10 Manfaat Mandi Air Garam Bagi Tubuh

Untuk mendapatkan tubuh sehat dan tidak terkena penyakit dari bakteri dan virus, dianjurkan untuk mandi 2x dalam sehari. Mandi dapat membersihkan diri dari kuman yang menempel setelah seharian beraktivitas maupun hekdak akan melakukan aktivitas. Mandi biasanya menggunakan air dingin biasa dan air hangat apabila merasa kedinginan dan menggunakan sabun sebagai pembersihnya. Tapi , pernahkan medengar tentang mandi air garam? Mandi air garam sama seperti dengan mandi dengan air biasa, hanya saja air yang digunakan adalah air hangat yang kemudian ditambahkan garam. Mandi dengan air garam dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

artikel terkait:

Mandi Dengan Air Garam

Mandi dengan air hangat saja sudah membuat tubuh merasa rileks dibandingkan dengan air dingin. Menambahkan garam pada air hangat yang digunakan untu mandi, tidak hanya dapat menjadikan tubuh rileks, namun juga terdapat beberapa manfaat untuk kesehatan di dalamnya. Beberapa manfaat mandi air garam diantaranya:

  1. Menghilangkan Rasa lelah

Ketika seharian melakukan banyak aktivitas, tubuh pasti akan merasa lelah. Untuk menghilangkan rasa lelah yang terjadi dapat dilakukan dengan mandi air garam. Mandi menggunakan air garam dapat membantu meningkatkan sirkulasi dalam tubuh. Sirkulasi darah yang lancar dapat bermanfaat untuk mengendorkan otot yang tegang , dengan begitu rasa lelah yang terjadi dapat seketika hilang dan tubuh menjadi lebih nyaman kembali.

artikel terkait: manfaat garam inggris

  1. Membersihkan Kulit

Air garam sendiri memiliki kandungan yang dapat membuat kulit menjadi sehat karena memiliki nutrisi di dalamnya. Mandi dengan air garam dapat membantu membersihkan kulit secara alami dengan mengeluarkan racun dari dalam kulit, sehingga kulit menjadi lebih bersih dan lebih sehat. Kulit tidak hanya bersih, tapi juga dapat terhindar dari jerawat dan bakteri yang menempel.

artikel terkait: manfaat kumur air garam saat sakit gigi

  1. Mengatasi Masalah Kulit

Seperti dalam membersihkan kulit, air garam memiliki berbagai nutrisi yang mampu mengatasi masalah kulit dari serangan bakteri dan kuman yang menempel pada kulit dengan mengelupas kulit yang tidak sehat. Beberapa masalah kulit yang dapat diatasi dengan mandi air garam yakni gatal-gatal, kulit berkoreng dan beberapa masalah kulit lainnya. Pada wajah, air garam dapat membantu mengurangi kondisi rosacea.

artikel terkait: 39 manfaat garam dalam berbagai bidang

  1. Membuat Badan Terasa Rileks

Menggunakan air garam untuk mandi dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Jika sirkulasi darah lancar, tidak hanya menghilangkan rasa lelah karena otot mengendor, tetapi juga akan menjadikan badan terasa rileks. Tubuh menjadi rileks karena aliran darah ke seleuruh tubuh, terutama otak menjadi lancar. Mandi air garam juga dapat dilakukan dengan menambahkan beberapa aromaterapi seperti lavender, jeruk dan beberapa wewangian lain agar pikiran menjadi fresh ketika mandi dan setelahnya.

artikel terkait: manfaat minum cuka apel

  1. Mengatasi Insomnia

Nutrisi yang terkandung dalam air garam memiliki manfaat untuk membuat tubuh rileks. Tubuh yang rileks akan berpengaruh terhadap kenyamanan badan terlebih ketika sedang tidur. Dengan tubuh yang rileks, tidur akan semakin nyenyak dan pulas. Sehingga ketika bangun tidur, tubuh menjadi lebih vit dan siap melakukan berbagai aktvitas dengan nyaman.

  1. Menghilangkan Kotoran dan Keringat Pada Tubuh

Mandi dengan air garam dapat menyingkirkan kotoran dari tubuh dengan lebih baik dibandingkan dengan mandi dengan air biasa. Kandungan mineral garam mampu menghilangkan kotoran dengan cepat. Selain kotoran, mandi dengan air garamjuga dapat mengatasi masalah keringat berlebih yang dapat menyebabkan iritasi dan bau badan yang kurang sedap. Untuk itu, mandi dengan air garam dapat menghilangkan masalah bau badan dan terhindar dari iritasi pada kulit.

artikel terkait: manfaat mandi air laut di pagi hari

  1. Mengatasi Nyeri

Tidak hanya mengendorkna otot saja, mandi dengan air garam juga dapat menghilangkan nyeri otot dan nyeri sendi. Mandi dengan air garam dapat membantu relaksasi otot. Kandungan amgnesium dan kandungan mineral lain dalam air garam dapat diserap melalui kulit dan mengatasi masalah otot dan beberapa jaringan lunak pada tubuh. Mineral yang diserap melalui kulit, dapat bekerja membentengi tulang dan kulit serta jaringan ikat yang dapat mengatasi nyeri tubuh.

artikel terkait: manfaat mandi kembang

  1. Membantu Kulit Menyerap Mineral

Dibandingkan dengan menyerap mineral yang masuk melalui mulut, kulit akan lebih mudah untuk menyerap langsung mineral melalui proses dermal. Kulit lebih mudah menyerap mneral dari air dengan cara mandi dengan air yang mengandung mineral. Mandi dengan air garam juga bagus untuk bersantai dan menanamkan kuit dengan mineral dan hidrasi yang terkandung dalam air garam. Untuk mendapatkan hasil penyerapan yang lebih bagus, jenis garam yang digunakan bisa berupa garam merah muda yang berasal dari himalaya. Karena, di dalam garam merah muda tersebut, terdapat lebih banyak kandungan mineral yang dapat diserap oleh tubuh dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

artikel terkait: manfaat air laut untuk kulit

  1. Dapat Digunakan Untuk Detoksifikasi

Mandi dengan air hangat sangat disukai oleh tubuh karena suhu pada air sama dengan suhu tubuh, terlebih dengan tambahan garam pada air hangat tersebut. Selain disukai tubuh, mandi dengan air hangat dicampur dengan garam dapat melawan racun yang ada di dalam tubuh. Garam dapat menjadi solusi ionik jika sudah dilarutkan dalam air hangat dan dapat mengeluarkan racun dari dalam kulit dan jaringan lemak dengan menarik racun tersebut. Keluarny racun, atau detoksifikasi ini dapat menjadikan tubuh menjadi segar dan menambah energi untuk melakukan berbagai aktivitas.

  1. Menjadikan Tubuh Lebih Kuat

Mineral pada garam baik untuk menjaga kesehatan tulang dan jaringan ikat menjadi lebih kuat. Selain itu, mandi dengan air garam juga mampu melakukan regenerasi otot dan melancarkan sirkulasi darah. Regenerasi otot dan lancarnya sirkulasi darah dapat menjadikan tubuh menjadi lebih kuat menghadapi ekstremitas dingin, mengatasi arthritis dan kelelahan mental yang terjadi.

artikel terkait: manfaat tahu sumedang

Jika tidak sepat melakukan mandi dengan air garam, yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress akibat kelelahan dapat dilakukan dengan merendam kaki dengan air garam. Melalui ujung saraf, kandungan mineral garam dalam air hangat dapat menjadikan tubuh menjadi rileks dan rasa lelah dapat terkurangi. Merendam kaki dengan air garam juga dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan seperti flu, dan masalah pada tenggorokan.

Sesekali lakukan mandi air garam untuk memanjakan tubuh di waktu luang. Meskipun hanya terkesan mandi, namun mandi dengan air garam dapat dijadikan sebagai alat bantu terapi untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan pada tubuh.

,
Post Date: Wednesday 15th, February 2017 / 14:34 Oleh :
Kategori : Kesehatan