8 Manfaat Melon Merah Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah melon, buah berbentuk bulat dan memiliki kulit yang lumayan keras ini merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati oleh masyarakat luas. Dulunya buah melon dikenal memiliki warna putih pada bagian dagingnya. Namun, melon juga memiliki jenis lain, yakni melon yang memiliki warna daging orange atau biasa disebut dengan melon merah. Salah satu jenis melon ini menjadi salah satu jenis melon yang banyak diminati masyarakat luas karena warnanya yang cantik berwarna orange kemerahan. Rasa yang manis dan daging yang sedikit keras membuat melon merah sedikit renyah dan nikmat sebagai buah pencuci mulut. Tetapi ternyata, melon merah ini memiliki banyak nutrisi yang dapat bermanfaat bagi kesehatan.

baca juga manfaat melon :

Kandungan Melon Merah

Selain dapat menyegarkan tenggorokan, manfaat melon merah juga memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan kesehatan. Beberapa kandungan di dalam melon merah diantaranya :

  • Vitamin C

Vitamin C yang ada dalam melon merah merupakan salah satu antioksidan yang sangat kuat. Selain itu, vitamin C juga memiliki peran dalam proses tumbuh kembang dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Vitamin A

Melon merah juga memiliki kandungan Vitamin A yang sangan tinggi, yang baik untuk menjaga kesejatan gigi, tulang, kulit dan juga selaput lendir. Selain itu, seperti yang kita kenal vitamin A memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan retina.

  • Kalium

Kalium merupakan kandungan mineral yang sangat penting terutama dalam menjaga kesehatan jantung. Melon merah memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi kandungan natrium yang terlalu tinggi yang masuk ke dalam tubuh. Sangat disarankan bagi orang dewasa untuk mendapatkan kandungan nutrisi yang sangat tinggi, dan kandungan kalium ini dapat diperoleh dengan mudah dari mengkonsumsi melon merah.

Seperti buah pada umumnya, kandungan dalam melon merah memiliki beberapa fungsi yang dapat meningkatkan kesehatan. Selain kandungan melon merah, melon merah memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan lainnya.

artikel terkait: manfaat ikan kutukmanfaat labu putihmanfaat cabe jawa

Khasiat Mengkonsumsi Melon Merah

Mengkonsumsi melon merah biasanya hanya sekdar sebagai pencuci mulut. Namun setelah mengetahui kandungan dan khasiat melon merah, buah ini bisa jadi menjadi salah satu buah yang akan dikonsumsi setiap hari untuk mnejaga kesehatan. Beberapa khasiat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi melon merah diantaranya :

  1. Kandungan Vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata.
  2. Memiliki kandungan vitamin C yang dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Dapat mempercepat penyembuhan bagi bagian tubuh yang terkena luka
  4. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah dari sakit jantung dan stroke.
  5. Dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi
  6. Sebagai salah satu jenis buah yang dapat bermanfaat untuk program diet karena dapat membantu menurunkan berat badan.
  7. Memiliki kandungan nutrisi yang dapat membuat kulit menjadi kenyal, sehat dapat dapat mencegah penuaan dini dan terlhat segar tidak keriput.
  8. Menjadi salah satu buah yang dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit dan beberapa masalah pencernaan lainnya.

artikel terkait:

Karena kandungan nutrisinya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, mengkonsumsi melon merah tidak hanya sebagai pencuci mulut saja. Tetapi bisa sebagai buah harian yang dapat dikonsumsi kapan saja sesuai dengan keinginan, karena selain dapat memberikan rasa segar di tenggorokan dan di mulut, vitamin dan kalium yang ada di dalamnya dapat menjaga kesehatan tubuh.

, ,
Post Date: Saturday 10th, September 2016 / 15:14 Oleh :
Kategori : Buah Buahan