Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Minum Teh tanpa Gula Setiap Hari

Sponsors Link

Teh tanpa gula sering diistilahkan dengan teh tawar karena rasanya yang tidak manis alias tawar. Jika membeli minuman jenis ini di warung, restoran dan yang semacamnya, harganya lebih murah dibanding teh manis. Ini utamanya berlaku jika Anda membeli minuman ini di wilayah Jakarta atau Jawa Barat. Pelayan warung atau restoran akan terlebih dahulu menanyakan apakah memesan teh manis atau teh tawar. Beda halnya dengan di tempat-tempat lain, memesan teh hampir selalu diartikan memesan teh manis dengan campuran gula di dalamnya.

Belakangan, penggunaan gula pasir dalam teh dan kopi juga mulai dikurangi seiring meningkatnya angka penderita penyakit diabetes, termasuk teh dan kopi yang tersedia dalam bentuk kemasan dan siap saji. Para penderita ini biasanya mengganti gula pasir dengan gula rendah kalori yang tersedia dalam kemasan dan sayangnya dijual dengan harga yang lebih mahal. Karena itulah, tidak banyak masyarakat yang dapat mengakses gula rendah kolesterol ini. Alternatif meminum teh tanpa gula pun muncul, mengingat hingga saat ini, teh masih menjadi minuman favorit masyarakat Indonesia. Selain ekonomis, teh tawar atau teh tanpa gula ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan beberapa di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Jika Anda memerhatikan iklan pasta gigi atau kemasannya, Anda pasti akan selalu bertemu dengan zat bernama flouride yang berfungsi menyehatkan gigi. Zat yang demikian juga terdapat dalam teh sehingga mengkonsumsi teh dapat bermanfaat untuk memelihara kesehatan gigi Anda. Belum lagi, teh juga memiliki kandungan flavanoid yang berfungsi meningkatkan asam email gigi dan anti bakteri. Ini pulalah yang membuat konsumsi teh sangat efektif untuk mengurangi bau mulut.

2. Mengurangi Stress

Konsumsi teh secara teratur juga terbukti dapat mengurangi hormon kortisol yang dapat menyebabkan stres. Namun demikian, ini dapat terjadi jika konsumsi rutin terjadi sedikitnya 6 pekan dengan minimal 3 cangkir teh setiap harinya. Dengan jumlah yang demikian, 20% kortisol dapat terkurangi sehingga peminum teh akan terhindari dari stress dan lebih optimis memandang hidup serta menghadapi berbagai persoalan.

3. Menurunkan Berat Badan

Banyak yang telah membuktikan bahwa mengkonsumsi 3-4 cangkir teh tawar sehari dapat sangat membantu menurunkan berat badan secara signifikan. Ini berhubungan dengan kandungan teh yang bebas kalori, kecuali jika dicampur dengan zat-zat lain semisal gula dan krim atau susu. Dibanding mencoba alternatif lain yang tidak alami, mahal dan bukan tak mungkin berbahaya, cara ini tentu cukup solutif dan efektif.

Meski begitu, jika memang memiliki program untuk menurunkan berat badan, ada baiknya untuk konsumsi teh hijau dibanding macam teh yang lain. Sebab manfaat teh hijau terbukti dan dipercaya luas dapat menunda lapar. Pastikan juga tidak mencampur bahan apapun ke dalam teh semisal gula atau krim karena campuran yang demikian akan mengurangi bahkan meniadakan manfaat teh.

sponsored links

4. Membantu Mencegah dan Mengobati Tumor (dan Kanker)

Kandungan polifenol dan antioksidan dalam teh amat bermanfaat dalam mencegah pun mengobati penyakit kanker dan tumor. Karena itu, konsumsi teh tawar secara rutin dapat amat bermanfaat utamanya untuk keperluan pencegahan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Teh juga sangat efektif dalam menjaga kesehatan tulang karena kandungan asam amino yang dimilikinya. Kandungan tersebut dapat membantu pembentukan protein dalam tubuh yang nantinya akan sangat berfungsi dalam pembentukan dan pemeliharaan kesehatan tulang, rambut, kulit serta otot. Fungsi yang demikian semakin ditopang oleh kandungan manfaat vitamin D dalam teh. sehingga tulang dapat benar-benar terjaga hanya dengan rutin mengkonsumsi teh.

6. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh dapat ditingkatkan dan dimaksimalkan dengan konsumsi teh yang teratur karena kandungan polifenol katekin, utamanya yang terdapat dalam teh hijau. Kandungan tersebut dapat merangsang dan mendorong pengeluaran energi dalam tubuh dengan memberikan efek hangat (thermogenesis) sehingga lemak yang ada segera teroksidasi dan sensitivitas insulin meningkat. Sebagai hasilnya, metabolisme tubuh juga meningkat.

7. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Teh memiliki kandungan mangan (Mn) yang sangat efektif untuk membantu penguraian gula dan mengubahnya menjadi energi. Dari situ, kandungan mangan juga amat berguna dalam menjaga kadar gula dalam darah agar tetap berada dalam posisi normal. Seperti diketahui, kelebihan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit mulai dari diabetes, gangguan jantung dan lain sebagainya.

8. Mencerahkan Wajah

Kandungan antioksidan yang terdapat dalam teh dapat membuang racun yang menempel pada kulit wajah dan menangkal radikal bebas. Selain itu, manfaat minum teh tanpa gula memiliki rooibos yang penuh dengan manfaat vitamin C, manfaat magnesium dan manfaat seng untuk menghilangkan bintik kecokelatan yang kerap muncul di wajah. Manfaat yang demikian utamanya terdapat dalam teh hijau atau teh hitam.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 19th, February 2016 / 07:43 Oleh :
Kategori : Minuman