Manfaat Mangga Podang Bagi Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal buah mangga? buah manis yang satu ini  digemari oleh banyak orang karena rasanya yang segar, manis, dan lezat. Buah mangga memiliki banyak sekali jenis-jenis nya di pasaran, salah satunya yaitu mangga podang. Jenis mangga yang satu ini hanya dapat anda temukan di kawasan lereng pegunungan willis. Setidaknya sekitar 5 kecamatan yang berada dalam kawasan tersebut menjadi penghasil mangga podan terbesar seperti kecamatan semen, mojo, grogol, banyakan, dan tarokan. Dalam masa panen nya, kecamatan-kecamatan ini dapat menghasilkan panen yang cukup banyak. Misalnya saja pada kecamatan banyakan yang memiliki 15 ribu pohon mangga ini dapat menghasilkan hingga 20-40 kg dalam setiap pohonnya. Sehingga dalam masa panen, kecamatan banyakan dapat menghasilkan sekitar 600 ton buah mangga podang.

baca juga:

Selain itu, mangga podang juga memiliki karakteristik yang berbeda dibandingkan dengan buah mangga lainnya. Jika tanaman mangga lainnya membutuhkan jumlah air yang cukup banyak untuk dapat hidup subur, hal ini berbeda dibandingkan mangga podang. Mangga podang malah dapat tumbuh subur dan lebat ketika sinar matahari dalam keadaan yang terik. Jika tanaman mangga podang terlalu banyak menerima pasokan air, malah akan membuat tanaman menjadi busuk dan mati. Sehingga sudah menjadi siklus bila masa panen mangga podang ini selalu dilakukan ketika musim kemarau. (baca juga: Manfaat Akar Bahar Hitam , Manfaat Mangga Manalagi)

Karena keunikan dari buah mangga podang ini, pemerintah Kediri menjadikan buah mangga podang sebagai salah satu buah khas dari Kota Kediri. Bahkan kini mangga podang juga dipamerkan ke beberapa negara. Beberapa negara-negara tetangga seperti Singapura, Jepang, dan Korea memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi terhadap buah ini.  (baca juga: manfaat cabe hitam , Manfaat Mangga Muda)

Terdapat tiga jenis varitetas dari mangga podang yang berasal dari kediri ini, antara lain adalah:

  • Mangga podang urang, mangga podang ini memiliki kulit yang berwarna merah jingga serta rasanya yang manis dan segar.
  • Mangga podang nanas, jenis mangga podang ini memiliki kulit berwarna kuning dengan rasa buahnya yang manis sedikit keasaman.
  • Mangga podang lumut, jenis mangga podang ini memiliki warna kulit kuning kehijauan dan buahnya yang manis dan sedikit masam.

(Baca Juga: Manfaat Mangga Gedong , Manfaat Daun Mangga Untuk Diabetes)

Namun dari ketiga jenis mangga diatas, mangga podang urang merupakan jenis mangga podang yang memiliki tampilan menarik dan rasa buahnya yang enak. Ciri khas mangga podang urang dapat terlihat jelas pada daging nya yang berwarna jingga, aroma nya yang tajam, dan ukuran buahnya yang tidak terlalu besar. Sehingga permintaan pasar terhadap mangga ini cukup tinggi. Selain dapat dimakan langsung, buah mangga podang juga dapat diolah dalam bentuk jus, jelly, puding, dan masih banyak lainnya. (Baca juga:  Manfaat Jus Mangga , Manfaat Mangga Harum Manis)


Manfaat Mangga Podang Untuk Kesehatan

Namun dibalik ciri khas yang unik serta rasanya yang lezat, buah mangga podang memiliki manfaat kesehatan yang mungkin belum banyak orang ketahui. Mangga podang memiliki kandungan beta crytoxanthin. Kandungan ini dipercaya sebagai salah satu penumpas kanker di dalam tubuh. Kandungan antioksidan di dalam mangga juga cukup tinggi, sehingga dapat menurunkan resiko penyebaran kanker. Antioksidan memang sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kanker. Selain itu kandungan lainnya seperti fenol, vitamin C, serta enzim di dalam buah mangga bersifat anti karsiogenik yang tinggi sehingga dapat menjaga tubuh dari resiko kerusakan yang diakibatkan sel-sel kanker. (Baca Juga: Manfaat Suntik Vitamin C , Manfaat Folic Acid)

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari mangga podang adalah dapat menjaga sistem pencernaan tubuh serta menjaga tingkat kolestrol jahat di dalam tubuh tetap normal. Hal ini dikarenakan kandungan serat dalam buah mangga podang cukup tinggi sekitar 7 gram setiap buahnya. Efek dari penurunan kadar kolestrol jahat ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk tubuh. Kolestrol jahat di dalam tubuh dapat membuat munculnya berbagai penyakit berbahaya seperti jantung dan tekanan darah tinggi. (baca juga: Manfaat Paprika Hijau , Manfaat Paprika Kuning)

Buah mangga podang juga sangat aman bila anda konsumsi secara rutin. Bila diberbagai kasus masih terdapat gangguan tenggorokan dan batuk setelah memakan mangga. Namun untuk mangga podang, jarang ditemukan efek-efek seperti itu. Nah itu tadi penjelasan mengenai mangga podang serta manfaatnya dalam bidang kesehatan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda. (baca juga: Manfaat Susu Campur Mentega , Manfaat Kulit Mangga)

, , , ,
Post Date: Thursday 23rd, March 2017 / 00:40 Oleh :
Kategori : Buah Buahan