Sponsors Link

10 Manfaat Minum Air Garam Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Garam, siapa yang tidak mengenalnya? Semua orang pasti tahu benda berwarna putih yang terasa asin ini. Garam yang merupakan bumbu masakan utama ini ternyata tidak hanya berguna untuk menggurihka makanan, tetapi juga menyehatkan tubuh kita.

ads

artikel terkait:

Dikarenakan nutrisi dan mineral yang terkandung didalamnya, pada dasarnya garam mentah dapat berguna untuk membantu menyeimbangkan gula darah, menjaga kekuatan tulang, mengatur metabolism, menjaga kekebalan tubuh dsb. Agar mudah diserap oleh tubuh, garam dapat dikomsumsi denga cara mencampurkannya dengan secangkir air hangat karena dapat menciptakan muatan listrik yang diperoleh dari aktifitas ion positif dan negatif molekul air. Eh, konsumsi air garam hangat ini memberikan banyak manfaat bagi tubuh loh! Mari kita simak informasi berikut.

Manfaat Minum Air Garam

Asin memang, namun jangan remehkan manfaat luar biasa yang dapat Anda peroleh dari konsumsi air garam. Berikut di bawah ini kami sajikan apa saja manfaat yang dapat Anda peroleh dalam mengkonsumsi air garam.

1. Membantu sistem pencernaan

Manfaat pertama yang dapat Anda peroleh dari konsumsi air garam adalah terbantunya peningkatan fungsi sistem pencernaan. Dengan mengkonsumsi air garam hangat secara teratur, keteraturan dan peningkatan penyerapan nutrisi tubuh Anda dapat terbantu. Mengapa hal ini dapat terjadi? Air garam yang Anda konsumsi dapat berfungsi untuk meningkatkan kelenjar air liur di dalam mulut Anda dengan melepaskan enzim amilase yang merupakan langkah awal yang sangat pentin bagi sistem pencernaan. Garam alami juga akn membantu merangsang enzim pencernaan berupa klorida dan protein di dalam perut. Kedua enzim tersebut baik bagi usus untuk membantu memecah makanan. Nah, hal ini juga akan membantu merangsang sekresi pada saluran usus dan hati sehingga dapat membantu pencernaan.

artikel terkait: manfaat garam inggris

2. Membantu mengurangi peradangan

Apakah Anda tahu bahwa konsumsi air garam dapat membantu tubuh untuk mengurangi peradangan? Hal ini dikarenakan pada dasarnya tubuh membutuhkan kira-kira sebanyak 1,5 sendok teh per hari guna memenuhi kebutuhan asupan garam dalam tubuh. Apabila asupan garam yang kita konsumsi rendah atau tidak mencukupi kebutuhan tubuh, maka hal ini akan membuat tubuh mengalami krisis garam yang disebut dengan natrium-sparing. Kondisi ini tentunya akan menggangu keseimbangan cairan dan tekanan darah pada tubuh. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan rendahnya asupan garam yang diperoleh oleh tubuh akan mengakibatkan enzim renin dan hormon aldosterone dapat meningkat pesat. Padahal, apabila kedua hormone tersebut meningkat secara terus-menerus hingga mencapai taraf yang tinggi akan menyebabkan kerusakan peredaran darah dan dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat berkumur dengan air garam

3. Membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak

Mungkin Anda saat ini bertanya-tanya mengapa konsumsi air garam dapat membantu tidur lebih nyenyak. Jawabannya adalah karena kandungan mineral dalam garam dapat memberikan efek yang menenangkan bagi sistem syaraf manusia. Garam disebut-sebut dapat mengurangi hormon stress berupa kortisol dan adrenalin sehingga dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak apabila mengkonsumsinya. Selain itu, air garam hangat juga dapat membantu melakukan proses pembuangan racun (detoksifikasi) alami pada tubuh. Hal ini dikarenakan air garam merupakan antibakteri alami yang dapat membantu tubuh untuk membersihkan diri dari bakteri berbahaya.

artikel terkait: 39 manfaat garam dalam berbagai bidang

4. Membantu meningkatkan kesehatan tulang

Dikarenakan kaya akan mineral sehat alami dan efek alkalinizing, air garam hangat diduga dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang manusia. Mengingat berdasarkan teori populer osteoporosis dan gangguan tulang, tubu menggunakan kalsium dan mineral lainnya untuk dapat menetralkan keasaman yang berada dalam darah.

artikel terkait: manfaat minum beras kencur

ads

5. Membantu meningkatkan kecantikan kulit

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, manfaat lain yang dapat Anda peroleh dari mengkonsumsi air garam hangat adalah kecantikan kulit yang semakin meningkat. Garam secara alami mengandung mineral yang dapat membantu kulit Anda dapat terlihat dan terasa lebih baik. Garam memilki kandungan zat chromium yang dapat membantu melawan jerawat dan mengurangi infeksi kulit serta zat sulfur yang dapat membuat kulit lebih bersih dan halus, mengatasi kulit kering, eksim dan ruam. Selain it, garam juga mengandung seng yang dapat menyembuhkan luka lebih cepat, meningkatkan kekebalan tubuh serta mengatur kelenjar minyak. Oh ya, satu lagi. Yodium yang terkandung dalam garam juga dapat membantu tubuh dalam meningkatkan konsumsi oksigen dan tingkat metabolisme dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat biji jambu air

6. Membantu menghidrasi tubuh

Konsumsi air garam alami dapat membantu tubuh Anda untuk menyimpan cairan dari air yang Anda minum. Hal ini karena dalam keadaan normal, ketika Anda meminum air putih yang banyak, sebagian air putih yang Anda konsumsi akan keluar melalui urin. Sehingga konsumsi air garam secara alami dapat membantu tubuh Anda untuk menyerap air dan mengguakannya dengan cara yang tepat.

artikel terkait: manfaat air kelapa tua

7. Sebagai obat tenggorokan yang gatal

Tenggorokan yang gatal dapat terjadi dikarenakan adanya bakteri yang terdapat dalam tenggorokan. Seperti yang telah dijelaskan di atas, garam dapat berfungsi sebagai antibakteri sehingga dapat digunakan sebagai obat tenggorokan yang gatal

artikel terkait: manfaat air jeruk hangat

8. Membantu menjaga tekanan darah

Asupan air dan garam yang cukup di dalam tubuh dapat membantu tubuh untuk menjaga tekanan darah. Apabila Anda mengkonsumsi air garam hal ini dapat membantu Anda untuk menjaga tekanan darah. Mengingat, ketika buang air kecil Anda tidak hanya akan kehilangan air namun juga kehilangan garam. Namun perlu diingat bahwa Anda tidak boleh mengkonsumsi garam dalam taraf yang terlalu banyak.

artikel terkait: manfaat mandi air panas

9. Membantu mengatur konsentrasi mineral dan elektrolit di dalam tubuh

Satu lagi manfaat lain yang dapat Anda konsumsi air garam, yaitu mengatur konsentrasi mineral dan elektrolit di dalam tubuh. Mengapa konsentrasi mineral dan elektrolit perlu diatur? Hal ini dikarenakn ketika kita meminum air putih secara brutal dapat membuat encernya cairan luar sel yang dapat mengakibatkan stress dan pelepasan adrenalin dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat mandi air dingin

10. Membantu mencegah berbagai penyakit kronis

Wow, kok bisa? Seperti yang telah disebutkan di atas bahwasanya kekurangan asupan garam di dalam tubuh dapat meningkatkan hormone renin dan aldosterone secara berlebihan sehingga sirkulasi darah terganggu. Apabila sirkulasi darah terganggu, maka agen anti fimatori akan meningkat sehingga meningkatkan resiko beberapa penyakit kadiovaskular, sindrom metabolism dan menurunnya kemampuan kognisi. Dengan demikian, konsumsi air garam juga dapat memberikan manfaat untuk mencegah berbagai penyakit kronis.

artikel terkait: manfaat air tajin

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengena manfaat air garam. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 14:43 Oleh :
Kategori : Kesehatan