Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Makan Wortel Mentah Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Wortel pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga banyak orang. sayuran berwarna oren ini sudah dikenal sebagai sayuran yang dapat mengatasi masalah penglihatan. Banyak jenis makanan yang di dalamnya terdapat wortel, terlebih beberapa jenis sayur seperti sop, sayur bayam, pecel dan beberapa jenis sayuran matang lainnya. Namun, bagaimana jika wortel dimakan secara mentah? Apakah Anda doyan memakannya? Beberapa orang terbiasa memakan wortel secara mentah, namun sebagian lainnya tidak. Padahal, sebenarnya memakan wortel dalam keadaan mentah memiliki banyak manfaat karena kandungan nutrisi dalam wortel masih terjaga dengan baik.

artikel terkait:

Kandungan Nutrisi Pada Wortel Mentah

Buah dan sayur yang masih segar masih memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, karena belum hilang disebabkan oleh panas, gesekan, dan hilang karena faktor udara disekitarnya. Sayuran mentah, seperti wortel mentah memiliki beberapa kandungan berikut:

  • Vitamin A
  • Karoten
  • Flavonoid
  • Glutation
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Antioksidan
  • Falcarinol
  • Vitamin C
  • Mineral, seperti tembaga, kalsium, kalium,mangan dan fosfor
  • Vitamin B kompleks, seperti asam folat, vitamin B6, Thiamin, Asam Pantotenat
  • Lemak. Namun, kandungan lemak yang terdapat dalam wortel sangat kecil.

artikel terkait: manfaat acar timun dan wortel

Manfaat Makan Wortel Mentah

Dari berbagai kandungan yang terdapat dalam sayuran wortel tersebut, wortel yang dimakan secara mentah memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Melindungi Tubuh Dari Radikal Bebas

Sudah terlihat jelas dari warnanya, bahwa warna oren pada wortel disebabkan karena kandungan beta karoten di dalamnya. Kandungan karoten dalam wortel mentah menjadi aktioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dan terhindar dari radikal bebas yang dapat menyebabkan tubuh diserang berbagai jenis penyakit.  Tidak hanya karoten dalam wortel, kandungan vitamin C dalam wortel mentah juga sangat tinggi. Kandungan vitamin C ini juga sama halnya dengan beta karoten yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari radikal bebas berbahaya.

artikel terkait: manfaat wortel untuk mata

  1. Menyehatkan Mata

Manfaat wortel yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi. Wortel memang terkenal sebagai salah satu jenis sayuran yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan vitamin A dalam wortel dapat mengatasi masalah gangguan kesehatan pada mata. Bahkan, menurut penelitian yang pernah dilakukan, tidak hanya mencegah rabun dan kesehatan mata, vitamin A dalam wortel juga mampu mencegah terjadinya kebutaan. Kandungan vitamin A dalam wortel ini sangatlah tinggi, terutama worte yang masih mentah, karena vitamin wortel yang masih mentah masih terjaga di dalam sayuran tersebut dengan baik.

artikel terkait: manfaat wortel

sponsored links
  1. Terhindar Dari Kanker

Yang jarang diketahui banyak orang, bahwa wortel memiliki kandungan falcarinol dan farcarindiol yang berfungsi untuk mencegah penyakit kanker berkembang di dalam tubuh. Falcarinol dapat melawar sel kanker dan menghancurkan sel kanker dan sel pra kanker agar tidak berkembang lebih banyak lagi di dalam tubuh. Selain falcarinol, wortel mentah juga memiliki kandungan hidrat arang dan fpsfor, dimana kedua zat ini juga berfungsi untuk mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Beberapa kanker yang dapat diatasi dengan memakan wortel secara rutin diantaranya kanker paru, kanker payudara dan kanker yang terjadi pada usus besar.

artikel terkait: manfaat ikan baronang

  1. Mencegah Terserang Penyakit Jantung

Kandungan mineral dalam wortel memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan jantung. Mineral wortel yang masuk dalam tubuh dapat membantu mengontrol detak jantung agar berdetak sesuai dengan ritmenya dan tidak terganggu. Hal ini dapat mempengaruhi kesehatan jantung agar terhindar dari penyakit jantung. Wortel mentah juga memiliki kandungan lemak yang rendah, yang dapat mengurangi kadar kolesterol ketika dikonsumsi. Dengan kolesterol yang normal dan rendah lemak, aliran darah menjadi lancar. Hal ini bermanfaat untuk mengatur darah ke jantung dan keluar dari jantung dengan keadaan lancar tanpa tersumbat apapun.

artikel terkait: manfaat makan telur rebus

  1. Mengatasi Hipertensi

Selain menjaga mineral dalam wortel mentah dapat mengontrol detak jantung dengan baik, mineral dalam wortel juga bermanfaat untuk mengatur tekanan darah agar tidak terlalu tinggi, atau hipertensi. Meminum jus wortel mentah secara rutin tiga kali sehari, dapat menormalkan kembali tekanan darah apabila sudah terlanjur tinggi. Apabila tekanan darah sudah normal, jus wortel dan wortel mentah dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal.

artikel terkait: manfaat timun untuk asam lambung

  1. Meningkatkan Kesehatan Reproduksi Pria

Fungsi vitamin A dalam wortel mentah tidak hanya baik untuk kesehatan mata dan menangkal radikal bebas. Akan tetapi, vitamin A yang berasal dari beta karoten dalam wortel dapat menjaga kesehatan reproduksi pada pria. Wortel mentah dapat meningkatkan kualitas sperma dan meningkatkan kesuburan pria.

artikel terkait: manfaat timun laut

  1. Menjaga Kesehatan Kulit Dan Kecantikan

Vitamin A dalam wortel mentah juga dapat menjadikan kulit sehat dengan memelihara dan menjaga pertumbuhan epitel kulit. Zat lain dalam wortel mentah juga dapat menjaga kesehatan kulit dengan menyamarkan bahkan menghilangkan noda hitam pada wajah dan beberapa bagian kulit lainnya yang disebabkan karena adanya pigmentasi  pada kulit. Kandungan kolagen dalam wortel memiliki manfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Menggunakan wortel sebagai masker juga dapat menghilangkan kerutan di wajah, menghindari kulit wajah dari adanya jerawat serta menyamarkan noda hitam pada kulit wajah. Wortel memiliki kandungan yang dapat mencegah penuaan dini yang terjadi pada kulit. Penggunaan masker dari wortel ini dapat dilakukan dua minggu sekali.

Selain dapat mempercantik wajah dengan menghilangkan kerutan, noda hitam dan jerawat, wortel juga memiliki manfaat untuk bagian kulit yang lain. Mengkonsumsi wortel mentah, atau menggunakannya sebagai obat luar dapat digunakan untuk mengurangi bekas luka pada kulit dengan cepat.

artikel terkait: manfaat mata berkedip

  1. Mengatasi Batuk

Wortel mentah juga dapat digunakan untuk mengatasi batuk yang menyerang. Batuk memang sangat mengganggu berbagai aktivitas dan pekerjaan. Dengan mengkonsumsi wortel mentah parut yang ditambahkan dengan madu atau gula aren, dapat mengurangi batuk yang menyerang.

artikel terkait: manfaat teh untuk mata

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Wortel memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Kandungan serat dalam wortel seperti pada jenis sayuran lainnya yang baik untuk membantu kerja sistem pencernaan dan melancarkan buah air besar.

artikel terkait: manfaat tanaman adas

Wortel mentah memang belum banyak digemari untuk dimakan. Karena mayoritas mengkonsumsi wortel dengan dimasak atau direbus terlebih dahulu. Untuk mencoba mengkonsumsi wortel mentah pada mulanya dapat perlahan meminum jus wortel. Dengan begitu, kita akan terbiasa dengan rasa wortel dan dapat mengkonsumsi wortel mentah secara langsung.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 04:58 Oleh :
Kategori : Sayuran