Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Manfaat Makan Menggunakan Sumpit Bagi Tubuh

Sponsors Link

Pernahkah anda makan dengan menggunakan sumpit? Sebagian orang mungkin telah terbiasa menggunakan alat makan yang terbuat dari dua bilah kayu yang sama panjang ini. Akan tetapi bagi sebagian orang makan dengan sumpit adalah hal yang tidak biasa dilakukan, sehingga selain canggung, mereka juga kesulitan dalam menggunakannya. Jika Anda termasuk orang yang belum pernah mencoba makan dengan sumpit, mulai saat ini Anda harus mencoba memanfaatkan alat makan yang berasal dari Asia Timur ini. Mengapa? Karena ternyata makan dengan menggunakan sumpit itu memiliki banyak sekali manfaat lho. Berikut ini ulasan tentang manfaat makan menggunakan sumpit.

  1. Melatih kesabaran

Makan dengan menggunakan sumpit bisa menjadi ajang untuk mengolah emosi. Mengapa? Karena ini adalah salah satu kegiatan yang membutuhkan fokus serta ketangkasan seseorang, dan mereka yang makan dengan sumpit haruslah sabar, karena jumlah makanan yang bisa terambil tidak sebanyak makanan yang diambil dengan sendok.

  1. Melatih kekompakan

Kita bisa belajar tentang kekompakan pada saat kita makan dengan menggunakan sumpit. Pasalnya, ketika kita menggunakan alat makan tersebut, maka hanya ibu jari dan jari tengah saja yang difungsikan, sedangkan jari-jari yang lain bertugas untuk menopang keberadaan sumpit.

  1. Melatih Konsentrasi

Karena hanya memfungsikan dua jari saja, maka ketika seseorang belajar menggunakan sumpit ia harus berkonsentrasi agar sukses menggunakannya.

  1. Membantu orang menjadi lebih pintar

Ketika dipergunakan untuk menyantap makanan di meja, terdapat nilai filosofi dan keunggulan yang dipercayai oleh sebagian masyarakat, yaitu dapat membantu orang yang menggunakannya menjadi lebih pintar. Hal ini disebabkan karena kesabaran, kekompakan, dan konsentrasi yang tinggi dilatih setiap kali kita menggunakan sumpit. Selain itu, otak kita juga akan lebih terangsang ketika kita berfikir bagaimana cara untuk mendapatkan makanan dengan sumpit di tangan kita.

  1. Melatih otot-otot tangan

Saat menggunakan sumpit, otot-otot tangan akan selalu berusaha untuk menekan kedua sumpit agar makanan yang telah terambil oleh alat makan tersebut tidak jatuh kembali hingga makanan tersebut sampai ke mulut kita. hal ini tentu saja menjadi salah satu cara bagi kita untuk melatih otot-otot tangan.

  1. Melatih diri untuk tidak rakus

Menggunakan sumpit untuk mengambil makanan hasilnya tak sebanyak ketika kita mengambil makanan dengan menggunakan sendok. Karena hanya dapat mengambil makanan dalam umlah yang sedikit, maka hal itu akan mengajarkan pada kita untuk tidak bersifat rakus.

sponsored links
  1. Melatih ketelitian

Ketika mengambil makanan dengan sumpit, kita akan dilatih untuk selalu teliti, karena mengambil makanan dengan menggunakan sumpit adalah suatu hal yang tidak mudah, akan tetapi jika kita telah terbiasa, maka kegiatan tersebut tidak akan menjadi suatu masalah bagi kita.

  1. Melatih untuk tidak putus asa

Selain sabar, hal lain yang diperlukan setiap kali mengambil makanan dengan sumpit adalah kita tidak boleh putus asa, terutama ketika telah mencoba akan tetapi makanan tetap saja lolos daroi sumpit kita.

  1. Mengoptimalkan kerja lambung

Karena jumlah makanan yang terambil oleh sumpit hanya sedikit, hal itu menyebabkan makanan yang masuk ke lambung akan berlangsung secara bertahap dan dalam jumlah yang tidak berlebihan, sehingga nantinya hal itu akan membantu kinerja organ lambung menjadi lebih optimal dan pada akhirnya hal ini akan membantu lancarnya proses pencernakan makanan dalam tubuh kita.

  1. Membantu mengontrol nafsu makan

Anda ingin terlihat langsing dan ramping? Cobalah untuk makan dengan menggunakan sumpit. Selain hanya dalam jumlah yang kecil, mengambil makanan dengan menggunakan sumpit juga harus dilakukan secara perlahan-lahan. Dengan begitu, porsi makanan yang kita ambil akan menjadi lebih sedikit daripada makan menggunakan sendok dan garpu.

  1. Membantu mengurangi jumlah kalori dalam makanan

Kuliner yang sebagian memiliki kandungan kalori tinggi seperti makana bersantan atau bersaus menjadi salah satu penyebab obesitas. Nah, ketika kita mengambil makanan dengan menggunakan sumpit, maka bagian dari kuliner tersebut seperti saus tidak akan terambil dalam jumlah yang berlebihan. Karena ketika kita menyumpitnya sauce akan kembali menetes.

  1. Melatih kita untuk lebih tekun dan bekerja keras

Dalam upaya mencapai suatu tujuan, kita dituntut untuk tekun dan bekerja keras. Hubungan hal ini dengan makan menggunakan sumpit adalah kita harus selalu sabar dan bekerja keras untuk memakan makanan yang berhasil kita ambil dengan sumpit tersebut.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 02nd, April 2016 / 05:54 Oleh :
Kategori : Sosial