadinya Kekeringan Vagina

Biji rami juga efektif untuk mengatasi masalah pada wanita yang mengalami menopause. Kandungan lignan dalam biji rami dapat membantu mencegah terjadinya kekeringan vagina karena memiliki sifat estrogenik di dalamnya.

  1. Melancarkan Siklus Menstruasi

Selain dapat mencegah terjadinya kekeringan pada vagina, mengkonsumsi 1 sendok biji rami dalam 2 kali atau 3 kali dalam sehari mampu membantu melancarkan siklus menstruasi. Sehingga jadwal datang bulan menjadi lancar.

artikel terkait: manfaat biji aprikot

  1. Meningkatkan Kesuburan

Mengkonsumsi biji rami dapat membanty melancarkan siklus menstruasi. Lancarnya menstruasi dapat dijadikan sebagai salah satu tolok ukur untuk mengetahui kesuburan kandungan.

  1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Penderita diabetes harus sangat berhatihati dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi. Karena, apabila makanan yang dikonsumsi memiliki kandungan gula darah yang berlebih, gula darah dapat meningkat. Jika gula darah sudah terlanjur tinggi, mengkonsumsi biji rami dapat dilakukan untuk membantu menurunkan kadar gula darah.

artikel terkait: manfaat biji asam kawak

  1. Menurunkan Berat Badan

Kandungan dalam biji rami seperu asam lemak, omega 3 dan juga lignan berfungsi untuk menekan nafsu makan. Sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Mengkonsumsi biji rami dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan omega 3 dalam biji rami dapat membantu menecagah bakteri dan virus sehinga tidak masuk ke dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat biji asam jawa

  1. Menghilangkan Racun Dari Dalam Tubuh

Kandungan dalam  biji rami dapat berfungsi untuk proses detoksifikasi dalam tubuh. Beberapa organ seperti hati dan juga usus yang sangat rawan terkena racun dapat terhindar dar racun yang masuk dengan kandungan dalam biji rami.

  1. Membantu Kerja Hati

Hati sebagai salah satu organ yang sangat penting karena hati adalah organ yang bekerja memproses limbah dan juga racun agar tidak berbahaya dalam tubuh. Kandungan omega 3 dalam biji rami membantu hati dalam proses pengolahan limbah dan racun dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat biji ketapang

  1. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Biji rami memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala, sehingga kulit kepala bebas dan terhindar dari ketombe.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Omega 3 dalam biji rami dapat menyehatkan folikel rambut. Sehingga rambut menjadi kuat dan sehat, serta terhindar dari terjadinya kerontokan.

artikel terkait: manfaat pucuk daun jamu biji

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin B dan juga lemak yang terkandung dalam biji rami mampu menjaga kesehatan kulit agar terhindar dari kulit kering dan mengelupas akibat kekurangan nutrisi.

  1. Melindungi Tubuh Dari Radiasi

Tidak hanya berfungsi sebagai antioksidan, biji rami juga mengandung zat anti peradangan yang dapat menghindarkan tubuh dari radiasi akibat paparan sinar matahari atau zat lain yang menimbulkan radiasi.

artikel terkait: manfaat kopi biji kurma

  1. Mengatasi Migrain

Biji rami mengandung zat anti radang atau peradangan, sehingga dapat mengatasi masalah peradangan termasuk peradangan yang terjadi pada kepala yang menyebabkan migrain.

  1. Mengatasi Asma

Mengkonsumsi biji rami dapat membantu mengatasi asma, karena kandungan zat anti peradangan pada biji rami dapat bekerja menyembuhkan peradangan pada paru.

artikel terkait: manfaat kopi biji salak

  1. Menjaga Kesehatan Sendi

Tidak hanya menjaga kesehatan tulang, mengkonsumsi biji rami juga dapat membantu menjaga kesehatan pada sendi.

  1. Menghilangkan Jerawat

Mengkonsumsi biji rami tidak hanya dapat menyehatkan kulit, tetapi mengatasi masalah kulit, terlebih kulit wajah seperti jerawat.

artikel terkait: manfaat jambu biji muda untuk tubuh

  1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Proses metabolisme tubuh sangatlah penting bagi tubuh. Apabila proses metabolisme terganggu, maka kesehatan juga akan terganggu. Mengkonsumsi biji rami dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Omega 3 memang sangat penting untuk menjaga berbagai organ tubuh. Tidak hanya itu, kandungan omega 3 dalam biji rami juga dapat membantu menjaga kesehatan otak.

artikel terkait: manfaat jambu biji muda

  1. Mengatasi Iritasi

Selain mengatasi peradangan, biji rami juga dapat mengatasi masalah iritasi yang terjadi pada kulit dan beberapa bagian tubuh lainnya.

Biji rami memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti tidak mengkonsumsinya terlalu banyak, bagi ibu hamil untuk tidak mengkonsumsi biji rami ini, karena dapat berbahaya bagi kandungan. Konsumsi biji rami, sesuai dengan takaran oleh pihak medis.

, ,
Post Date: Friday 21st, April 2017 / 04:09 Oleh :
Kategori : Kesehatan