Sponsors Link
     Sponsors Link

8 Manfaat Minum Air Jeruk Nipis Hangat di Malam Hari Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Manfaat minum air jeruk nipis hangat di malam hari Setelah melakukan aktivitas seharian penuh, tubuh akan mengalami rasa letih bahkan berpotensi terserang virus atau bakteri penyakit tertentu. Sistem imun tubuh akan melemah sehingga membutuhkan asupan vitamin untuk mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh. Mengkonsumsi air jeruk nipis menggunakan air hangat di malam hari dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Jeruk nipis itu sendiri merupakan jenis atau varian buah jeruk yang mempunyai rasa asam atau kecut. Rasa asam ini berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis. Terdapat juga beragam kandungan zat yang bermanfaat dalam menunjang kesehatan tubuh. berikut manfaat minum air jeruk nipis hangat malam hari :

1.  Menenangkan Pikiran

Rasa hangat serta aroma khas jeruk nipis dapat menyegarkan pikiran sehingga otak menjadi rileks. kandungan zat aktif didalamnya juga dapat mengembalikan fungsi organ tubuh menjadi lebih baik setelah beraktivitas seharian penuh. anda dapat memeras jeruk nipis lalu campurkan dengan air hangat sesuai selera anda pada malam hari.

2.  Membantu Proses Detoksifikasi

Ketika malam hari, tubuh akan lebih berkerja dalam proses pengeluaran toksin atau racun. Asupan vitamin dan zat aktif pada jeruk nipis akan sangat membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.

3.  Mencegah Pertumbuhan Tumor

Jeruk nipis yang dikonsumsi langsung ataupun telah diolah dengan diperas kemudian dicampurkan dengan air hangat mempunyai manfaat yang sama. Kandungan zat aktif bernama Naringenin pada jeruk nipis mampu memperbaiki Deoxyribose Nucleic Acid atau lebih dikenal dengan istilah DNA. Naringenin ini merupakan zat aktif yang terdapat dalam beragam varian buah jeruk serta mampu mencegah tumbuhnya tumor didalam tubuh manusia.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan sebaiknya rutin meminum air jeruk nipis hangat di malam hari untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan terhindar dari gangguan kesehatan yang diakibatkan oleh obesitas. Kandungan vitamin C yang tinggi, potasium dan asam folat dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol

Ketika anda mengkonsumsi minuman jeruk nipis menggunakan air hangat di malam hari secara rutin dengan takaran yang sesuai maka beragam asupan vitamin dan zat aktif yang terkandung dalam jeruk dapat masuk dan memberikan dampak baik bagi kesehatan tubuh anda. Produksi zat apo B oleh sel – sel hati akan dicegah oleh kinerja zat aktif bernama limonin. Meningkatnya zat apo B tersebut berpesan besar dalam meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. kadar kolesterol jahat akan ditekan sehingga kadar kolesterol baik dalam tubuh dapat meningkat.

6. Melancarkan Sistem Percernaan

sponsored links

Sistem pencernaan yang tidak berkerja maksimal dapat berpotensi mendatangkan gangguan kesehatan yang menyerang usus dan lambung. Zat aktif pada jeruk nipis mampu membuat kinerja usus besar semakin baik. Selain itu, kandungan serat jeruk nipis dapat melancarkan kinerja usus besar dalam mendorong feses keluar sehingga terhindar dari gangguan susah buang air besar atau sambelit.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat minum air jeruk nipis hangat di malam hari sangat bermanfaat dalam menunjang kinerja sistem imun sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit. Kandungan vitamin B seperti vitamibn B6, Tiamin, Niacin serta Asam Pantotenat dapat membantu kinerja sistem saraf pusat dan mendukung sistem kekebalan tubuh itu sendiri.

8. Mengatasi Peradangan dan Membantu Proses Terbentuknya Sel Baru

Pada satu buah jeruk nipis ukuran sedang mengandung vitamin A 6 mcg serta kolin sebanyak 3 mg. Tubuh sangat membutuhkan asupan vitamin A untuk dalam proses menyembuhkan peradangan dan membantu proses terbentuknya sel – sel baru dalam tubuh. Selain itu, kandungan folat dapat masuk kedalam tubuh ketika anda meminum air jeruk nipis hangat di malam hari. Folat ini merupakan zat yang sangat diperlukan oleh ibu hamil guna mengantisipasi kelahiran bayi yang cacat.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Jeruk Nipis per 100 gram

Diatas telah dipaparkan manfaat jeruk nipis yang diminum dalam kondisi hangat di malam hari. Untuk mengetahui manfaat yang lebih detail berikut beragam kandungan yang terdapat pada jeruk nipis :

  • Kandungan Vitamin C pada Jeruk Nipis = 27 mg
  • Kandungan Vitamin B1 pada Jeruk Nipis = 0.04 mg
  • Kandungan Protein pada Jeruk Nipis = 0.9 gram
  • Kandungan Lemak pada Jeruk Nipis = 0.2 gram
  • Kandungan Karbohidrat pada Jeruk Nipis = 11.4 gram
  • Kandungan Mineral pada Jeruk Nipis = 0.5 gram
  • Kandungan Kalsium pad Jeruk Nipis = 33 mg
  • Kandungan Fosfor pada Jeruk Nipis = 23 mg
  • Kandungan Zat besi pada Jeruk Nipis = 0.4 mg
  • Kandungan Asam askorbat pada Jeruk Nipis = 49 mg
  • Kandungan Energi pad Jeruk Nipis = 51 kal
  • Kandungan Air pada Jeruk Nipis = 86 gram

Baca lengkapnya  : Manfaat Jeruk Nipis

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 10th, September 2015 / 15:09 Oleh :
Kategori : Minuman