Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Madu Hitam Pahit untuk Kesehatan

Sponsors Link

Apabila anda mendengar kata madu, pasti apa yang ada di benak anda adalah benada yang manis dan juga legit. Namun demikian, ternyata madu juga memiliki jenis lainnya yang tidak manis. Jenis madu ini dikenal dengan nama madu hitam pahit. Sesuai dengan namanya madu hitam pahit ini merupakan madu yang memiliki warna hitam pekat, berbeda dengan madu pada umumnya yang berwarna kuning kecokelatan. Selain itu, madu hitam pahit ini juga memiliki rasa yang pahit, dan memiliki kandungan gula yang sangat rendah apabila dibandingkan dengan madu biasa pada umumnya.

Asal Muasal Madu Hitam

Madu hitam pahit sendiri saat ini banyak terdapat di hutan Kalimantan, dimana madu ini diperoleh dari hasil pengolahan nektar yang diproduksi oleh lebah liar, yang mengambilnya dari pohon mahoni. Inilah yang menyebabkan rasa pahit dan juga warna hitam pada madu tersebut, karena diambil dari pohon mahoni. Saat ini, madu ini sudah banyak sekali dijual dalam bentuk kemasan botol, seperti madu pada umumnya dengan berbagai merk. Anda bisa memilih di toko obat dan juga apotek, serta beberapa mungkin juga dijual di pasar tradisional.

Sama seperti madu pada umumnya, madu hitam pahit pun memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita. apa saja manfaatnya? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari madu hitam pahit :

1. Mempercepat proses penyembuhan berbagai macam penyakit

Manfaat pertama dari madu hitam pahit adalah dapat membantu untuk mempercepat penyembuhan penyakit dan juga luka. Dengan kandungan manfaat vitamin C nya yang tinggi, maka madu hitam pahit juga dapat membantu untuk menyembuhkan luka dan juga mempercepat penyembuhan dari berbagai macam penyakit. Anda hanya tinggal meminumnya saja secara teratur, 3 sendok sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Antioksidan yang tinggi

Madu hitam pahit juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Manfaat antioksidan yang tinggi ini sangat baik untuk membantu menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah penuaan dini, serta kemungkinan munculnya sel-sel kanker di dalam tubuh. Selain antioksdan yang tinggi, madu hitam pahit juga memiliki kandungan anti bakteri dan juga kandungan anti virus. Hal ini dapat menjaga tubuh dari masuknya virus-virus serta bakteri penyebab berbagai macam penyakit.

3. Dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Sama seperti madu pada umumnya, madu hitam pahit memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi anda untuk menegah munculnya serangan berbagai macam penyakit, seperti flu, batuk dan juga demam. Selain itu, bagi anak-anak madu hitam pahit pun juga sangat baik untuk melindungi dari berbagai kuman penyebab penyakit ketika bermain di luar rumah.

4. Menurunkan kadar gula darah dan baik untuk penderita diabetes

Berbeda dengan madu pada umumnya manfaat madu hitam pahit memiliki kandungan gula yang rendah, sehingga madu hitam pahit sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes yang memiliki kadar gula darah tinggi. Selain itu, madu hitam pahit juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk membantu menurunkan kadar gula dara di dalam tubuh. jadi, bagi anda yang menderita diabetes, cobalah untuk mengkonsumsi madu hitam pahit ini.

5. Dapat mengembalikan stamina tubuh

Anda merasa lelah setelah beraktivitas seharian? Kalau begitu, cobalah untuk mengkonsumsi madu hitam pahit. Ya, madu hitam pahit berfungsi untuk mengembalikan stamina anda yang telah terkuras setelah beraktivitas seharian, Dengan begitu, anda pun menjadi kembali segar dan juga bertenaga untuk meneruskan aktivitas anda dan tidak mudah merasa lelah lagi.

6. Dapat meredakan gejala asam urat

Asam urat merupakan salah satu gejala yang muncul dikarenakan adanya pengkristalan dari lemak di bagian persendian tubuh. Ketika kambuh asam urat dapat menimbulkan gejala yang luar biasa perih dan menyiksa penderitanya, karena bisa jadi menyebabkan penderitanya sulit bergerak dengan bebas karena sakitnya. Namun demikian untuk meredakan gejala asam urat ini, cobalah untuk mengkonsumsi madu hitam pahit.

Dengan nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh, madu hitam pahit juga memiliki kandungan dan juga manfaat yang sangat baik untuk meredakan gejala asam urat yang anda rasakan.

7. Menurunkan kadar kolesterol

sponsored links

Anda menderita kolesterol yang tinggi? apakah anda khawatir dengan penyakit anda? Kalau begitu, anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi madu hitam pahit. Ya, madu hitam pahit juga memiliki manfaat yang baik untuk membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Manfaat madu hitam pahit yang dikonsumsi secara rutin , maka kadar kolesterol di dalam tubuh perlahan-lahan akan mengalami penurunan, sehingga anda akan merasakan gejala kolesterol tinggi yang berkurang.


Kolesterol tinggi dalam darah ini juga bisa di kontrol dengan konsumsi yakni :

8. Mengobati penyakit maag

Bagi anda yang memiliki gejala dan juga sakit maag, maka cobalah juga untuk sering mengkonsumsi madu hitam pahit. Madu hitam pahit mampu untuk membantu meredakan gejala sakit maag, sehingga dapat membuat anda terhindar dari rasa perih di lambung. Hal ini juga dapat berakibat ketergantungan anda terhadap obat maag menjadi berkurang, serta anda pun akan merasa nyaman ketika akan makan, tanpa takut mengalami maag yang kambuh.

9. Memperkuat fungsi hati

Manfaat madu hitam pahit adalah mampu untuk memperkuat dan menjaga fungsi dari hati atau liver. Dengan kesehatan serta fungsi yang terjaga dengan baik, maka tubuh anda pastinya akan terasa lebih sehat dan segar karena gangguan pada hati dapat menyebabkan terjadinya ketidakseimabangan di dalam tubuh.


Untuk mengoptimalkan fungsi hati, herbal berikut ini juga bisa dikonsumsi :

10. Menetralisir asam lambung

Anda yang memiliki asam lambung pun bisa mencoba untuk mengkonsumsi madu hitam pahit ini. Madu hitam pahit memiliki manfaat yang baik untuk menetralisir kadar keasaman di dalam lambung anda. Hal ini tentu saja memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah kambuhnya gejala asam lambung atau GERD yang biasa anda alami ketika akan makan makanan yang memiliki kandungan asam serta panas yang tinggi.


Berikut ini sejumlah herbal lainnya yang mampu menetralisir asam lambung :

Itulah manfaat dari madu hitam pahit, dengan mengkonsumsi madu hitam pahit maka kesehatan tubuh anda akan terjaga. Sehingga bisa membuat hidup anda menjadi lebih sehat dan terhindar dari serangan berbagai macam penyakit.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 10th, September 2015 / 04:34 Oleh :
Kategori : Herbal