Sponsors Link

Manfaat Membaca Komik

Sponsors Link

Manfaat membaca komik apakah ada?? pertanyaan seperti itulah yang muncul ketika seorang ibu yang melihat anaknya sering menghabiskan waktu dengan membaca komik. Ya, anak-anak sangat menggemari membaca komik terutama komik serial kartun. Bagi yang hobi dengan membaca komik, hampir bisa dilihat bagaimana banyaknya koleksi komik yang dimiliki.

ads

membaca komikKomik merupakan bacaan yang berisi cerita imajinasi bergambar untuk menerangkan bacaan. Berbeda dengan novel yang menyajikan alur cerita, komik lebih menekankan alur cerita yang diceritakan lewat dialog para tokohnya. Para orang tua biasanya mengkhawatirkan, kalau membaca komik ini tidak memiliki manfaat karena isinya yang cerita-cerita saja. Tapi apakah benar seperti itu? selengkapnya pada artikel ini.

Sebenarnya membaca merupakan kegiatan yang sangat berguna bagi untuk orang diberbagai usia, namun bagi sebagian orang membaca yang bermanfaat hanyalah yang berbau ilmu pengetahuan. Padahal pada setiap kegiatan membaca memiliki manfaat tersendiri, lewat berbagai macam bacaan yang memuat ilmu yang beraneka ragam. Seperti berikut ini :

1. Baca komik mengisi waktu luang

Akhir pekan merupakan waktu bagi anak untuk menikmati liburnya waktu sekolah. Banyaknya waktu senggang ini bisa dimanfaatkan untuk menbaca komik kegemaran mereka. Menbaca komik ini membuat liburan akhir pekan lebih bermakna ketimbang berjalan-jalan di pusat perbelanjaan. Dengan manfaat membaca komik, membuat anak terdidik untuk mencintai membaca lewat bahan bacaan kegemaran mereka.

2. Baca komik meningkatkan daya ingat

Membaca sebuah bacaan membuat seseorang bisa menceritakan isi bacaan yang telah dibaca. Hal ini karena membaca merangsang daya ingat untuk merekam bacaannya. Lihatlah anak-anak setelah membaca komik, bisa menceritakan cerita pada komik kepada temannya. Hal tersebut biasanya juga akan menjadikan kebiasaan untuk jenis bacaan yang lain.

3. Meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas

Komik merupakan bacaan bergambar yang menarik di mata anak-anak. Dengan membaca serita bergambar dengan cerita inajinatif ini akan menumbuhkan daya imajinasi lewat gambar-gambar yang dibaca sehingga banyak yang mengaplikasikannya pada gambar. Jadi  selain membaca, si anak juga menjadi belajar menggamba lewat tokh fiksi yang ada dalam komik.

Sponsors Link

4. Hiburan yang murah

Dibandingkan dengan liburan outdoor, membaca komik jauh lebih murah dan sangat menyenangkan. Jika anda sedang memikirkan liburan, pikirkan alternatif seperti membaca komik ini.

5. Meningkatkan Hobi Membaca

Seseorang yang gemar membaca komik dapat meningkatkan hobi membaca dalam dirinya secara langsung ataupun tidak langsung. Anda yang sering membaca akan dibantu dengan aktivitas membaca komik agar lebih rutin dalam membuka cakrawala dunia.



Artikel Lainnya


Manfaat membaca komik yang memang baik untuk merangsang kinerja otak anak ini memang baik namun, juga harus diperhatikan intensitasnya jangan sampai mengganggu waktu belajar anak sehingga, kegemaran membaca komik dan tanggung jawab anak untuk belajar bisa berjalan seimbang.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:18 Oleh :
Kategori : Sosial