16 Manfaat Madu Hutan Asli Untuk Kesehatan

Madu merupakan salah satu bahan alam yang dihasilkan dari lebah dan bunga. Madu yang dihasilkan dari lebah dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Sudah sejak lama madu disebut sebagai obat untuk segala macam penyakit. Madu hutan merupakan madu alami madu yang dihasilkan dari lebah yang mendapatkan makanan dari bahan alam, bukan dari makanan yang sudah disediakan oleh manusia. Sekarang ini banyak orang yang membudidayakan lebah, dengan menyediakan makanan yang diperlukan oleh lebah madu dan dapat menghasilkan madu. Namun kualitas dan kuantitasnya berbeda dengan madu hutan asli.

artikel terkait:

Kandungan Madu Hutan

Madu hutan dihasilkan dari madu liar yang mendapatkan makanan alami yang berasal dari alam, dan menghasilkan masu asli yang memiliki banyak manfaat. Madu yang dihasilkan oleh lebah madu liar ini mengandung karbohidrat, protein, asam amino, vitamin, enzim dan mineral. Seperti bahan yang dapat mengatasi berbagai penyakit lainnya, madu hutan mengandung antioksidan, flavonoid, alkaloid dan juga vitamin C. Kandungan yang terkandung di dalam madu hutan inilah yang membuat madu hutan memiliki banyak khasiat untuk mengobato berbagai macam penyakit.

artikel terkait: manfaat madu bagi penderita asam lambungmanfaat minuman lemon madu

Khasiat Madu Hutan

Madu hutan memiliki khasiat yang dapat dibedakan berdasarkan jenis perkembangan manusia, mulai dari dalam janin sampai sudah tua. Selain itu, madu hutan memiliki khasiat yang umum bagi seluruh usia manusia.

artikel terkait: manfaat jahe dicampur madu

Khasiat Madu Hutan Sesuai Usia

Berikut ini manfaat madu hutan sesuai dengan jenjang usia manusia:

  1. Madu hutan dipercaya dapat memperbaiki sistem pencernaan karena madu hutan dapat berfungsi untuk menyerap elektrolit dan air dalam sistem pencernaan. Manfaat lain madu hutan untuk pencernaan ini, madu hutan dapet membantu menghambat pertumbuhan E coli, sehingga dapat mencegah terjadinya diare. Selain itu, madu hutan dapat melindungi lambung sehingga mengurasngi resiko terjadinya iritasi pada lambung.
  2. Madu hutan memiliki manfaat untuk menguatkan janin yang ada di dalam rahim. Sehingga dapat menguatkan janin dan mencegah resiko terjadinya keguguran. Madu hutan dipercaya dapat memelihara kesehatan ibu hamil dan selalu menjaga asupan gizi bagi ibu hamil. Janin yang ada di dalam perut ibu hamil dapat tumbuh dan berkembang Selain menjaga ibu hamil dan kesehatan bayi selama ada dalam kandungan, ketika bayi sudah lahir, kandungan dalam madu hutan dapat membantu bayi dalam meningkatkan perkembangan otak bayi.
  3. Madu hutan dapat meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Madu hutan mengandung vitamin B yang membantu meningkatkan perkembangan tubuh anak, sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Dengan mengkonsumsi madu hutan, anak menjadi memiliki nafsu makan yang tinggi dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, sehingga akan terhindar dari berbagai macampenyakit.
  4. Pada usia perkembangan remaja, madu hujan dapat membantu menyempurnakan pertumbuhan cel yang ada di dalam tubuh. Sehingga pada remaja dapat tumbuh dan berkembang secara sempurna.
  5. Pada usia dewasa, madu hutan memiliki fungsi yang sangat penting. Karenapada masa dewasa inilah bakal calon mulai bermunculan dan mulai tumbuh. Madu hutan dapat mengatasi berbagai penyakit yang diderita oleh orang dewasa pada umumnya. Penyakit tipes dan tenggorokan dapat diatasi oleh madu hutan. Selain itu, madu hutan juga dapat mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Hanya dengan mengkonsumsi madu hutan berbagai jenis penyakit yang menyerang dapat dicegah dan diatasi.
  6. Orang yang sudah lanjut usia biasanya memiliki tenaga dan energi yang sudah jauh berbeda dengan orang yang masih muda. Dengan mengkonsumsi madu hutan, orang yang sudah lanjut usia dapat meningkatkan gizi dan energi yang mudah diserap oleh tubuh. Hal ini disebabkan karena madu hutan merupakan salah satu bahan alami yang dapat meningkatkan gizi dan energi yang diperlukan oleh tubuh manusia.

artikel terkait: manfaat madu hitam pahitmanfaat madu untuk kulit

Beberapa hal tersebut merupakan khasiat madu hutan sesuai dengan usia perkembangan manusia.

Manfaat Madu Hutan Secara Umum

Selain itu, secara umum madu hutan memiliki beberapa khasiat sebagai berikut:

  1. Sebagai salah satu bahan alami yang dipercaya untuk mengatasi penyakit mata.
  2. Menguatkan sel darah putih yang ada di dalam tubuh
  3. Kandungan aktif yang ada di dalam madu hutan dapat mengobati luka yang dialami oleh manusia dan mencegah dari timbulnya infeksi.
  4. Madu hutan dapat digunakan sebagai bahan alami yang dapat meningkatkan vitalitas tubuh.
  5. Meningkatkan kesuburan bagi wanita dan pria.
  6. Membantu tubuh menstabilkan tekanan darah tinggi.
  7. Bagi penderita anemia, mengkonsumsi madu hutan dapat menjadi solusi untuk mengatasi anemia.
  8. Mengatasi masalah saluran pencernaan seperti susah buang air besar atau sembelit, mencegah terjadinya diare dan masalah pencernaan lainnya.
  9. Membantu tulang agar terhindar dari osteoporosis.
  10. Mengatasi masalah yang ditimbulkan akibat alergi yang dialami oleh tubuh.

artikel terkait: manfaat kacang panjang untuk dietmanfaat madumanfaat madu hitam

Madu hutan memang memiliki khasiat yang sangat banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu diperhatikan kadar konsumsi agar tidak terlalu banyak dan diimbangi dengan menjaga pola makan dan pola hidup sehat.

, , ,
Post Date: Tuesday 30th, August 2016 / 13:35 Oleh :
Kategori : Kesehatan