14 Manfaat Mencium Bau Kentut Sendiri Untuk Kesehatan

Anda tentunya akan merasa kesal atau risih saat mencium aroma tidak sedap dari orang di sekitar anda. Aroma tidak enak ini tentunya akan membuat anda menahan napas, menutup hidung atau bahkan pergi karena tidak tahan dengan bau tersebut. Namun ternyata, ada penelitian yang baru – baru ini dilakukan dan berhasil membuktikan jika mencium bau kentut ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh anda, sehingga menghirup bau tidak sedap dari kentut tersebut disarankan. Supaya tidak semakin penasaran untuk mengetahui apa saja manfaat mencium bau kentut, langsung saja anda simak ulasannya berikut ini.

Artikel terkait:

  1. Memperpanjang Umur

Kentut adalah salah satu proses alami yang pastinya pernah dilakukan semua orang tanpa terkecuali yang dilakukan untuk mengurangi tekanan di dalam tubuh. Dari penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika mencium bau kentut bisa memperpanjang umur seseorang. Ini bisa terjadi karena susunan kimia yang dikeluarkan dari dalam tubuh terdiri dari flouride yang biasanya bisa kita temukan dalam bahan pembuatan pasta gigi dan juga hidrogen sulfida. Hidrogen sulfida dalam dosis terlalu banyak memang bisa mematikan, akan tetapi di dalam kentut kadarnya sangat rendah dan justru berguna untuk kesehatan manusia.

  1. Melindungi Sel dan Melawan Penyakit

Hidrogen sulfida ini merupakan gas yang berbau menyengat dalam kentut terjadi karena proses pemecahan makanan yang dilakukan bakteri pada usus dan biasa ditemukan juga dalam telur busuk. Apabila dosisnya besar, maka akan berubah fungsinya menjadi racun. Akan tetapi jika dosisnya rendah atau sedikit maka akan melindungi sel – sel dalam tubuh serta melawan berbagai penyakit yang menyerang tubuh anda.

  1. Mencegah Peradangan

Saat tubuh anda sedang mengalami sebuah penyakit, maka sel – sel dalam tubuh akan mengalami stres sekaligus mengubah cara kerja enzim yang menghasilkan hidrogen sulfida secara otomatis. Senyawa kimia ini akan berperan untuk mengembangkan mitokondria yang berguna untuk meningkatkan produksi energi di dalam pembuluh darah dan juga mencegah terjadinya peradangan. Jika proses ini tidak ada, maka sel akan mati secara perlahan.

Artikel terkait:

  1. Melawan Penyakit Kardiovaskular

Proses alami produksi mitokondria yang meningkatkan produksi energi dan mengatur peradangan ini membuat para ilmuwan membuat senyawa yang dinamakan AP39. Senyawa ini terbukti sudah berhasil dalam membantu 80 persen mitokondria sehingga bisa bertahan terhadap penyakit kardiovaskular.

  1. Mengobati Penyakit

Dari sebuah studi yang sudah dipublikasikan dalam jurnal medical medicinal communications berhasil menemukan jika gas hidrogen sulfida yang terjadi pada perut yang kembung menjadi kunci penting untuk mengobati penyakit yang di derita seseorang.


  1. Mencegah Penyakit Kanker

Dari studi University of Exeter di Inggris memperlihatkan jika hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh tubuh berupa kentut ini bisa mencegah mitokondria sehingga kentut yang memiliki bau menyengat ini juga bisa mencegah penyakit kanker.

  1. Mencegah Penyakit Demensia

Kentut yang berbau sangat menyengat bukan terjadi karena kondisi badan anda tidak bugar atau sehat, namun kentut bau tersebut mengindikasikan jika anda sudha mengkonsumsi makanan yang mengandung hidrogen sulfida atau dengan kata lain anda mengkonsumsi jumlah serat yang cukup. Dengan mencium bau kentut, maka penyakit seperti demensia juga bisa dicegah.

Artikel terkait:

  1. Mengatur Tekanan Darah dan Anti Inflamasi

Dari salah seorang asisten dosen metabolisme di departemen biokimia melakukan sebuah penelitian selama beberapa tahun yang membuktikan jika hidrogen sulfida di dalam tubuh memiliki peran penting dalam mengatur tekanan darah sekaligus mencegah terjadinya pembengkakan atau anti inflamasi.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Dari para peneliti Peninsula Meical School dan juga Kings College di London telah menemukan jika mekanisme dari gas hidrogen sulfida bisa mengatur tekanan darah di dalam tubuh. Gas ini akan bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah sekaligus meningkatkan elastisitas pembuluh vena dan juga arteri sehingga aliran darah di dalam tubuh bisa mengalir lebih lancar.

  1. Meredam Aktivitas Berpikir Pada Otak

Sebuah penelitian juga membuktikan jika fungsi dari H2s serta gas lainnya seperti dopamin, oksida nitrit [NO] dan juga asetilkolin akan meredam atau membangkitkan aktivitas berpikir yang dilakukan organ otak manusia. Sehingga dengan menghirup bau kentut, otak bisa lebih rileks dan tidak terlalu berpikir berat.

Artikel terkait:

  1. Mengurangi Efek Samping Penggunaan Obat

Dari mekanisme gas kentut yang dihasilkan dari dalam tubuh membuat dunia kesehatan semakin berkembang. Penemuan ini berhasil mengisnpirasi pembuatan modifikasi obat sehingga lebih tepat guna dan efek samping dari penggunaan obat juga bisa berkurang. Untuk itu, jika anda mencium bau kentut, maka seharusnya sudah tidak ada lagi rasa risih atau cemas setelah mengetahui manfaat dari mencium bau kentut tersebut.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Hidrogen sulfida memang memegang peranan penting dalam mengatur tekanan darah, sehingga membuat gas atau zat ini tidak berbahay saat tercium manusia sebab bisa menurunkan tekanan darah tinggi yang anda derita. Ini bisa terjadi karena kandungan hidrogen sulfida dalam dosis rendah yang keluar dan tercium dalam kentut dan memberikan aroma tidak sedap tersebut.

  1. Mencegah Kanker

Apabila anda menghirup bau kentut, maka secara otomatis hidrogen sulfida juga akan masuk ke dalam tubuh anda lalu mengalir dalam peredaran darah. Saat hidrogen sulfida ini ada di dalam tubuh maka fungsi dari pembuluh darah, respon inflamasi, respon neurotransmisi otak dan beberapa hal penting lainnya termasuk mencegah kanker bisa terjadi. Sel – sel kanker ini akan langsung mati apabila bersentuhan langsung dengan senyawa yang mengandung hidrogen sulfida.

  1. Menyembuhkan Arthritis

Dari penelitian yang juga sudah dilakukan memberi bukti jika bau kentut yang sering dianggap sebagai pengganggu dan tidak memiliki arti ini ternyata bisa membantu dalam peneymbuhan beberapa penyakit seperti arthritis. Arthritis sendiri merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang bisa berlangsung seumur hidup bagi penderitanya dan umumnya akan menyerang wanita yang sudah memasuki umur 55 tahun. Penderita arthritis ini akan mengalami pembengkakan area sendi sehingga gerakan tubuh akan sulit untuk dilakukan dan menimbulkan rasa sakit hebat.

Artikel terkait:

Dari ulasan yang sudah kami berikan tentang manfaat mencium bau kentut ternyata memberi bukti jika bau menyengat dan busuk yang kita hirup saat seseorang buang gas atau kentut bisa menjadi solusi menyembuhkan beberapa penyakit dari hasil beberapa penelitian dalam dan luar negeri yang sudah dilakukan. Nampaknya, anda bisa berpikir kembali untuk tidak marah atau risih saat seseorang membuang gas di dekat anda dan secara tidak sengaja anda mencium bau busuk tersebut mengingat ada khasiat yang terkandung dalam bau kentut itu.

, , ,
Post Date: Saturday 05th, August 2017 / 12:09 Oleh :
Kategori : Kebiasaan