Sponsors Link
     Sponsors Link

Manfaat Memelihara Ikan Discus di Rumah

Sponsors Link

manfaat ikan discusIkan discus atau dalam bahasa latin disebut symhysodonodiscus merupakan salah satu jenis jenis ikan hias yang berhabitat di air tawar. Ikan discus ini berasal dari sungai Amazon di Brazil. Discus merupakan nama yang diambil dengan melihat bentuknya yang pipih seperti “disc”.

Manfaat ikan discus dalam segi ekonomi, karena memiliki harga jual atau nilai ekonomis yang baik. Baiknya nilai ekonomi dari ikan discus disebabkan karena ikan ini menjadi salah satu ikan yang digemari oleh banyak masyarakat di berbagai negara di dunia.


Karakteristik Ikan Discus

Penting bagi kita untuk mengetahui karakteristik ikan discus agar kita dapat membedakan ikan discus dengan ikan lainnya yang kemungkinan memiliki bentuk yang hampir sama. Karakteristik ikan discus, antara lain:

  • Ikan discus memiliki bentuk yang pipih, jika kita amati dari samping maka akan terlihat layaknya lingkaran disc. Karena bentuknya yang menyerupai “disc” inilah maka ikan ini disebut ikan discus.
  • Warna ikan discus memiliki pola berupa garis-garis yang pendek di sepanjang tubuhnya. Sedangkan yang membedakan warna garis tersebut adalah jenis dari ikan discus itu sendiri.
  • Pada umumnya ikan discus memiliki bola mata berwarna merah.
  • Ikan discus termasuk ikan hias yang memiliki kelangsungan hidup cukup lama, yaitu mampu hidup kuarang lebih hingga 10 tahun. Namun tentunya beberapa faktor penunjang cukup berpengaruh dalam kelangsungan hidup ikan discus, seperti tidak adanya serangan penyakit serta kondisi air yang bagus dan terawat.
  • 25 – 30 oC adalah suhu yang paling baik untuk dijadikan tempat tinggal ikan discus.
  • Ikan discus memiliki alat kelamin berbentuk runcing untuk ikan discus jantan, dan berbentuk bulat serta lebar untuk ikan discus betina.
  • Untuk ikan discus jantan memiliki pola warna yang cerah yang menyebar secara menyeluruh ke bagian tubuh ikan, sedangkan untuk ikan discus betina memiliki pola sedikit warna yang berada pada wajah dan badan ikan.
  • Pada ikan discus jantan bentuk hidungnya sedikit bengkok, namun untuk ikan discus betina bentuk hidungnya lurus.
  • Bibir dari ikan discus jantan memiliki bentuk bibir atas sedikit lebih menonjol, sedangkan ikan discus betina bentuk bibirnya sama besar antara bibir atas dan bawah.


Jenis-jenis Ikan Discus

Ikan discus memiliki beberapa jenis yang mana setiap jenisnya memiliki perbedaan dari segi warna dan corak. Jenis-jenis ikan di bawah ini adalah jenis ikan discus yang paling populer dan biasa dijadikan indukan dala pembudidayaan, jenis-jenis tersebut antara lain:

  • Red Royal Blue

Corak klasik yang terdapat pada discus jenis ini menjadikannya sebagai yang paling sering untuk dijadikan indukan kawin atau pembudidayaan.

  • Snake Skin

Jenis ini memiliki tubuh dengan corak garis yang tipis.

  • Snake Skin King Cobra

Ikan discus jenis ini memiliki tubuh dengan corak garis-garis berwarna biru hingga seperti membentuk lingkaran kecil.

  • Blue Diamond

Discus jenis ini memiliki daya tarik tersendiri yaitu tubuhnya yang berwarna biru terang. Ikan discus jenis ini adalah yang paling banyak diminati di kawasan Eropa, Asia, dan Amerika, sehingga discus jenis ini sering disebut ikan discus abadi.

  • Red Melon

Dengan warna tubuh yang berwarna merah menyerupai semangka menjadikan jenis ini sangat populer di Jepang.

  • Golden Marlboro

Jenis golden marlboro juga biasa digunakan sebagai induka kawin, hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan jenis golden yang lebih baik dengan corak yang lebih sedikit.

  • Leopard Snake

Discus jenis ini sering disebut-sebut sebagai masterpiece discus karena discus jenis ini sangat diminati oleh masyarakat dunia dan harganya tergolong paling tinggi.

  • Mozaik Leopard

Jenis ini merupakan perkembanag terbaru dari jenis leopard, dimana jenis ini memiliki corak garis yang berbentuk menyerupai huruf O atau C.

  • White Diamond

Keunikan yang dimiliki jenis ini adlah warna tubuhnya yang berwarna unik, yaitu putih, dengan kuning sebagai warna kepanya, serta lingkaran matanya yang memiliki warna putih.

  • Heckel Discus

Discus jenis ini memiliki pasar yang masih sedikit jika dibandingkan dengan beberapa discus lain, namun jenis ini cukup diminati masyarakat di kawasan Eropa dan Asia yang menyukai discus jenis ini.


Manfaat Ikan Discus untuk Peliharaan

Memelihara ikan discus tidaklah hanya menjadikannya sebagai penghuni akuarium kosong dan sebagai penghias sudut-sudut ruangan. Tapi manfaat memelihara ikan discus ini terutama, karena memiliki keindahan tersendiri yang dipercaya mampu menjadikannya sebagai alat rilaksasi bagi siapa saja yang memilikinya. Sering kali manfaat ikan discus yang dipelihara oleh para kolektor, menjadikannya sebagai teman untuk menangkan pikiran yang penat akan pekerjaan dan kesibukan lainnya atau hanya sekedar untuk mengisi waktu luang.

Selain manfaat memelihara ikan discus ini, untuk menenangkan pikiran bisa didapatkan dari :

Tips Memelihara Ikan Discus

sponsored links

Manfaat memelihara ikan discus yang baik, diawali dengan memilih ikan discus dengan kualitas yang baik pula. Hal ini untuk mencegah penyesalan di kemudian hari saat kita memelihara ikan discus. Tips-tips memelihara ikan discus, antara lain :

  • Pilihlah ikan discus yang memiliki corak warna tubuh yang cerah, serta perhatikan apakah ikan tersebut mengeluarkan lendir yang berlebihan, karena lendir yang berlebihan itu menandakan ikan discus dalam keadaan tidak baik.
  • Pilihlah ikan discus yang memiliki sisik yang bersih tanpa ada yang terkelupas.
  • Pilihlah ikan discus yang siripnya baik atau lengkap. Jika terdapat sirip yang robek (cacat) maka tentu itu menandakan ikan tidak dalam kondisi sehat. Ketidaklengkapan sirip pada ikan akan menimbulkan efek tidak elok dipandang.
  • Pilihlah discus yang bentuk tubuhnya ideal (tidak terlalu kurus). Kurus tidaknya discus biasa dapat dilihat dari ketebalan dahi ikan discus.
  • Pilihlah discus yang memiliki bola mata yang bening. Jangan sesekali memilih yang berbintik putih pada mata, karena itu menjukkan ikan tidak sehat. Terlebih lagi jangan memilih ikan yang memiliki mata besar sebelah.
  • Belilah ikan dengan ukuran minimal dua inci, karena deteksi sehat atau tidaknya ikan discus akan dapat dilakukan pada ikan yang berukuran 2 inci.
  • Setelah anda yakin mendapatkan ikan discus yang berkualitas. Maka yang terpenting anda lakukan adalah melakukan karantina atau membiarkan ikan discus untuk beradaptasi pada lingkungannya yang baru. Hal ini untuk mencegah ikan discus dari keadaan stres.

Di Indonesia sendiri, ikan discus telah banyak dikembangbiakkan atau dibudidayakan. Budidaya ikan discus di Indonesia juga memiliki potensi yang cukup baik atau cukup menguntungkan, hal ini mengingat manfaat ikan discus yang dapat dipasarkan baik itu di pasar lokal maupun ke pasar ekspor.

Ikan discus sering disebut-sebut sebagai ikan air tawar yang mampu merajai hati para akuaris. Tak hanya para akuaris atau kolektor ikan hias, orang-orang awam pun sangat menggermari ikan ini. Kegemaran yang luarbiasa itu disebabkan karena ikan discus memiliki bentuk yang unik yaitu pipih, corak dan warna yang indah serta beragam, dan harganya yang tidak murah juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para kolektor ikan hias untuk memeliharanya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 08th, April 2015 / 03:21 Oleh :
Kategori : Hewan