7 Manfaat Buah Markisa Merah

Buah markisa biasanya memiliki beragam warna dan yang paling umum yaitu markisa berwarna kuning. Markisa merah merupakan salah satu jenis dari markisa yang memiliki buah berwarna merah gelap atau merah maroon markisa asam berwarna merah dapat beradaptasi dan hidup didaerah dataran rendah dengan iklim tropis.

Markisa merah bisa sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan dapat digunakan untuk tanaman hias dipekarangan karena karakteristik pohon markisa ini seperti semak yang pohonnya tumbuh menjalar dengan ciri daun menjari. Ukuran daun pada markisa merah agak berbeda dengan markisa ungu yaitu daun markisa merah agak lebih lebar dan tebal.

Markisa merah memiliki keadaan kulit buah berwarna hijau saat muda dan memiliki kulit yang agak tebal, akan tetapi seiring pertumbuhannya kulit buah markisa merah akan berubah perlahan menjadi merah maroon dengan tambahan bintik putih.

Manfaat Markisa Merah bagi kesehatan tubuh

1. Memberikan rasa segar

Markisa merah memiliki rasa yang manis agak ke asam sehingga dapat menghilangkan rasa haus dan menyegarkan tenggorokan saat dikonsumsi. Buah markisa merah bisa didapatkan di pasar dengan mudah serta dapat diolah menjadi jus dengan paduan buah yang lain. Selain diolah menjadi jus atau sirup buah  efek menyegarkan dari markisa dapat dirasakan dengan mengolah markisa sebagai bahan dalam puding buah.

2. Sumber nutrisi

salah satu manfaat terbesar dari buah markisa merah yaitu menjadi sumber nutrisi. Markisa merah yang memiliki karakteristik asam memiliki kandungan Manfaat vitamin C yang baik. Selain itu buah markisa merah memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, kalium sendiri memiliki manfaat yang besar yaitu untuk kesehatan jantung dan kelancaran sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga mengkonsumsi buah markisa bisa menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Tidak hanya vitamin C nutrisi yang dikandung oleh buah markisa merah yaitu mengandung serat sekitar 12,8%,  kalsium, dan zat besi.

artikel terakit : manfaat kalium – manfaat serat – manfaat zat besi

3. Membantu meningkatkan imunitas tubuh

buah markisa merah yang kaya akan nutrisi dan vitamin C yang terkandung dapat membantu tubuh untuk meningkatkan imunitas agar tubuh tidak gampang sakit. Imunitas atau bisa juga disebut kekebalan sangat berperan penting untuk mewujudkan tubuh yang sehat bugar dan terhindar dari penyakit.

4.  Memiliki kandungan antioksidan

Buah markisa juga memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik sehingga buah markisa dapat berperan sebagai sumber antioksidan alami yang dapat mengeluarkan racun didalam tubuh.

Baca juga :

5. Berguna untuk kesehatan pencernaan

Buah markisa merah yang kaya nutrisi juga memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Markisa merah dapat digunakan sebagai stimultan untuk pencernaan yang mengalami gangguan dan dapat digunakan sebagai obat terapi untuk kanker lambung.

baca juga yang baik untuk pencernaan :


6. Memiliki efek penenang

jus markisa yang mengandung banyak nutrisi memiliki kemampuan untuk digunakan menjadi bahan makanan yang bertujuan untuk mendapat efek menenangkan atau relaks serta pada pengolahan tradisional daun markisa juga dapat diolah menjadi bahan dari obat penenang.

7. Untuk tanaman hias pekarangan

selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh buah markisa merah juga memiliki manfaat tanaman hias sebagai tumbuhan untuk ditanam disekitar pekarangan. manfaat yang bisa diperoleh dari menanam markisa adalah sebagai berikut

Sebagai tanaman hias fungsional. Menanam Markisa dipekarangan merupakan salah satu pilihan yang baik untuk menghias area pekarangan. Ada dua cara penanaman markisa merah yaitu dengan metode biji dan metode stek batang kedua metode ini dapat diaplikasikan dengan mudah. Pada metode biji siapkan biji dari buah markisa merah yang telang matang, untuk metode stek batang siapkan tumbuna markisa merah dewasa. Media penanaman bisa langsung di tanam pada tanah pekarnagan maupun menggunakan media khusus untuk menumbuhkan bibit dulu kemudian dipindah ke pekarnagan. Tanaman markisa merah bisa tumbuh cepat dan lebat dengan perawatan yang baik sehingga dapat menguntungkan.

Tanaman markisa aman ditanam disekitar rumah karena tidak akan tumbuh menjulang yang bisa membahayakan daerah tempat tinggal ketika ada angin kencang sebab tanaman markisa tumbuh menjalar dengan tangkai bersulur. Menanam Markisa merah juga bisa dikatakan fungsional karena ketika buah markisa yang ditanam telah berbuah maka anda dapat menikmati buahnya untuk markisa merah memiliki kemampuan berbuah cukup lebat.

, ,
Post Date: Wednesday 08th, March 2017 / 08:13 Oleh :
Kategori : Buah Buahan