Sponsors Link

16 Manfaat Makanan Manis Bagi Otak

Sponsors Link

Di dunia ini ada banyak orang yang tidak begitu menyukai makanan manis. Makanan manis biasanya identik dengan kadar gula yang tinggi. Oleh Karena itu, banyak masyarakat menghindarinya. Begitu juga dengan orang yang sedang melakukan latihan untuk menurunkan berat badan. Makanan manis juga tentunya dihindari dari anak-anak, meskipun sesungguhnya anak-anak tersebut sangat menyukai makanan yang manis. Untuk daerah Jawa sendiri, banyak penjual yang menjual berbagai macam makanan manis. Hal ini tentunya memudahkan orang yang suka mengkonsumsi makanan manis dan merugikan orang yang membencinya. Terlebih lagi jika penjual di lokasi rumahnya cenderung menjual makanan yang manis.

ads

Untu beberapa orang, makanan manis memang kerap dijadikan makanan yang pantang untuk disantap. Salah satu dari sekian banyak orang tersebut adalah penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena penderita diabetes memiliki kadar gula yang cukup tinggi sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan dirinya apabila terus-terusan mengkonsumsi makanan manis. Seperti yang kita ketahui bahwa nasi adalah salah satu makanan yang mengandung gula. Oleh karena itu, para penderita diabetes dialihkan makanan pokoknya ke nasi merah yang kadar gulanya lebih rendah. Nasi merah juga banyak ditemukan di lingkungan orang-orang yang sedang dalam program diet. Untuk memperdalam informasi Anda mengenai manfaat makanan manis terutama bagi otak, artikel ini akan memaparkannya.

1. Mengontrol Tekanan Darah

Tekanan darah biasanya berhubungan dengan ginjal dan sistem yang berada di dalamnya. Adanya kadar gula yang ditemukan di darah juga dapat dipengaruhi oleh ginjal. Sebenarnya mengkonsumsi makanan manis tidaklah dilarang apabila dengan kadar yang sesuai. Dengan tekanan darah yang terkontrol dapat berakibat baik pada otak dan sistem saraf di dalamnya. Orang yang tekanan darahnya terkontrol tentunya memiliki daya pikir yang baik pula. (baca juga: Manfaat Permen Karet)

2. Memperkecil Kemungkinan Penyusutan Otak yang Drastis

Penyusutan otak adalah salah satu hal yang memang harus dihindari. Perlu untuk Anda ketahui bahwa penyusutan otak juga dapat dipengaruhi oleh makanan yang Anda konsumsi. Salah satu makanan yang berpengaruh akan hal tersebut adalah makanan manis. Apabila dikonsumsi dengan kadar yang tepat maka tidaklah menjadi masalah. Akan tetapi, jika Anda mengkonsumsinya dalam batas tidak wajar, maka dapat dikhawatirkan permasalahan dapat merembes ke penyusutan otak.

3. Rileksasi

Pernahkah Anda mendengar sebuah saran yang berkata untuk memberikan coklat kepada sesorang yang sedang bersedih? Coklat juga diketahu sebagai sumber makanan manis. Oleh karena itu, jika Anda sedang memiliki permasalahan yang berat, konsumsilah coklat atau makanan manis lainnya. (baca juga: Manfaat Pisang Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit)

4. Kecerdasan

Selain adanya pengaruh dari gen, faktor kecerdasan pada seseorang juga dipengaruhi oleh makanan sehari-harinya. Baru-baru ini diketahui bahwa makanan yang manis sangat baik bagi kecerdasan seseorang. Hal ini juga tentunya berkaitan dengan poin sebelumnya, yakni rileksasi dimana Anda juga dimungkinkan untuk memiliki pemikiran yang cerdas. (baca juga: Manfaat Ikan Dori)

5. Meningkatkan Aliran Darah

Selain keempat manfaat mengkonsumsi makanan manis bagi otak di atas, manfaat kelima adalah meningkatkan aliran darah ke otak. Kita menyadari bahwa otak memiliki kebutuhan layaknya organ tubuh yang lainnya. Otak memerlukan asupan yang tepat untuk bekerja dengan maksimal. Kemaksimalan otak dalam bekerja juga dipengaruhi oleh aliran darah. Dengan mengkonsumsi makanan manis, maka problema tersebut bukan lagi menjadi masalah untuk Anda. (baca juga: Manfaat Kacang Almond)

6. Daya Ingat

Sponsors Link

Apakah Anda salah satu orang yang memiliki daya ingat yang rendah? Sulit untuk Anda untuk mengingat pelajaran yang telah diterangkan oleh guru Anda? Salah satu alternative yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan manis. Studi penelitian membuktikan bahwa daya ingat seseorang yang memiliki kandungan makanan manis yang tepat pada tubuhnya, memiliki daya ingat yang bersaing. Itulah sebabnya Anda direkomendasikan untuk mengkonsumsi makanan manis. (baca juga: Manfaat Coklat)

7. Meningkatkan Kewaspadaan

Kewaspadaan juga dapat ditingkatkan dengan cara mengkonsumsi makanan manis. Hal ini disebabkan oleh manfaat makanan manis yang memang dapat merileksasi otak manusia. Inilah yang memampukan otak untuk meningkatkan kewaspadaannya terhadap perubahan yang mungkin terjadi kapan saja.

Baca juga:

8. Sebagai Bahan Bakar

ads

Segala sesuatu yang bekerja, tentunya membutuhkan bahan bakar untuk menyelesaikan pekerjaannya. Baik kendaraan maupun tubuh manusia. Dalam sistem yang terdapat di dalam tubuh, otak memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan sistem tersebut. Bahan bakar yang dibutuhkan otak, salah satunya adalah makanan manis. Oleh karena itu, sebelum berangkat bekerja atau melakukan aktivitas rutin lainnya, sarapanlah terlebih dahulu. Hal ini sangat baik bagi kemampuan otak Anda.

9. Meningkatkan Konsentrasi

Peningkatan konsentrasi juga dapat Anda terima dengan mengkonsumsi makanan manis. Performa otak seseorang terkait konsentrasi sangat dipengaruhi oleh cukup tidaknya energi yang dipenuhi untuk otaknya. Inilah yang menyebabkan anak-anak yang tidak terlebih dahulu sarapan di rumah memiliki performa konsentrasi yang lebih rendah dari yang sebenarnya dapat dia lakukan. (baca juga: Manfaat Gula Aren)

10. Berkaitan dengan Mental

Mental seseorang juga dipengaruhi oleh daya otak yang dimilikinya. Jika seseorang memiliki daya otak yang rendah, maka mentalnya juga lambat laun terpengaruh akan hal tersebut. (baca juga: Manfaat Kayu Manis)

11. Peningkatan Kognitif

Peningkatan kognitif tentunya salah satu hal yang diinginkan oleh orang-orang terlebih lagi pada anaknya yang sedang berada di bangku sekolah. Hal ini dapat Anda peroleh dengan mengkonsumsi makanan manis. Makanan manis yang direkomendasikan untuk Anda adalah kacang-kacangan juga coklat.

12. Menjalankan Sel Otak

Otak memiliki berbagai macam sel yang menunggu asupan gizi setiap harinya. Sel-sel inilah yang nantinya akan membantu Anda untuk melaksanakan kerja otak, baik itu dalam konsentrasi maupun daya ingat. Oleh karena itu, konsumsilah makanan manis untuk meningkatkan dan menjalankan sel-sel otak Anda. Salah satu makanan tersebut adalah alpukat. Alpukat memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya dalam kesehatan termasuk pada otak. (baca juga: Manfaat Sarapan Pagi)

13. Meningkatkan Respon Otak

Respon otak kerap dibutuhkan dalam berbagai macam kondisi dan permasalahan. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum menyadari hal tersebut. Akibatnya, respon otak mereka dalam memberikan solusi untuk permasalahan menjadi lebih lamban. Hal ini juga berkaitan erat dengan faktor kognitif yang dimilikinya. Oleh karena itu, penuhilah asupan makanan manis Anda. (baca juga: Manfaat Apel)

14. Memenuhi Kebutuhan Otak

Manfaat makanan manis yang selanjutnya adalah memenuhi kebutuhan otak. Sering sekali, Anda malas untuk mengkonsumsi atau memberikan asupan kepada tubuh Anda terlalu banyak. Sesekali, siasatilah hal tersebut dengan mengkonsumsi makanan manis. Jangan lupa untuk menyeimbangkannya dengan air mineral.

Baca juga:

Sponsors Link

15. Mengendalikan Emosi

Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki permasalahan dalam mengendalikan emosi, tentulah sangat tidak baik. Apalagi jika Anda adalah salah seorang yang berperan penting dalam pengambilan keputusan di kantor Anda. Anda dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi makanan manis. Pengendalian emosi yang dapat diterima dengan mengkonsumsi makanan manis juga berkaitan dengan faktor kecerdasan otaknya. (baca juga: Manfaat Teh Manis Hangat Bagi Tubuh)

16. Melindungi Otak

Perlindungan bagi otak juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan manis. Biasanya, kerusakan yang diterima oleh otak berhubungan dengan pola makan yang Anda terapkan. Selain itu kondisi lingkungan juga ternyata sangat berpengaruh. Salah satu kondisi lingkungan yang sangat tidak baik untuk kesehatan otak adalah lingkungan yang berpolusi dan memiliki kadar radikal bebas yang tinggi. Akan tetapi, masalah ini dapat Anda atasi dengan mengkonsumsi blueberries. Blueberries merupakan salah satu makanan manis yang baik untuk ketahanan otak Anda dalam menangani radikal bebas.

Demikian informasi mengenai manfaaat makanan manis bagi otak. Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda dapat mengerti mengenai kebutuhan otak akan makanan manis. Akan tetapi, jangan sampai hilang kendali. Meskipun makanan manis sangat baik bagi otak, namun otak juga tentunya memiliki kadar tersendiri. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis juga dapat memperburuk kesehatan Anda. Berbagai penyakit memang ditemukan karena seseorang terlalu mengkonsumsi makanan manis, misalkan pada gigi, darah, ginjal, dan lain sebagainya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 08:09 Oleh :
Kategori : Makanan