Sponsors Link

9 Manfaat Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Sponsors Link

Magnet merupakan sebuah benda dimana terdapat gaya elektromagnetik yang sangat kuat di dalamnya sehingga menimbulkan gaya tarik menarik terutama jika dihadapkan pada benda yang sangat mudah tertarik oleh magnet. Mungkin anda sendiri sudah tidak asing lagi benda magnet ini karena banyak ditemukan diberbagai alat kehidupan sehari-hari. Pemanfaatan magnet pada kehidupan sehari-hari ini sangatlah banyak namun seringkali tidak disadari karena memang orang awam hanya menggunakan alat tersebut saja dan tidak mengenali apa saja komponen yang ada di dalamnya.

ads

artikel terkait:

Sifat magnet yang tarik menarik ini adalah hasil dari adanya aliran elestromagnetik di dalamnya jadi ketika tidak ada aliran elektromagnetik dalam magnet, benda magnet tersebut sudah tidak bisa dikatakan sebagai magnet. Pemanfaatan magnet saat ini sudah diterapkan pada beberapa alat baik yang sederhana bahkan yang rumit sekalipun. Lalu apa saja manfaat dari magnet untuk kehidupan sehari-hari? Well, jangan lewatkan artikel ini ya.

Manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari

Ada banyak manfaat magnet yang biasanya digunakan pada peralatan penunjang kegiatan manusia sehari-hari dan sebenarnya keberadaan magnet ini mungkin tidak banyak yang menyadari tapi karena magnet inilah alat tersebut bisa berfungsi. Dengan ditemukannya magnet maka juga sebagai titik munculnya peradaban mesin karena jantung dari mesin adalah magnet. Berikut ini adalah manfaat magnet dalam kehidupan sehari-hari yang perlu anda ketahui.

  1. Pengeras suara

Pengeras suara atau loud speaker atau anda lebih mengenalnya dengan istilah singkat speaker saja merupakan kombinasi antara magnet yang dipasang secara permanen dengan daya elektromagnetik. Cara kerja dari pengeras suara ini adalah dengan mengubah listrik menjadi suara melalui mekanisme tertentu. Nah, untuk dapat mengubah sinyal listrik menjadi suara, pengeras suara akan membangkitkan medan eletkromagnetik dan berinteraksi dengan cone di dalam magnet. Alat untuk membangkitka medan eletktromagnetis disebut sebagai kumparan voice coil. Jadi ketika cone magnet bergerak maju mundur itulah suara dapat dihasilkan.

Bagian voice coil dan magnet permanen dalam pengeras suara ini adalah dua sejoli yang tak dapat dipisahkan untuk menghasilkan suara. Voice coil sendiri merupakan bagian yang terus bergerak sedangkan magnet permanen adalah bagian yang akan tetap diam di tempatnya. Dengan adanya aliran listrik di dalam voice coil itulah yang akan membuat medan magnet berubah arah dan menyebabkan pergerakan tarik dan lepas listrik yang sangat cepat. Dari situlah kemudian muncul suara.

artikel terkait: manfaat adiwiyatamanfaat KK liforce

  1. Microfon

Kebalikan dari pengeras suara yang mengubah energi listrik menjadi suara, pada microfon justru mengubah energi suara menjadi energi listrik. Sebenarnya dalam setiap microfon memiliki mekanismenya sendiri-sendiri dalam hal mengubah energi suara menjadi listrik tergantung pada jenis microfonnya masing-masing. namun dari semua perbedaan tersebut dalam sebuah mic pasti memiliki satu persamaan yaitu memiliki bagian utama yang disebut dengan diafragma.

Jadi cara kerja dari mikrofon mengapa bisa menghasilkan suara adalah sebagai berikut:

  • Saat ada suara maka akan ada gelombang nah gelombang tersebut akan masuk ke dalam mikrofon.
  • Pada bagian utama dalam microfon yaitu diafragma itulah yang akan dilewati oleh gelombang suara. Di dalam diafragma sendiri terdapat membrane plastic yang sangat tipis dan membrane inilah yang akan bergetar sesuai dengan gelombang suara yang masuk. Jadi bisa besar atau pun kecil.
  • Pada bagian voice coil yang letaknya ada dibelakang diafragma juga akan ikut bergetar dengan adanya gelombang ini.
  • Kemudian, di dalam voice coil terdapat sebuah kumparan yang melingkari magnet permanen dimana voice coil ini dengan adanya gelombang akan bergesekan dengan medan magnet sehingga akan menimbulkan energi listrik di dalam magnet tersebut. Nah, mulai dari inilah kemudian gelombang suara akan diterjemahkan menjadi suara.
  • Aliran listrik dari dalam medan magnet akan bergerak kea rah amplifier dimana suara akan direkam dan kemudian dapat didengar.

Nah, menarik bukan cara kerja magnet pada pengeras suara?

artikel terkait: manfaat arsenikmanfaat earphone bluetooth

  1. Pintu kulkas

Pernahkah anda berfikir mengapa pintu kulkas atau lemari tidak ada kuncinya? Jika iya maka magnetlah jawabannya. Jadi pintu kulkas atau lemari es memang tidak membutuhkan kunci namun tetap bisa ditutup dengan rapat bahkan terkadang harus membutuhkan energi ektsra untuk membukanya. Hal ini disebabkan karena di sekitar pintu kulkas sudah dipasang magnet. Lemari es sendiri terbuat dari material yang sangat mudah ditarik oleh magnet seperti  baja atau besi kuat. Sedangkan pada bagian pintu magnet sudah dipasang magnet yang berukuran panjang dan ditutup dengan karet. Dengan ini anda tidak perlu khawatir lagi karena lemari es pasti akan menutupnya dengan rapat.

Jika pintu lemari es dapat menutup dengan sangat rapat maka suhu dalam kulkas atau lemari es juga bisa tetap dijaga dan segala makanan atau minuman anda dapat terlindungi secara maksimal. sebenarnya kerja dari pintu kulkas ini sama halnya dengan tempat pensil yang ada magnetnya pada bagian penutupnya namun di kulkas dalam ukuran yang lebih besar.

artikel terkait: manfaat xenonmanfaat mangan

  1. Kompas

Kompas digunakan sebagai penunjuk arah juga terbuat dari magnet. Jarum kompas akan menunjukkan arah selatan dan utara. Hal ini disebabkan karena bumi juga memiliki medan magnet sangat besar di bagian kutub utara dan selatan. Jadi ketika jarum kompas digunakan pasti menunjukkan kedua arah selatan dan utara tersebut. Sifat magnet yang selalu bertolak belakang sebenarnya membuat jarum kompas utara akan menunjuk bagian selatan dan juga sebaliknya. namun anda tidak perlu khawatir karena dengan adanya mekanisme khusus di dalam kompas anda sudah tidak perlu menerjemahkan kebalikan tersebut.

artikel terkait: manfaat lemon untuk dietmanfaat virus dalam kehidupan

  1. Dynamo sepeda

Pada sepeda yang bisa menghasilkan energi listrik atau ketika anda menggunakan sepeda dan bisa menyalakan lampu sepeda di malam hari maka itu juga peran dari adanya magnet di dalam dynamo sepeda. Ketika roda sepeda bergerak juga akan menggerakan kepala dynamo. Sedangkan di dalam dynamo ini memiliki sebuah magnet yang akan berputar di dalam kumparan tetap. Kemudian getaran dari gesekan antara roda sepeda magnet ini akan menghasilkan medan elektromagnetik dimana secara perlahan akan menjadi energi listrik. Jadi, anda bisa menghasilkan listrik hanya dengan mengayuh sepeda.

artikel terkait: manfaat offroad20 manfaat bersepeda bagi kesehatan

ads
  1. Pengangkat besi

Alat pengangkat besi sebenarnya sama halnya jik kita sedang mencari suatu benda yang terbuat dari besi dengan menggunakan magnet biasa. Saat ini alat pengangkat besi sudah dirancang sedemikian rupa yang digunakan untuk memilah material dari logam dan non logam dan ini biasanya digunakan dalam industri besar seperti tambang besi atau pemilahan sampah secara modern. Pemilahan  material logam dan non logam ini bertujuan untuk memudahkan kerja dari industri itu sendiri. Pada pembuangan sampah modern lebih berguna untuk memudahkan daur ulang.

Cara kerja dari alat pengangkat besi ini adalah dengan menggunakan besi yang kemudian mendapat lilitan dari kumparan yang sangat tebal. Kemudian saat dialiri listrik kumparan tersebut akan memunculkan medan magnet pada besi sehingga mampu mengangkat material logam besar dan saat aliran listrik dimatikan maka besi yang diangkat akan terlepas.

artikel terkait: manfaat belimbing besmanfaat pangkalan ojek

  1. Bel listrik

Manfaat dari magnet dalam kehidupan sehari-hari lainnya adalah pada bel listrik entah itu digunakan dalam sekolah, rumah, orang jualan dan sebagainya. Cara kerja dari bel listrik ini sebenarnya mudah yaitu ketika bel listrik ditekan maka akan mendapatkan aliran listrik di dalamnya. aliran listrik tersebut kemudian akan mengalirkan energi elektromagnetik di dalam interuptor. Nah, bagian interuptor inilah yang akan menarik pemukul sehingga bisa berbunyi dan jika bel dilepas maka tidak ada daya pada interuptor sehingga bel pun akan mati.

Proses ini akan berlangsung sedemikian rupa sampai bel mati terutama pada bel yang jika ditekan akan menghasilkan lagu sebagai iramanya biasanya sudah ada mekanisme sendiri di dalam bel tersebut.

artikel terkait: manfaat bijih besimanfaat olahraga angkat besi

  1. Ujung gunting

Tahukah anda bahwa di ujung gunting memiliki medan magnet? Ya hal ini memang benar dan fungsinya adalah untuk memudahkan pemotongan serta digunakan untuk mengambil benda-benda kecil seperti jarum dan lainnya. biasanya gunting yang bermagnet ini digunakan untuk industri tekstil.

artikel terkait: manfaat sunatmanfaat gaya gesek

  1. Pada papan catur

Pada beberapa jenis papan catur juga menggunakan magnet pada papannnya. Hal ini dikarenakan biasanya catur mudah terguling dan roboh dan hal ini tentu saja menyulitkan karena bisa jadi lupa dengan posisi caturnya. Oleh karena itu magnet juga diberikan dalam papan catur supaya tidak mudah roboh dan membuat para pemain catur tidak khawatir jika catur roboh dan lainnya karena permainan akan tetap bisa dilanjutkan.

artikel terkait: manfaat afirmasi positif12 manfaat bermain catur bagi fungsi otak

Demikian ulasan mengenai manfaat magnet dalam kehidpan sehari-hari. Semoga ini bisa menambah wawasan baru bagi anda mengenai magnet dan apa saja alat rumah tangga yang menggunakan magnet yang anda gunakan selama ini. terima kasih dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 14th, June 2016 / 21:24 Oleh :
Kategori : Teknologi