Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Makan Beras Mentah Untuk Kesehatan dan Kehidupan

Sponsors Link

Apakah Anda tahu? Beras yang menjadi salah satu primadona bahan makanan pokok di Asia ternyata tidak hanya dapat digunakan sebagai bahan komsumsi saja namun juga beras mentah memiliki manfaat lain yang tidak dapat terduga. Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat yang dapat Anda peroleh dari beras mentah.

artikel terkait:

Manfaat Beras Mentah

Selain digunakan sebagai bahan makanan, beras mentah ternyata memiliki berbagai manfaat yang tidak terduga. Berikut kami sajikan manfaat yang ditawarkan oleh beras mentah, yaitu antara lain sebagai berikut :

1. Membantu mengendurkan otot yang sakit

Manfaat pertama yang dapat diperoleh dari beras adalah membantu mengendurkan otot yang sakit. Apabila kaki Anda terasa nyeri akibat aktivitas seharian maupun cedera, Anda dapat memanfaatkan beras mentah untuk mengobati rasa nyari Anda. Caranya mudah, cukup isi kaos kaki bersih Anda dengan beras secukupnya sesuai dengan anatomi tubuh Anda, jadi jangan terlalu padat.

Setelah itu, ikat ujung kaos kaki dengan tali dan masukkan kaos kaki berisi beras tadi ke dalam microwave selama satu menit atau bisa ditambah lagi agar lebih panas sesuai selera. Silahkan gunakan kaos kaki yang berisi beras hangat tadi untuk mengompres kaki yang terasa nyeri. Apabila Anda tidak memiliki microwave, jangan khawatir! Anda dapat mengsangrai beras agar terasa panas namun tidak boleh terlalu lama sebelum dimasukkan ke dalam kaos kaki. Bagaimana? Mudah kan?

artikel terkait: manfaat air cucian beras

2. Membersihkan botol dan vas bunga

Mungkin Anda sering merasa kesulitan untuk membersihkan botol maupun vas bunga. Nah, kini ada solusi praktis yang dapat Anda praktekkan dengan menggunakan beras mentah untuk membersihkan botol dan vas bunga. Caranya, tuangkan segenggam beras mentah kering ke dalam vas maupun botol kemudian tambahkan dengan sedikit air sabun ke dalamnya. Silahkan kocok botol maupun vas bunga selama beberapa saat kemudian bilas. Beres deh!

artikel terkait: manfaat beras organik

3. Membantu menyelamatkan benda elektronik

Apakah ponsel, tablet maupun benda elektronik kecil Anda pernah basah terkena air? Jangan panik! Anda dapat memanfaatkan beras mentah untuk menyelamatkan benda elektronik Anda yang basah dikarenakan beras memiliki kemampuan menyerap kelambapan yang cukup ampuh. Apabila kondisinya tidak terlalu parah, Anda dapat menyelamatkan barang elektronik Anda, misalnya ponsel, dengan cara lepaskan baterainya sesegera mungkin ( jika mungkin) kemudian rendam ponsel dan baterai ke dalam beras mentah kering selama semalaman.

artikel terkait: manfaat bedak dingin berastagi astagina

4. Mengetes tingkat kepanasan minyak

Apabila Anda akan menggoreng sesuatu namun belum yakin apakah minyak sudah panas atau belum, Anda dapat menggunakan beras mentah untuk mengetes kepanasan minyak. Caranya mudah, Anda tinggal emmasukkan beberapa butir beras mentah ke dalam minyak. Minyak telah siap digunakan apabila beras telah mengambang dan tergoreng dipermukaan.

artikel terkait: manfaat beras kencur

sponsored links

5. Mempercepat pematangan buah

Barangkali Anda pernah membeli buah namun ternyata belum siap makan karena belum begitu masak? Jangan khawatir! Anda dapat memanfaatkan beras mentah untuk mempercepat pematangan buah. Caranya mudah, Anda tinggal memasukkan buah yang belum begitu matang tadi ke dalam wadah berisi beras kemudian selalu cek untuk mengetahui apakah buah sudah cukup matang atau belum.

artikel terkait: manfaat beras ketan untuk kesehatan

6. Mencegah penggumpalan garam

Tingga di negara dengan kelembapan tinggi seperti Indonesia memang menjadi resiko bahwa garam yang kita miliki seringnya mengalami penggumpalan. Agar tidak repot dalam membubuhi karena garam menggumpal, Anda dapat menggunakan beras mentah untuk mengatasinya. Ya, sekali lagi beras mentah. Caranya sangat sederhana, Anda cukup menambahkan sedikit beras mentah ke dalam garam agar garam tetap kering dan tidak menggumpal.

artikel terkait: 11 manfaat air beras bagi kesehatan

7. Membersihkan penggiling kopi dan bumbu

Manfaat lain dari beras mentah adalah membersihkan penggiling kopi dan bumbu. Untuk mengatasi lengketnya rempah maupun gumpalan kopi pada mata pisau, Anda dapat memasukkan beras mentah untuk digiling hingga menjadi bubuk. Niscaya blender Anda akan bersih kembali dan mata pisau blender akan menjadi lebih tajam.

artikel terkait: manfaat beras mentah

8. Mencegah peralatan berkarat

Yap, peralatan yang Anda dapat Anda cegah dari karat dengan cara menambahkan beberapa genggam beras ke dalam kotak peralatan Anda. Hal ini akan membuat peralatan besi seperti paku, kunci pas, skrup dll yang beresiko terkena karat karena terpapar udara lembab akan menjadi lebih tahan terhadap karat.

artikel terkait: manfaat makan wortel mentah

9. Dijadikan masker wajah

Manfaat lain yang tidak kalah penting bagi para wanita adalah beras mentah dapat dijadikan sebagai masker wajah yang dapat memperkecil pori, memutihkan kulit, mengatasi jerawat, mengencangkann kulit, anti penuaan dini, menghilangkan flek hitam serta menghaluskan kulit. Caranya mudah, silahkan Anda rendam beras yang telah dicuci bersih sebanyak 3 kali selama semalaman. Ohya, ketika pencucian, saring airnya agar kotoran benar-benar hilang. Setelah direndam semalaman, tumbuk beras hingga halus dan jemur hingga benar-benar kering. Silahkan simpan tumbukan beras tadi di wadah tertutup dan gunakan masker secara teratur. Untuk memastikan khasiatnya agar benar-benar didapatkan dengan maksimal, silahkan Anda gunakan beras organik untuk membuat masker.

artikel terkait: manfaat sinar matahari pagi

Terlepas dari hal itu, ada beberapa orang yang secara sengaja memakan beras mentah untuk alasan tertentu. Meskipun beras memiliki kandungan gizi yang cukup baik untuk tubuh setelah dimasak, namun konsumsi beras mentah tetap saja berbahaya bagi kesehatan. Berikut merupakan bahaya yang dapat mengintai akibat konsumsi beras mentah, antara lain sbb:

  • Dapat menyebabkan sakit perut, infeksi usus maupun diare dikarenakan mungkin saja beras mentah yang dikonsumsi tidak bersih maupun telah terkontaminasi dengan bakteri ataupun virus.
  • Dapat menyebabkan penyakit maag dan penyakit usus lain dikarenakan ketidakmampuan usus untuk mencerna beras mentah
  • Menyebabkan cacingan dikarenakan mungkinn saja beras mentah yang dikonsunsi telah terkontaminasi dengan telur-telur cacing
  • Dapat menyebabkan kerusakan gigi permanen dikarenakan masuknya butiran halus beras ke dalam sela-sela gigi, apalagi ketika ngemil beras mentahnya sebelum tidur
  • Dapat membuat tubuh kekurangan karbohidrat dikarenakan lambannya tubuh dalam melakukan proses pencernaan beras mentah
  • Dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan penyakit kanker dikarenakan kandungan pestisida yang terdapat pada beras mentah yang dikonsumsi

artikel terkait: manfaat teh murbei

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat beras mentah. Meskipun beras mentah memiliki berbagai macam manfaat, namun kami tidak menyarankan Anda untuk mengkonsumsi beras mentah tersebut secara langsung. Sayangi tubuh Anda oke? Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 15th, December 2016 / 05:10 Oleh :
Kategori : Makanan