Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Mandi Air Panas Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Masih tentang mandi merupakan salah satu kewajiban bagi setiap orang untuk membersihkan diri setelah seharian melakukan aktifitas. Dengan mandi tubuhpun juga akan menjadi lebih segar dan harum serta terhindar dari gatal – gatal dan masalah kulit lainnya. Mandi dilakukan maksimal sebanyak tiga kali dalam sehari. Namun mandi dengan air hangat tentu tidak semua orang pernah mencoba. Dan rutinnya seseorang mandi menggunakan air hangat juga berbeda antara setiap orang. Ternyata beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mandi dengan menggunakan air hangat memiliki manfaat di bidang kesehatan antara lain adalah :

1. Membersihkan tubuh secara keseluruhan

Tahukan kamu bahwa ternyata mandi dengan air hangat akan membuka seluruh pori – pori yang terdapat pada kulit kamu. Dengan dengan demikian semua kotoran akan keluar melalui pelebaran pori – pori karena air hangat. Sehingga pembersihan tubuh yang dilakukan dapat berjalan maksimal dan sesuai dengan keinginan kamu. Dan setelah selesai mandi ada baiknya menyiram tubuh dengan beberapa kali siraman untuk menutup kembali pori – pori yang terbuka tadi dengan menggunakan air yang dingin. Air dingin berfungsi untuk mengecilkan kembali ukuran pori – prori pada kulit.

Artikel terkait :

2. Melancarkan peredaran darah

Sirkulasi peredaran darah di dalam tubuh haruslah lancar karena ini berguna untuk mengoptimalkan kinerja dari setiap organ – organ di dalam tubuh untuk berfungsi sebagaimana mestinya. Begitu pentingnya peredaran darah sehingga jika terganggu saja akan mempengaruhi kesehatan seseorang. Dan manfaat mandi air panas adalah melancarkan peredaran darah. Terutama peredaran darah menuju keotak. Karena jika otak mengalami kekurangan darah makan bisa dipastikan anda akan terserang migrain.

Artikel terkait :

3. Meredakan demam

Demam bisa menyerang siapa saja termasuk orang dewasa dan anak – anak. Demam terjadi karena cuaca yang tidak menentu sehingga langsung menyerang sistem kekebalan tubuh. Dan untuk meredakan demam dapat diatasi dengan meredakan demam menggunakan air yang hangat. Air hangat berfungsi untuk menurunkan kondisi panas tubuh dan pilek yang menyerang tubuh secara keseluruhan. Jadi cobalah untuk meredakan demam salah satunya dengan mandi menggunakan air hangat.

Artikel terkait :

4. Menghilangkan stres

Stres dapat terjadi karena banyaknya kegiatan yang dilakukan sehari – hari dan jadwal pekerjaan yang banyak sehingga anda mudah mengalami stres. Sedangkan untuk stres umumnya banyak dialami oleh pekerja kantoran yang di buru – buru jadwal kegiatan. Cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah dengan mandi menggunakan air yang hangat dan suasana yang lebih tenang untuk berdiam diri.

Artikel terkait :

sponsored links

5. Diabetes

Penyakit diabetes merupakan masalah yang terjadi karena kadar gula dalam darah yang naik dalam tubuh sehingga menimbulkan komplikasi bagi tubuh. Diabetes dapat terjadi karena faktor keturunan yang mana resiko untuk terkena diabetes lebih beresiko bagi yang memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena diabetes. Dan salah satu fakta terbaru yang ditemukan adalah diabetes dapat diatasi dengan mandi menggunakan air hangat yang mana air hangat berfungsi untuk menurunkan kadar gula dalam darah menjadi lebih seimbang.

Artikel terkait :

6. Menyehatkan jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital yang berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh. Jantung yang sehat membuat badan lebih segar dan buagar setiap harinya. Namun tahukah kamu bahwa bukan hanya dengan melakukan olahraga saja badan menjadi segar namun juga dengan manfaat mandi air panas jantung ikut sehat. Ini karena air panas melancarkan sirkulasi dari peredaran darah di dalam tubuh.

7. Menghilangkan insomnia

Insomnia adalah masalah kesehatan yang sulit untuk tidur pada malam hari. Pada umumnya tubuh memang memerlukan istirahat untuk menjalankan aktifitas pada besok harinya. Namun bagi penderita insomnia untuk menidrukan diri sangatlah sulit jadi mereka lebih banyak memilih untuk begadang. Jika dibiarkan terus menerus ini akan menganggu kesehatan dalam jangka waktu yang lama. Salah satu cara yang murah untuk mengatasi insomnia adlah dengan mandi air hangat sebelumnya. Mandi dengan tenang dan nikmati setiap air yang meresap kekulit agar bermanfaat untuk  tubuh

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat yang di dapat dengan melakukan mandi air panas. Namun mandi air panas juga tidak dianjurkan setiap hari. Baiknya mandi air panas dilakukan saat kondisi anda memang membutuhkan untuk mandi air panas.

Dampak Negatif Mandi Air Panas

Ternyata di balik manfaat mandi air panas jika melakukannya terlalu sering juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Berikut ini ulasan mengenai dampak negatif mandi air panas terlalu sering adalah sebagai berikut :

1. Mudah timbulnya jerawat

Mandi air panas memang membuat pori – pori kulit terbuka namun jika dibiarkan terlalu lama pori yang terbuka memudahkan kotoran masuk sehingga menimbulkan jerawat. Ini terjadi jika sesudah mandi air panas tidak di siram dengan air dingin.

2. Menurunkan produksi sperma

Bagi pria mandi dengan air hangat juga ikut mempengaruhi jumlah sel sperma karena air hangat mematikan sperma sehingga menganggu sistem reproduksi.  Karena menurut penelitian sperma baik diproduksi dengan cuaca yang dingin dan air yang dingin. Itulah sebabnya banyak yang memperingatkan agar tidak mandi dengan air yang panas terlalu sering karena dampak negatif yang bisa ditimbulkannya.

3. Tidak baik ibu hamil

Air panas yang digunakan untuk mandi juga tidak baik untuk ibu hamil karena akan menganggu kesehatan dari janin. Saat hamil anda dilarang untuk melakukan tindakan yang justru membahayakan janin yang ada di dalam kandungan. Karena saat hamil anda tidak hanay menjaga kondisi tubuh anda namun juga janin yang ada di dalam tubuh. Namun kondisi air hangat yang digunakan ibu hamil jika tidak terlalu panas juga tidak terlalu membahayakan. Jadi jika ibu hamil ingin mandi dengan air panas tidak perlu setiap hari cukup seperlunya saja. Pastika ibu hamil juga mengikuti langkah – langkah tips untuk mandi air hangat agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kehamilannya.

4. Kulit kering

Jika mandi dengan air hangat yang terlalu sering juga tidak baik untuk kulit karena dapat membuat kulit menjadi kering. Oleh sebab itu dilarang untuk mandi menggunakan air panas yang terlalu sering karena dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit. Ini disebabkan karena jaringan lapisan lemak yang ada di kulit tersiram dengan air yang panas.

5. Kurang bersemangat

Mandi memang bertujuan untuk menambah semangat dalam menjalankan kegiatan sehari – hari. Namun mandi dengan air hangat juga memberikan dampak yang negatif bagi tubuh anda dalam kesehatan fisik. Mandi air hangat dampak negatif nya adalah menjadikan anda kurang bersemangat dalam menjalankan hari – hari jika anda melakukannya terlalu sering. Adapun untuk menambah semamgat baiknya tidak terlalu sering mandi dengan air yang hangat. Karena mandi yang terlalu sering memang tidak baik untuk kesehatan.

Memang itulah dampak yang didapat jika mandi menggunakan air yang hangat oleh sebab itu banyak yang menganjurkan jika mandi air hangat cukup 2 kali sebulan saja. Karena segala hal ayng terlalu berlebihan memang tidak baik pada akhirnya.

Tips  Mandi Air Hangat

Mandi air hangat juga ada berikut tips yang perlu anda lakukan agar mandi air hangat manfaatnya lebih terasa dalam kehidupan sehari – hari. Berikut ini ulasan tentang tips mandi air hangat yaitu :

  • Gunakan air yang tidak terlalu panas dengan suhu yang digunakan berkisar antara 40 – 50 derajat celcius.
  • Cek air mandi agar tidak terlalu panas dengan cara mencelupkan tangan dan rasakan apakah kulit terasa nyaman saat memasukan tangan ke dalam air. Jika terasa nyaman maka bisa dilanjutkan dengan mandi.
  • Sebelum menyiram seluruh badan dengan menggunakan air yang hangat mulailah dengan air dingin terlebih dahulu sedikit demi sedikit baru kemudian di siram dengan air yang hangat.
  • Janga lakukan setiap hari karena dapat mengurangi kelembapan kulit karena lapisan minyak yang terkena air hangat dapat menghilangkan kelembapan alami dari wajah.

Itulah beberapa tips sebelum anda menguyur badan anda dengan air panas yang sesuai dengan kepekaan kulit yang anda miliki.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 30th, September 2016 / 07:48 Oleh :
Kategori : Kesehatan