18 Manfaat Mawar Merah Muda Untuk Kesehatan

Bunga mawar sudah lama menjadi simbol yang melambangkan cinta antara sepasang kekasih. Bunga mawar yang terkenal akan estetikanya ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bunga mawar mengandung senyawa yang baik untuk tubuh di antaranya vitamin B, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Selain itu, bunga mawar merah muda juga mengandung flavonoid, eugenol, nerol. feniletilakohol, geraniol, pektin, terpene, asam geranik, vanillin, plyphenol, karotenoid, farnesol, stearopten, tanin, omega 3 , dan omega 6. Apa saja manfaat bunga mawar merah muda bagi kesehatan Anda? Yuk kita simak.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tahukah Anda bunga mawar merah muda dapat membantu Anda yang sedang berdiet? Mawar merah muda mengandung zat yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan mendetoksifikasi tubuh secara alami. Kedua reaksi ini mampu membuat berat badan turun lebih cepat. Mawar merah muda juga bisa memberi efek mengenyangkan dan menekan nafsu makan Anda.

Caranya mudah, rebus 15 kelopak mawar merah muda dengan segelas air yang mendidih. Tunggu hingga air berubah menjadi kemerahan. Saring air rebusan lalu tunggu hinga dingin. Anda bisa meminumnya langsung atau menambahkan madu atau kayu manis ke dalamnya. Minum secara teratur di pagi hari dalam keadaan perut yang kosong. (baca juga: Manfaat Kuaci Biji Semangka)

2. Membantu meringankan gejala stress atau depresi

Manfaat mawar merah mampu menjaga tekanan pekerjaan membuat beban pikiran meninggi dan menimbulkan stress pada sebagian orang. Merasa gelisah sepanjang waktu, menjadi lebih sensitif, dan susah tidur adalah gejala jika Anda sedang mengalami stress. Untuk merilekskan pikiran, berendamlah di dalam air panas yang sudah ditaburi dengan mawar merah muda. Gunakan kelopak dari 10 tangkai mawar merah muda. Aroma yang dikeluarkan oleh bunga mawar bisa membuat pikiran Anda lebih tenang dan rileks.

3. Membantu Melancarkan Buang Air Besar

Bunga mawar merah muda mengandung zat yang mampu mendetoksifikasi tubuh secara alami. Kandungan serat dan air pada mawar merah muda mampu membantu membersihkan sistem pencernaan Anda dan mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Selain melancarkan buang air besar, mawah merah muda juga bisa menyembuhkan Anda dari penyakit wasir.

Ambil segenggam kelopak mawar merah muda, lalu tambahkan sekitar 50 ml air. Haluskan mawar hingga menyatu dengan air dan membentuk cairan kental. Minum di pagi dalam keadaan perut masih kosong hingga gejala susah buang air besar dan wasir mereda. (baca juga: Manfaat Kedondong)

Artikel lainnya:

4. Menyembuhkan Luka Meradang dan Membengkak Pada Kaki

Manfaat bunga mawar merah mampu menyembuhkan luka dan bengkak pada kaki. Bunga ini mampu bersifat sebagai anti inflamasi yang menenangkan bengkak pada kulit serta mempercepat proses penyembuhannya. Ambil kelopak dari setangkai mawar merah muda dan segenggam daun sembung. Rebus kedua bahan air ini dengan 2 gelas air (400 ml) hingga tersisa setengahnya saja. Minum ramuan ini secara rutin hingga bengkak mengecil dan hilang. (baca juga: Manfaat singkong rebus untuk diet)

5. Meredakan Mata Merah Akibat Iritasi


Mata adalah bagian tubuh yang sering terekspos polusi dan udara bebas. Debu dan bakteri yang tidak sengaja masuk ke dalam mata sering kali menyebabkan iritas hingga membuat mata memerah dan kadang bengkak. Bunga mawar merah muda mampu meredakan gejala iritasi mata secara alami. Hanya dengan meneteskan air bunga mawar merah muda pada mata. Gunakan air mawar yang alami agar mata Anda tidak menjadi semakin memerah. (baca juga: Manfaat Tebu Hitam)

6. Mencegah Hipertensi

Bunga mawar merah muda bermanfaat bagi Anda yang menderita darah tinggi. Air bunga mawar merah muda ternyata bisa melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh Anda, dan membantu mencegah gejala hipertensi atau darah tinggi. Caranya dengan mencampur air mawar merah muda dengan segelas air hangat. Minum setiap hari secara rutin untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

7. Mengatasi Batuk Kering

Bagi Anda yang menderita batu kering hingga membuat tenggorokan sakit, ada baiknya Anda mencoba pengobatan dengan mawar merah muda. Kali ini yang Anda butuhkan adalah kuntum bunga mawar merah muda yang sudah kering. Ambil gula batu secukupnya, lalu rebus kedua bahan hingga larut dan air menjadi kemerahan. Minum secara rutin setiap hari hingga batuk kering. (baca juga: Manfaat Daun Kelor Untuk Ibu Hamil)

8. Menguatkan Sistem Pencernaan

Bunga mawar merah muda tidak hanya mampu melancarkan buang air besar saja, tetapi sekaligus juga membersihkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatannya. Untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda, minum rebusan air mawar setiap pagi setelah bangun tidur. Tidak perlu membuat ramuan yang kental seperti ramuan pereda wasir, cukup rebus kelopak mawar merah muda dengan air hingga mendidih.

9. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut dan nafas yang tidak segar membuat kepercayaan diri menurun, terlebih ketika kita bertemu dengan orang lain. Bunga mawar merah muda bisa menghilangkan bau mulut yang tidak sedap dengan membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Rendam kelopak bunga mawar merah muda secukupnya dengan gula batu. Diamkan selama semalam, lalu minum keesokan harinya. (baca juga: Manfaat Buah Kiwano)

10. Mengatasi Nyeri Ketika Haid

Nyeri haid adalah gejala yang dirasakan hampir setiap wanita ketika datang bulan. Berbagai cara dilakukan wanita untuk mencegah dan menyembuhkan nyeri haid. Obat-obatan dan minuman yang dijual secara bebas mengandung banyak bahan kimia yang memberi efek samping tidak baik bagi tubuh. Coba perawatan secara alami dengan bunga mawar merah muda. Ambil segenggam kelopak mawar merah muda, 90 gr lidah buaya, dan 15 gr daun dewa. Rebus ketiga bahan dengan 500 ml air hingga mendidih hingga tersisa setengahnya saja. Minum campuran ini 2 kali sehari selama datang bulan.

Artikel lainnya:

11. Melancarkan Haid

Dengan khasiat yang dimiliki, mawar merah mampu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan sistem metabolisme dalam tubuh. Dengan demikian, haid Anda akan menjadi lancar dan teratur, serta Anda juga bisa terbebas dari nyeri haid setiap bulannya. (baca juga: Manfaat Daun Ciplukan Untuk Stroke)

12. Membantu Menjaga Kesehatan Area Intim

Selain bermanfaat bagi kecantikan kulit, mawar merah muda bisa merawat kesehatan miss V Anda. Mawar merah muda mengandung pH alami yang mampu menjaga keseimbangan pH pada miss V Anda. Gunakan air hangat yang sudah dicampur dengan kelopak mawar sebagai cairan pencuci miss V. Lakukan minimal tiga kali dalam seminggu. (baca juga: Manfaat daun suruhan)

13. Menyembuhkan Luka dan Penyakit Kulit

Sebagai salah satu bahan yang banyak digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit, bunga mawar merah muda memang memiliki segudang manfaat bagi kulit. Bukan hanya merawat kecantikannya saja, bunga mawar merah muda juga bisa menyembuhkan luka kulit dengan cepat. Haluskan kelopak mawar merah muda secukupnya, lalu bubuhkan pada luka di kulit Anda. Lakukan perawatan ini hingga luka mengering dan sembuh. (baca juga: Manfaat Daun Ciplukan Untuk Payudara)

14. Mengurangi Ketegangan Pada Syaraf

Sepert yang sudah dijelaskan di atas, mawar merah muda bisa memberikan efek relaksasi pada tubuh dan membantu meredakan stress. Selain manfaat tersebut, bunga mawar merah muda bisa membantu mengurangi ketegangan syaraf yang menyebabkan sakit kepala. Konsumsi air rebusan mawar secara rutin jika Anda sering mengalami sakit kepala. (baca juga: Manfaat ikan barakuda)

15. Membantu Mengatasi Kejang Pada Organ Tubuh


Senyawa yang dikandung oleh bunga mawar merah muda bisa berfungsi sebagai anti-spasmodik. Zat ini akan mengurangi ketegangan pada organ tubuh seperti usus, sistem pernafasan dan otot. Jika bagian-bagian tubuh ini mengejang maka akan menimbulkan sakit perut yang melilit serta kram otot. Minum kelopak bunga mawar yang telah direbus dengan segelas air lalu minum di pagi hari secara rutin. (baca juga: Manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan)

16. Membersihkan Saluran Kemih

Bunga mawar merah muda banyak diolah menjadi produk teh yang dapat diseduh. Teh mawar ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Meminum teh mawar merah muda secara teratur dapat membersihkan zat-zat beracun dari saluran kemih. Dengan demikian resiko penyakit kemih dan infeksi ginjal dapat ditekan serendah mungkin. (baca juga: Manfaat teh hijau bagi kesehatan)

17. Membantu Menyembuhkan Insomnia

Bagi Anda yang susah tidur di malam hari dan kebingungan cara menyembuhkannya, coba meminum teh mawar merah muda secara rutin. Air teh bunga mawar dapat menyembuhkan kelelahan yang Anda alami dan merelaksasi pikiran Anda sehingga Anda dapat tidur dengan nyenyak di malam hari. (baca juga: Manfaat vitamin biomega)

Baca juga: Manfaat yakult untuk diet

18. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Bunga mawar merah muda mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan membantu melancarkan sirkulasi darah. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh, mawar merah muda secara spesifik membantu meringankan kerja jantung. Aliran darah dari dan ke jantung menjadi lebih lancar, sehingga tidak hanya mengurangi resiko penyakit jantung saja, tetapi juga meredakan sakit kepala, sesak napas, dan ikfeksi ringan lainnya.

Demikianlah berbagai manfaat bunga mawar merah muda bagi kesehatan Anda. Perawatan kesehatan secara alami mampu mengurangi resiko efek samping akibat konsumsi obat kimia. Semoga bermafaat, ya! Share jika bermanfaat.

, , ,
Post Date: Monday 17th, July 2017 / 07:34 Oleh :
Kategori : Tumbuhan