Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Mengkudu Untuk Penderita Diabetes

Sponsors Link

Diabetes merupakan penyakit dimana tubuh tidak dapat menghasilkan hormon pengatur gula darah (insulin) atau ketidakcukupan produksi insulin maupun ketidakmampuan insulin untuk bekerja dengan baik sehingga tingkat gula darah meningkat. Adapun gejala-gejala diabetes secara umum antara lain:

  • Haus dan banyak minum,
  • Lapar dan banyak makan,
  • Sering buang air kecil,
  • Penurunan berat badan,
  • Badan terasa lemah,
  • Mudah mengantuk,
  • Pandangan mata kabur, serta
  • Luka lama yang sulit sembuh dsb.

Penyakit ini dapat terjadi pada semua orang, namun orang yang memiliki riwayat keluarga penderita diabetes lebih beresiko terkena diabetes. Selain itu, obesitas, kolesterol tinggi, hipertensi dan kurangnya aktifitas fisik juga menjadi faktor pemicu timbulnya diabetes pada seseorang.

Sayangnya, hingga saat ini belum ditemukan adanya obat yang dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Meskipun demikian, penderita dapat mencoba untuk mengontrol gula darah agar tetap dalam keadaan normal. Salah satu cara alami untuk mengontrol kadar gula darah dalam darah agar tetap normal adalah dengan cara mengkonsumsi buah mengkudu.

artikel terkait penyakit diabetes:

Tentang Buah Mengkudu

Buah Mengkudu (Morinda Citrifolia) merupakan salah satu buah tropis yang berdiameter 7,5-10 cm yang memiliki permukaan serti sekat-sekat polygonal yang berbintik dan berkutil. Buah ini memiliki warna hijau ketika mengkal dan berubah menjadi putih kekuningan ketika memasak. Daging buah mengkudu bersifat lunak, berwarna putih, mengandung banyak air dan beraroma seperti keju busuk atau bau kambing karena adanya percampuran antar asam kaprat, asam kaproat dan asam kapilarat. Berikut merupakan kandungan buah mengkudu.

  1. Nutrisi

Buah mengkudu memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, vitamin, flovanoid dan mineral penting yang salah satunya adalah selenium yang merupakan antoksidan yang hebat. Sedangkan mineral yang terkandung dalam buah mengkudu antara lain xeronine,plant sterois, alizarin, lycine, sosium, caprylic, acid, arginine, proxeronine, antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium dsb.

  1. Terpenoid
  2. Scolopetin
  3. Zat anti kanker
  4. Xeronine dan Proxeronine

Buah mengkudu memiliki zat xeronine yang dapat diserap oleh sel-sel tubuh untuk mengantifkan protein-protein yang tidak aktif. Sedangkan proxeronine merupakan sejenis asam nukleat.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk diabetesmanfaat daun kelor untuk diabetesmanfaat daun sambiloto untuk diabetes

Mengapa Buah Mengkudu baik untuk Mengobati Penyakit Diabates

Buah mengkudu memiliki kandungan flovanoid yang membantu penderita diabetes untuk menjaga kestabila gula dara dengan cara mencegah produksi glukosa di hati. Selain itu kandungan Xeronine yang terbentuk dari proxeronine juga membantu mengatasi penyakit diabetes. Xeronine dapat memicu mengoptimalisasi fungsi sel-sel yang rusak dengan cara merevitaliasasi dan meregenerasinya. Hal ini juga memberikan dampak positif padasensifitas sel-sel insulin yang tadinya menurun hingga kadar gula dalam darah menjadi kembali stabil.

Pemanfaatan buah mengkudu untuk mengobati diabetes ini telah didukung oleh penelitian di John Hopkins Hospital yang menggunakan Tahitian Noni dengan 89% komposisi buah mengkudu untuk diberikan kepada 27000 pasien penderita diabetes. Setelah rutin mengkonsumsinya selama 3 bulan pasien berhasil mengatasi penyakitnya dengan baik.

artikel terkait: manfaat daun jambu air untuk diabetesmanfaat  gula merahmanfaat daun sukun untuk diabetes

sponsored links

Pemanfaatan Buah Mengkudu untuk Mengobati Penyakit Diabetes

Untuk mengobati penyakit diabetes, buah mengkudu ini dapat Anda konsumsi secara langsung. Namun Anda juga dapat mengkreasikan konsumsi buah mengkudu tersebut dengan cara membuatnya sebagai jus yang langkah-langkahya adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan buah mengkudu yang sudah matang, kupas hingga bersih, buang bijinya, kemudian cuci bersih
  2. Siapkan apel merah, cuci bersih
  3. Siapkan gula rendah kalori dan madu
  4. Potong buah mengkudu dan apel merah menjadi bagian kecil-kecil
  5. Blender buah mengkudu dan apel secara bersamaan
  6. Tuang jus mengkudu dan apel , serta berikan pemanis seperti gula rendah kalori. Anda juga dapat menambahkan madu untuk menghilangkan aroma buah mengkudu.

Takaran jus buah mengkudu ini adalah sebanyak 15/50kg berat badan untuk penderita diabetes. Jus ini dapat diberika sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan malam hari, kira-kira setengah jam sebelum makan nasi maupun dua jam setelah mengkonsumsi nasi. Hal ini ditujukan agar penyerapan baan aktif dalam esktrak buah mengkudu dapat berjalan dengan sempurna.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk diabetesmanfaat kulit manggis utnuk diabetes

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat mengkudu untuk diabetes. Meskipun demikian, kami sarankan kepada Anda agar tetap konsultasi kepada dokter sebelum mengkonsumsinya. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 01st, October 2016 / 11:34 Oleh :
Kategori : Buah Buahan