Sponsors Link

7 Manfaat Lumut Tanduk Bagi Manusia

Sponsors Link

Jika berbicara tentang lumut, tentu para pembaca sudah tidak asing dengan tumbuhan yang satu ini. Banyak orang diluar sana yang hanya mengenal lumut hijau yang selalu menempel pada bagian benda yang sudah lama dan jarang dibersihkan. Lumut juga memiliki banyak jenis nya antara lain :

ads

manfaat lumut tanduk

  • Lumut ( Brophytina ) yang biasanya ada pada benda benda yang sudah tidak terpakai dan tidak ter-urus.
  • Lumut daun, lumut yang satu ini selalu muncul pada daun yang sudah hampir punah dan tertutupi oleh lumut ini.
  • Lumut hati / Marchantiophyta (Hepaticophyta) lumut yang sering tumbuh pada selokan dan tempat yang kotor.
  • Lumut tanduk (Anthocerotophyta), tumbuhan yang sering melekat pada tanah dan juga sering ditemuka diselokan.
  • Lumut kerak adalah hubungan simbiosis antara jamur dengan tumbuhan.
  • Alga (ganggang), lumut yang satu ini sering muncul pada kolam renang yang tidak teurus, danau dan juga sungai.

Dan pada artikel kali ini penulis akan memfokuskan untuk membahas tentang manfaat apa saja dari lumut tanduk. Sebelum menjelaskan manfaatnya terlebih dahulu menjelaskan sedikit tentang lumut tanduk. Lumut tanduk ialah tumbuhan yang sering menempel pada tanah berwarna hijau yang berspora superdivisi atau bryophyta. Tumbuhan ini sangat mudah ditemukan di sungai, danau dan juga kolam-kolam ikan. Apa beda nya lumut tanduk dengan lumut hati ? perbedaannya ada pada sporofitnya. Karena lumut tanduk lebih rumit bentuknnya dibanding lumut hati.

Artikel yang terkait :

Setelah mengetahui apa itu lumut tanduk. Apa saja manfaat lumut tanduk bagi manusia ?

1. Penyubur tanah

Tanah pasti ada yang subur dan ada juga yang tidak subur dan kering. Yang menyebabkan tanah itu seperti apa karena banyak faktor mulai dari udara, perawatan, dan juga tanaman – tanaman diatasnya. Ternyata lumut tanduk yang sering menunpang diatas tanah mempunyai manfaat yaitu untuk dapat menyuburkan tanah. Karena lumut tanduk mempunyai bahan batang dan daun yang dapat mencegah sinar ulraviolet dari matahari yang dapat membuat tanah menjadi tidak subur dan kering.

Artikel yang terkait :

2. Baik untuk polusi udara

Polusi udara yang segar tentunya keinginan semua orang. Namun pada jaman sekarang tentunya tidak akan mudah lagi para manusia akan mudah mengkonsumsi udara yang baik dan segar. Namun ternyata dibalik itu semua ada tanaman yang sangat berguna untuk mencegah terjadinya polusi udara. Ya tanaman itu adalah lumut tanduk. Tanaman ini biasanya mengolah udara yang lewat diatasnya menjadi udara yang baru atau menjadi udara yang lebih segar. Karena dalam kerjanya tanaman ini menangkap udara yang lewat dan disimpan dalam batang atau akarnya lalu menghembuskan nya kembali keudara tentunya dengan udara yang lebih segar. So, jangan pernah buang tumbuhan ini secara berlebihan ya.

Artikel yang terkait :

3. Membantu tanaman yang lainya untuk berkembang

Pernah mendenger fotositensis mutualisme ? ya kerja sama yang saling menguntungkan antara semuanya yang terlibat. Begitu juga dengan tanaman ini karena secara tidak langsung tanaman ini yang selalu menempel dengan tanah dan tumbuhan yang lainya dapat saling menguntungkan bagi tanah tumbuhan ini sangat berguna sebagai penyubur tanah. Bagi tanaman lain berguna untuk proses perkembangan tanaman agar lebih cepat.

Artikel yang terkait :

4. Sebagai hortikultura

Hortikultura seperti perkembangan dari tumbuhan tumbuhan yang lain. Jadi dalam arti mudah nya adalah mengembangbiakan atau mengabung dengan tanaman lain. Ini biasa sering dilakukan oleh lumut tanduk dengan menempel pada tanah dan juga tanaman yang lainya. Yang fungsinya lumut ini nantinya akan menstablikan dan menjaga tanah agar tetap lembab dan juga membantu proses pertumbuhan tanaman yang lainya.

5. Sebagai pendeteksi mineral dalam tanah

Dalam tanah juga terkandung mineral yang fungsinya untuk dapat melembabkan dan berguna sebagai proses nafas dari tumbuhan – tumbuhan. Ternyata dibalik itu semua lumut tanduk sangat berguna untuk pendeteksi adanya mineral dalam tanah. Bagaimana bisa terjadi ? karena dalam lumut tanduk ada bagian sistem penyaringan yang dimana fungsi utamanya adalah ketika ada air yang menghujaninya secara tidak langsung akan menyaring air tersebut untuk dapat merembeskan kedalam tanah. Terdengar aneh bukan.

Artikel yang terkait :

ads

6. Menangkal hama dan serangga

Hama dan serangga tentunya sangat menggangu bagi para petani, penanam tumbuhan dan juga tumbuhan nya itu sendiri. Karena 2 jenis hewan ini kerap kali menggorogoti apa saja yang menjadi makanannya. 2 hewan ini biasanya diusir dengan obat semprot atau sejenisnya. Namun ada cara lebih mudah untuk dapat menangkal hama dan serangga agar tidak mudah masuk dan menyerang tumbuhan lainya. Yaitu dengan lumut tanduk. Tanaman ini memang tanaman yang tidak terlalu besar namun dapat mengusir hama dan serangga secara efektif. Cara kerja tumbuhan ini mengusir hama dan serangga dengan mengeluarkan bahan pestisidanya namun tetap aman bagi tumbuhan yang lainya. Bagaimana cara nya ?

  • Jika memang ada penjual lumut tanduk, segeralah beli
  • Tanam lumut tanduk disekitar tumbuhan yang rentan dan sering dikunjungi oleh hama dan serangga
  • Jangan menaruh ngasal tapi tetap ditanam tumbuhan lumut tanduknya dengan sedikit menggali tanah.

Cara diatas hanyalah cara sederhana namun sangat baik manfaatnya untuk tumbuhan yang lainya.

Artikel yang terkait :

7. Sebagai alternatif pengobatan

Manfaat yang terakhir ini bisa dibilang aneh namun benar adanya. Sama seperti lumut hati ternyata lumut tanduk juga mempunyai khasiat untuk kesehatan tubuh seseorang. Tanaman yang biasanya sering dibuang dan hancurkan oleh orang ini ternyata memiliki manfaat didalamnya. Mengapa tumbuhan lumut tanduk dapat dijadikan obat karena lumut tanduk adalah tanaman yang aman untuk dikonsumsi dan tidak beracun dan dapat menangani penyakit batuk, hepatitis, dan juga penyakit jantung. namun anda harus tetap berhati hati dalam mengkonsumsi tumbuhan lumut tanduk ini karena tidak ada standar dan takarannya.

Artikel yang terkait :

Setelah mengetahui manfaat lumut tanduk diatas mungkin anda tidak lagi membuang tumbuhan ini secara berlebihan karena ada manfaat didalamnya namun tidak ada salahnya membuang atau menebas tumbuhan ini jika terlihat menggangu.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 15th, June 2016 / 02:15 Oleh :
Kategori : Tumbuhan