Sponsors Link

15 Manfaat Makan Bawang Putih Untuk Tubuh

Sponsors Link

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur hampir terdapat dalam setiap masakan di Indonesia. Namun apakah Anda tahu? Bumbu yang dengan aroma menyengat ini dapat berguna bagi kesehatan tubuh kita apabila dikonsumsi secara langsung. Artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat konsumsi bawang putih.

artikel terkait:

Manfaat Konsumsi Bawang Putih

Berikut merupakan manfaat yang dapat kita peroleh dari konsumsi bawang putih, antara lain sebagai berikut.

  1. Sebagai obat herbal

Sejak jaman mesir kuno, bawang putih telah banyak digunakan sebagai obat herbal dikarenakan kandungan senyawa alicinnya yang dapat bermanfaat sebagai obat. Sebagai salah satu komponen biologis aktif paling utama dan besar, alicin dapat digunakan sebagai antibakteri. Bahkan dalam sebuah riset, alicin dalam bawang putih juga penting dalam mengatasi isu kesehatan sebagai berikut seperti menurunkan berat badan, mengencerkan darah, mencegah hipertensi, zat anti kanker, antioksidan dan anti mikroba atau bakteri.

artikel terkait: manfaat bawang lanang bagi kesehatan

2. Sumber antioksidan murah

Kandungan antioksidan yang tinggi pada bawang putih dapat berperan sebagai anti kanker. Antioksidan yang dapat Anda peroleh dari bawang putih ini dapat Anda dapatkan dengan harga yang relatif murah. Untuk mendapatkan khasiat ini, Anda dapat memakan bawang putih mentah. konsumsi bawang putih ini baik bagi tubuh terlebih bagi perokok berat yang membutuhkan proteksi dari serangan kanker.

artikel terkait: manfaat bawang  putih tunggal

3. Sumber anti inflamasi

Selain sebagai anti oksidan, bawang putih juga berguna sebagai zat anti inflamasi. Apabila Anda terkena demam maupun sakit tenggorokan, Anda dapat memanfaatkan bawang putih untuk mengatasinya. Caranya mudah, Anda hanya perlu untuk memakan bawang putih mentah hingga tenggorokan Anda maupun demam Anda membaik.

artikel terkait: manfaat bawang putih mentah

4. Mengandung senyawa anti-bakteri yang tinggi

Bawang putih telah dikenal lama sebagai senyawa anti bakteri yang cukup bagus bagi tubuh. Apabila Anda mengalami gangguan infeksi perut, Anda dapat mencampurkan bawang putih mentah pada salad Anda niscaya pencernaan Anda akan semakin lancar apabila dikonsumsi secara rutin.

artikel terkait: manfaat bawang putih lanang

5. Dapat berperan untuk membuang racun tubuh

Bawang putih mengandung senyawa anti oksidan yang cukup tinggi yang dapat berguna untuk membuang racun di dalam tubuh. Caranya tentu cukup mudah, Anda hanya perlu memakan bawang putih mentah. Namun ingat, tak perlu banyak-banyak ya! Apabila konsumsi berlebihan dapat menyebabkan mual. Ohya selain berguna bagi kesehatan, bawang putih ini juga berguna untuk menghambat penuaan dini.

artikel terkait: manfaat bawang dayak

6. Obat anti nyeri

Apabila Anda mengalami nyeri sendi atau arthritis, Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai obatnya. Caranya mudah, haluskan bawang putih mentah secukupnya dan balurkan ke area lutut maupun tulang yang terkena sakit. Cara ini dipercaya dapat mengurangi nyeri tadi dengan mudah.

artikel terkait: manfaat bawang merah

sponsored links

7. Sebagai pertolongan pertama pada keracunan logam berat

Selain manfaat di atas, bawang putih juga berguna untuk mengatasi keracunan logam berat seperti merkuri maupun arsenic. Apabila Anda mengalami keracunan logam berat, segera kunyah bawang putih mentah untuk membantu mengatasinya. Namun ingat, bantuan ini hanya sebagai pertolongan pertama saja. Setelah itu Anda perlu menemui dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.

artikel terkait: manfaat daun bawang

7. Membantu melancarkan sirlukasi darah

Apakah Anda tahu bahwa konsumsi bawang putih juga ternyata dapat membantu menyehatkan aliran darah. Bawang putih dapat berguna untuk membantu mekancarkan sirkulasi darah dan melonggarkan pembuluh darah yang terhalang oleh adanya lemak.

artikel terkait: manfaat minyak argan

8. Bagus bagi penderita diabetes

Apabila Anda mengalami penyakit diabetes, Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasinya. Bawang putih bermanfaat untuk mengendalikan konsentrasi gula dalam darah agar tetap seimbang.

artikel terkait: manfaat makan bunga melati

9. Sebagai anti kanker

Bawang putih memiliki kandungan sulfida alil yang berguna sebagai obat herbal anti kanker. Bukti nyata yang ditemukan oleh peneliti ini salah satunya adalah kandungan PhIP yang merupakan salah satu bentuk dari amina hetersoklik (HCA) yang dapat memicu kanker payudara ini dapat dikendalikan oleh bawang putih. Bawang putih dapat menghambat pertumbuhan dan transformasi PhIP menjadi karsinogen yang dapat menyebabkan kanker payudara.

artikel terkait: manfaat ikan betok

10. Ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi

Apabila Anda mengalami gangguan tekanan darah tinggi, Anda dapat mengkonsumsi bawang putih untuk mengatasinya. Hal ini telah diuji khasiatnya oleh banyak riset yang mengatakan bahwa bawang putih terbukti efektif untuk menurunkan tekanan darah sebanyak 7-8%. Bahkan efek ini juga berguna bagi orang yang memiliki tekanan darah normal.

artikel terkait: manfaat minum air putih dipagi hari

11. Kaya nutrisi dan rendah kalori

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam bawang putih sangatlah baik bagi tubuh, bawang putih memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan kalsium serta zat besi dsb. Uniknya, meskipun mengandung banyak nutrisi yang berguna bagi tubuh, bawang putih tidak mengandung nutrisi yang bebahaya bagi tubuh seperti adanya lemak jenuh dan kalori yang cukup besar. Dengan konsumsi bawang putih, tubuh kita jadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

artikel terkait: manfaat sayur-sayuran

12. Ampuh memangkas kolesterol jahat

Salah satu manfaat bawang putih yang sangat berguna sebagai obat herbal adalah sebagai pemangkas kolesterol jahat (LDL). Terdapat riset yang telah membuktikan bahwa bawang putih dapat memangkas kolesterol jahat sebanyak 10-15%. Meskipun ia dapat memangkas kolesterol jahat, bawang putih tidak memberikan efek yang buruk bagi kolesterol baik (HDL).

artikel terkait: manfaat udang galah

13. Dapat memperpanjang usia

Konon, konsumsi bawang putih dapat membantu manusia untuk mendapatkan umur yang panjang dan awet apabila dikonsumsi secara rutin dikarenakan pertimbangan diantaranya : menghindari kanker, menghindari penyakit jantung, menghindari tekanan darah tinggi dan sebagai anti oksidan, anti bakteri maupun antivirus. Factor-faktor tersebut merupakan penunjang hidup awet muda dan panjang umur. Dengan demikian, konsumsi bawang putih dapat membantu Anda untuk mendapatkan umur yang panjang dan awet muda.

artikel terkait: manfaat ikan halibut

14. Efektif untuk kecantikan kulit

Untuk kecantikan kulit, bawang putih ternyata memberikan berbagai manfaat yang sangat menguntungkan diantaranya untuk membesihkan komedo, menghilangkan noda bekas luka maupun sebagai obat jerawat. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu membalurkan bawang putih pada permukaan kulit yang bermasalah dan diamkan selama 10 menit atau sebelum tidur. Apabila digunakan secara rutin, Anda dapat mendapatkan kualitas kulit yang Anda inginkan yang terhindar dari berbagai masalah di atas.

artikel terkait: manfaat ikan belida

15. Menghilangkan sakit gigi

Apabila Anda mengalami sakit gigi, bawang putih dapat berguna sebagai obat herbal untuk mengatasinya. Bawang putih memiliki sifat antibakteri untuk melawan bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan analgesik yang berguna untuk meredakan rasa nyeri pada sakit gigi Anda.

artikel terkait: manfaat makan malam

Setelah Anda membaca menganai informasi di atas, apakah Anda masih ragu untuk memanfaatkan bumbu dapur ini sebagai obat herbal? Demikian merupakan informasi yang dapat sampaikan. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 24th, December 2016 / 14:32 Oleh :
Kategori : Herbal