7 Manfaat Melon Orange untuk Tubuh

Melon (Cucumis melo L) memiliki berbagai macam jenis daging buah. Jenis pertama adalah buah melon dengan warna hijau-kekuningan dan jenis kedua yaitu berwarna orange (jingga ke kuningan). Perbedaan dari kedua jenis melon ini adalah dari segi rasa, melon hijau memiliki rasa manis agak asam sementara melon orange memiliki manis dan beraroma harum. Kandungan vitamin C kedua jenis melon ini juga berbeda. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Marlina (2013), bahwa kadar vitamin C di dalam melon hijau yaitu 29,17 mg/100 g sementara melon orange 27,21 mg/100 g dengan metode yang digunakan adalah metode titrasi 2,6-diklorofenol indofenol terhadap buah melon orange dan hijau. (Baca Juga: Manfaat Vitamin Biomega , Manfaat Vitamin Curvit)

Banyak manfaat mengkonsumsi buah melon dengan daging orange ini terutama untuk kesehatan tubuh, berikut diantara manfaat tersebut :

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C yang besar di dalam daging buah melon orange ini mampu menjadikan daya tahan tubuh meningkat dan tidak mudah terserang penyakit. Fungsi vitamin C di dalam tubuh juga sebagai pemelihara membran mukosa. (Baca Juga: Manfaat vitamin arcalion , Manfaat vitamin D3)

2. Sebagai zat anti oksidan

Kadar vitamin C di dalam melon orange akan menjadi sumber zat antioksidan dalam tubuh yang mampu mengaktifkan enzim prolil hidroksilase yang menunjang tahap hidroksilasi dalam pembentukan kolagen dan mempercepat penyembuhan luka. (Baca Juga: Manfaat antioksidan bagi tubuh , Sumber antioksidan)

3. Mencegah diabetes dan stroke

Melon orange memiliki kadar lemak yang rendah begitupun kadar kalorinya, sehingga hal ini bisa menjadi alternatif untuk mencegah terkena diabetes dan stroke.(Baca Juga: Manfaat buah naga putih , Manfaat buah matoa)

4. Menjaga kesehatan mata

Kandungan betakaroten di dalam melon orange akan dapat mengaktifkan vitamin A di dalam tubuh, sehingga dapat membantu menjaga ketajaman penglihatan mata.

Baca Juga:

5. Mencegah sembelit dan masalah pencernaan

Besarnya kandungan serat yang dimiliki melon orange dapat membantu melancarkan BAB dan memperbaiki metabolisme sehingga sistem pencernaan lebih lancar.

Baca Juga:


6. Menurunkan tekanan darah

Kadar kalium di dalam melon orange dapat mengimbangi banyaknya kadar natrium yang masuk ke tubuh sehingga tekanan darah lebih terjaga/stabil dan mencegah hipertensi.

Baca Juga:

7. Membantu menurunkan berat badan

Hal ini dikarenakan melon orange memiliki kandungan serat yang cukup besar sehingga setelah mengkonsumsi melon orange dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama. Otomatis nafsu makan akan lebih terkontrol.

Banyak manfaat melon orange bagi kesehatan. Sehingga sangat dianjurkan bagi anda untuk memperbanyak konsumsi melon orange.

Baca juga :

,
Post Date: Thursday 18th, May 2017 / 23:37 Oleh :
Kategori : Buah Buahan