Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Makan Telur Rebus Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Telur adalah makanan yang kaya akan nutrisi. Telur bisa didapat dari binatang ternak yang menghasilkan telur seperti ayam, angsa, itik dan bebek. Namun jenis telur yang lebih sering dipilih untuk dikonsumsi adalah telur yang berasal dari ayam kampung dan ayam ras. Cara untuk mengkonsumsi telur ini juga beragam tergantung selera penikmat.  Ada telur ini dimasak dengan cara ada yang digoreng seperti dibuatkan telur mata sapi, telur dadar dan ada yang direbus. Selain itu banyak juga makanan ringan seperti kue bolu yang berbahan dasar dari telur. Jadi manfaat telur dalam kehidupan sehari – hari sudah tidak diragukan lagi. Bagian telur seperti kuning telur dan putih telur juga baik untuk dikonsumsi karena mengandung manfaat yang banyak dibidang kesehatan. Selain itu mengkonsumsi telur secara mentah juga banyak dilakukan oleh para olahragawan untuk menjaga badan mereka tetap fit dan sehat.

Artikel terkait :

Didalam telur terkandung senyawa bernama protein yang tinggi. Jenis protein didalam telur adalah protein hewani.  Selain itu kandungan yang terdapat didalam telur antara lain adalah :

  • Lemak sebanyak 14.44 gram ( Baca juga : Manfaat lemak)
  • Kolesterol didalam telur sama sekali tidak menyebabkan penyakit jantung karena kolesterol yang ada adalah baik. Jumlah kolesterol yang terdapat didalam telur adalah 576.64 gram. ( Baca juga : Manfaat omepros )
  • Sodium dengan jumlah 168.64 miligram. ( Baca juga : Manfaat sodium )
  • Protein yang baik untuk meregenerasi sel – sel didalam tubuh dengan jumlah 17.11 gram. ( Baca juga : Manfaat protein )
  • Vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata sekitar 796.96 IU. ( Baca juga : Manfaat vitamin a )
  • Kalsium menjga kesehatan tulang dengan total 68 miligram. ( Baca juga : Manfaat kalsium bagi tubuh di segala usia )
  • Zat besi sebagai penambah kemampuan darah untuk mengikat oksigen sekitar 1.62 miligram. ( Baca juga : Manfaat zat besi )

Itulah beberapa kandungan senyawa yang terdapat didalam telur yang direbus maupun digoreng. Kemudian mengkonsumsi telur secara rutin sama sekali tidak menyebabkan penyakit jantung karena jenis kolesterol yang terdapat didalam telur adalah kolesterol yang baik. Anda bisa memilih mengkonsumsi telur sebanyak satu kali dalam sehari karena telur juga mengandung kalori yang cukup untuk menambah tenaga. Jumlah kalori satu butir telur berkisar 44 kalori.

Manfaat Makan Telur Rebus bagi Kesehatan

Telur rebus juga memiliki manfaat bagi kesehatan untuk menjaga kesehatan tubuh sehari – hari. Memilih untuk mengkonsumsi telur rebus adalah pilihan yang baik karena tidak menambah resiko minyak seperti digoreng yang menghilangkan kandungan gizinya. Itulah sebabnya banyak yang menganjurkan mengolah makanan dengan cara direbus. Ada contoh makanan pokok yang dapat dilakukan dengan cara direbus seperti kentang, tahu dan ayam. Berikut ini manfaat telur rebus bagi kesehatan antara lain :

1.Memberi kesehatan otak

Otak merupakan salah satu organ dalan tubuh yang mejadi pusat dalam tubuh untuk melakukan tindakan. Seiring dengan pertambahan usia kemampuan otak akan mengalami penurunan terlebih jika tidak sering diasah. Mengkonsumsi telur rebus setiap harinya memberikan dampak yang baik dalam jangka panjang bagi kesehatan otak. Sehingga telur rebus baik untuk memberi kesehatan bagi otak karena ada senyawa bernama choline didalamnya.

Artikel terkait :

2. Mata

Telur mengandung vitamin a didalamnya yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Jadi tidak hanya wortel dan rimbang yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi telur tebus setiap hari menghindari mata dari rabun jauh dan rabun dekat. Jadi tidak ada salahnya memasukkan telur rebus sebagai sambal pelengkap makan nasi Anda. Disisi lain mata adalah indera yang berfungsi untuk melihat keindahan alam semesta. Jadi kesehatannya perlu untuk dijga karena merupakan investasi masa depan.

Artikel terkait :

3. Kuku lebih bersinar

Didalam telur juga terdapat zat bernama antioksisan yang membuat kuku tampak lebih bersinar. Meskipun kuku kecil dan jarang diperhatikan namun kuku yang terlihat kuat dan sehat tetap menjadi idaman setiap orang. Maka ada baiknya mengkonsumsi telur rebus setiap harinya.

Artikel terkait :

sponsored links

4. Menjaga kekuatan tulang

Kesehatan tulang berfungsi untuk menyangga tubuh agar tetap bisa bergerak untuk melakukan tugasnya sehari – hari. Kesehatan tulang dapat terancam sesuai dengan pertambahan usia. Contoh masalah tulang adalah osteoporosis yang membuat kekuatan tulang berkurang. Untuk mencegah osteoporosis lebih dini maka mulai sekarang konsumsilah makanan – makanan yang bergizi seperti telur. Selain itu juga perbanyak untuk olahraga selama 30 menit dalam seminggu sebanyak empat kali.

Artikel terkait :

5. Kanker payudara

Kanker payudara adalah penyakit mematikan nomor dua di Indonesia. Kanker payudara tidak hanya menyerang wanita namun juga pria hanya saja kaum wanita lebih rentan untuk terserang kanker payudara. Untuk mencegah kanker payudara langkah pertama adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Selain itu sosialisasi kanker payudara dengan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dirumah dapat membantu Anda mendeteksi keberadaan kanker lebih dini. Karena kanker yang lebih awal diketahui dapat disembuhkan dengan cepat. Beda dengan kanker payudara yang sudah diketahui saat memasuki stadium akhir tentu akan sulit untuk diobati. Rajin makan telur rebus dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara baik untuk wanita dan pria.

Artikel terkait :

6. Anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya kinerja senyawa didalam sel darah merah yang bernama hemoglobin. Hemoglobin memiliki fungsi untuk mengikat oksigen pada sel darah merah untuk mencukupi kebutuhan organ – organ didalam tubuh lainnya. Anemia membuat penderita menjadi tampak pucat, mudah lelah dan sering merasa sakit kepala. Oleh sebab itu banyak orang yang menganjurkan untuk mengkonsumsi telur saat menderita anemia. Ini karena didalam telur rebus terdapat senyawa bernama zat besi yang mampu memperbaiki kinerja dari hemoglobin sehingga mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Artikel terkait :

7. Diet

Kabar gembira berikutnya adalah bagi wanita yang sangat peduli dengan bentuk badan yang ideal. Memiliki bentuk tubuh yang ideal adalah harapan hampir semua orang terutama wanita. Dengan bentuk badan yang ideal dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam kehidupan sehari – hari. Apalagi Anda termasuk wanita karir yang banyak bertemu dengan orang banyak. Maka salah satu langkah untuk mendapatkan bentuk badan ideal adalah dengan rutin mengkonsumsi telur rebus. Jadi cara untuk menjadikan telur rebus sebagai bahan bantu diet menurunkan berat badan adalah sarapan pagi dengan telur rebus. Kemudian makan siang dengan porsi yang biasa Anda lakukan sehair – hari. Malamnya jika terasa lapar bisa mencoba menganti dengan konsumsi buah dengan kadar gula yang rendah contohnya buah alpukat. Dengan pola makan yang teratur seperti itu dapat membantu menurunkan berat badan Anda yang berlebihan.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat yang didapat dibidang kesehatan dengan rutin mengkonsumsi telur rebus sehari – hari.

Cara Merebus Telur dengan Benar

Sebelum merebus telur maka syarat pertama ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sediakan telur yang segar dan cara untuk mengetahui telur yang segar adalah dengan merendam telur kedalam air jika telur tidak tenggelam maka dipastikan telur tersebut masih segar.
  • Masukkan air kedalam panci dam masukkan beberapa butir telur kedalamnya. Dan panaskan diatas kompor hingga air mendidih.
  • Setelah mendidih maka matikan kompor dan angkat telur masukkan kedalam air dingin yang telah disediakan sebelumnya.
  • Tunggu beberapa menit baru kemudian kupas kulit dari telur rebus tadi.

Maka sesudah kulit telur dikupas dapat dimakan secara langsung sesudah itu butir telur yang akan dikonsumsi untuk besok dapat disimpan didalam lemari es.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 09th, December 2016 / 03:09 Oleh :
Kategori : Makanan