8 Manfaat Melatih Daya Tahan Tubuh dan Caranya

Sudah bukan menjadi hal baru lagi kalau kita membahas olah raga mampu meningkatkan sistem imunnitas atau meningkatkan daya tahan tubuh. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan demikian. Sudah banyak kejadian nyata bahwa semakin kita olah raga, daya tahan tubuh dan stamina juga terjaga. Tak heran jika olah ragawan seperti Ade Ray jarang sakit.

Melatih daya tahan tubuh tidak di batasi pada usia berapa pun. Tidak pula di batasi oleh ras dan gender siapa pun. Meningkatkan daya tahan tubuh menjadi suatu kewajiban bagi setiap manusia. Mengapa? Manfaat melatih daya tahan tubuh di gunakan oleh semua usia, baik untuk anak anak, para remaja, para orang tua, sampai dengan usia senja.

  1. Meningkatkan kebugaran diri

Dengan melatih daya tahan tubuh, anda juga sekaligus melatuh kebugaran diri. Misalnya dengan melakukan olahraga setiap hari atau satu minggu tiga kali akan membantu tubuh anda semakin fit.

  1. Lebih jarang lelah

Melatih daya tahan tubuh juga akan membuat diri anda lebih jarang terasa lelah. Sebab anda sudah biasa melaksanakan aktivitas fisik. Otomatis energi yang anda punyai juga cukup banyak. Analoginya seperti ini, jika anda setiap hari membiasakan jogging 2 kali putaran, kemudian di lanjutkan untuk berangkat kerja. Tubuh anda sudah mengalami pemanasan. Nafas anda akan lebih panjang. Tubuh jadi enteng karena setiap pagi kalorinya terbakar. Akan terasa berbeda jika anda tidak melakukan hal tersebut setiap hari atau seminggu 3 kali.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit degenerative. Dalam artian penyakit ini di namakan dengan penyakit tua. Mengapa seseorang bisa terkena penyakit jantung? Biasanya karena semasa mudanya tidak mengkonsumsi makanan yang sehat dan tidak melalui pola hidup yang sehat pula. Dengan melakukan banyak aktivitas fisik seperti olahraga akan membantu anda semakin di jauhkan dari penyakit jantung. Sebab anda sudah terbiasa melatih jantung anda untuk bekerja.

  1. Menurunkan kolesterol ‘jahat’

Jenis dari kolestrol ada dua macam, yakni kolestrol jahat dan kolestrol baik. Kolestrol jahat ini di namakan dengan LDL (low density lipid) yang bisa menyebabkan penyakit lain seperti stroke dan serangan jantung. Menurut penelitian dan kata dokter yang sudah ahli di bidangnya, melatih peningkatan daya tahan tubuh bisa membantu anda untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh.

  1. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah manusia di bedakan menjadi dua, yakni tekanan darah tinggi atau di sebut dengan hipertensi dan tekanan darah rendah atau hipotensi. Ke dua jenis tekanan darah ini sama sama buruknya. Pada umumnya, wanita akan cenderung mengalami tekanan darah tinggi. Buktinya adalah kebiasaan sering marah dan membentak cenderung membuat darah yang ada di dalam tubuh tertekan. Padahal kondisi ini tidak baik untuk kesehatan, misalnya memicu terjadinya penyakit serangan jantung, stroke, dan lain sebagainya. Untuk itu perlu adanya bahan atau zat yang berguna menurunkan tekanan darah tersebut. Misalnya dengan melatih daya tahan tubuh.

  1. Jarang sakit

Dengan melatih daya tahan tubuh akan berguna untuk anda. salah satunya adalah membuat diri anda semakin sehat dan jarang sakit. Dengan melatih daya tahan tubuh akan membuat energi anda tersalurkan secara benar dan positif. Sehingga kelelahan kelelahan yang di sebabkan olahraga yang bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubun itu berbeda. Kelelahan yang di timbulkan tersebut bisa sembuh meskipun hanya tidur dengan berkualitas walaupun hanya beberapa menit.

  1. Mengontrol berat badan

Biasanya yang menjadi masalah di sini adalah memiliki berat  badan yang lebih. Mereka banyak mengeluhkan sering merasa lelah, letih, lesu, dan cepat sakit. Mengapa? Sebab sistem kekebalan tubuh mereka juga rendah. Mereka jarang membiasakan untuk olahraga, sehingga kalori yang ada di tubuh yang mana bisa berubah menjadi otot untuk membantu aktivitas kita, malah berubah menjadi lemak. Hal ini semakin membuat tubh anda lebih terasa berat. itulah mengapa melatih daya tahan tubuh sangat di ajurkan bagi anda yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Dengan sering melakukan olah tubuh, akan membantu diri anda lebih mengontrol berat badan. Sering berolah raga akan membuat lemak lemak yang ada di dalam tubuh terbakar.

  1. Membuat anda semakin PD (Percaya Diri)

Memiliki tubuh ideal merupakan dambaan bagi siapa pun. Entah itu laki laki maupun perempuan. Seseorang yang sering melakukan kegiatan melatih daya tahan tubuh melalui olah raga juga akan terlihat nyata hasil perubahannya. Mereka akan terlihat lebih segar, lebih cerah, jarang cemberut, dan sebagainya. Dari situlah kepercayaan diri anda akan lahir. Semakin anda melatih sistem imunnitas anda, akan nampak secara tidak sengaja pada tubuh. Baik kulit, rambut, serta penampilan fisik anda akan tampak sempurna. Lalu bagaimana kepercayaan diri ini tidak muncul jika andalah satu satunya orang yang paling menawan?

Nah itulah berbagai manfaat melatih daya tahan tubuh bagi kesehatan, lalu bagaimana cara melatih daya tahan tubuh yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa rinciannya :

  • Biasakan minum air putih minimal 2 liter per hari
  • Konsumsi buah dan sayur setiap hari
  • Sering berolahraga
  • Biasakan bergerak aktif setiap hari.

Nah itulah berbagai manfaat melatih daya tahan tubuh dan caranya, semoga anda terlindungi dan tidak mudah sakit.

, ,
Post Date: Wednesday 11th, November 2015 / 06:19 Oleh :
Kategori : Kesehatan