Sponsors Link

Manfaat Mengkudu untuk Hipertensi (Darah Tinggi)

Sponsors Link

Mengkudu untuk hipertensi, apakah bisa? Hipertensi adalah penyakit yang ditandai oleh peningkatan tekanan darah yang tinggi. Seseorang disebut memiliki hipertensi saat tekanan darahnya menunjukkan angka > 140/90 mmHg. Kondisi hipertensi yang tidak terkendali dapat meningkatkan beban kerja jantung yang berakibat pada pembesaran otot-otot jantung atau kegagalan fungsi. Selain itu tekanan darah yang tinggi mampu menekan arteri dalam otak sampai pecah yang mengakibatkan stroke.

ads

Maka dari itu, tekanan darah yang terlampau tinggi perlu segera diturunkan. Menurunkan tekanan darah tinggi salah satunya dengan mengkudu. Mengkudu (Morinda citrifolia) merupakan tanaman dengan tubuh pohon yang tidak besar dan memiliki ketinggian 3-8 meter. Buah mengkudu sudah dikenal dengan khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Buah mengkudu memiliki warna hijau muda yang mengkilat dengan bintik – bintik hitam di seluruh buah. Bentuknya berbuku-buku tidak teratur. Ketika sudah tua atau matang, buah mengkudu akan berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. tanaman ini banyak di temukan di Indonesia.

baca juga :

Manfaat Mengkudu Untuk Hipertensi (Darah Tinggi)

Buah mengkudu memiliki tekstur yang lunak ketika sudah matang. Buah mengkudu juga memiliki bau khas seperti keju busuk, sehingga kebanyakan orang enggan mengkonsumsinya karena baunya yang tidak sedap. Namun, buah mengkudu ini memiliki banyak kandungan nutrisi antara lain : vitamin, mineral, protein dan juga zat – zat mikro seperti xeronine, proxeronine, steroid alami, alizarin, sodium, asam kaprilat, asam kaproat, alizarin, lysin, dan asam kaprat. Dalam buah mengkudu juga terdapat senyawa scopoletin yang bersifat anti bakterial dan anti inflamasi.

Pada hipertensi, kandungan anti inflamasi inilah yang mampu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang tinggi diperoleh dari adanya penyempitan pada pembuluh darah. Buah mengkudu memberikan efek pelebaran pembuluh darah sehingga tekanan pada dinding – dinding pembuluh darah berkurang, dan tekanan darah turun.

baca juga :

Cara mengolah mengkudu untuk menjadi obat anti hipertensi

  1. Siapkan buah mengkudu yang sudah matang dan mentimun
  2. Bersihkan kedua bahan tersebut
  3. Tumbuk mengkudu bersamaan dengan mentimun sampai halus. Tekstur buah mengkudu yaitu lunak sehingga proses menghaluskan jadi lebih mudah. Anda bisa mengupas terlebih dahulu kulitnya, atau langsung menumbuk semuanya untuk buah yang sudah sangat matang.
  4. Setelah halus, saring hasil tumbukan dengan penyaring halus sampai kandungan airnya keluar. Masukkan sari-sari dari tumbukan ke dalam gelas.
  5. Tambahkan air panas dan gula untuk menyamarkan rasa. Aduk rata dalam gelas. Dan konsumsi 2 kali dalam sehari untuk hasil yang lebih cepat. Konsumsi pada pagi hari dan sore hari. Jangan lupa untuk kontrol tekanan darah Anda setelah mengkonsumsinya, agar tekanan darah tidak drop.
Sponsors Link

baca juga :

Pengendalian tekanan darah sangat diperlukan untuk menghindari munculnya penyakit-penyakit komplikasi lainnya. Pengendalian tekanan darah lebih baik dengan cara mencegah daripada mengobati. Pencegahan hipertensi yaitu dengan cara merubah polah hidup yang sehat, hindari merokok, kurangi kafein, hindari makanan berlemak dan makanan cepat saji. Selain itu juga olahraga rutin dan hindari stress.

baca juga :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 07th, November 2016 / 02:51 Oleh :
Kategori : Herbal