Sponsors Link

12 Manfaat Lotus (sayur)

Sponsors Link

manfaat lotus sayurDi beberapa tempat kita sering menjumpai masyarakatnya memanfaatkan tanaman lotus sebagai salah satu bahan dalam olahan makanan mereka. Akar, daun, biji, maupun tangkai muda dari tanaman ini bisa diolah menjadi aneka jenis sayur.

Kandungan Nutrisi

Akar dari tanaman lotus merupakan umbi yang dapat menyimpan energi dalam bentuk pati. Akar dari tanaman ini banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Berikut ini tabel tentang kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram akar atau rimpang lotus :

Nutrisi Jumlah Kandungan % of RDA
Energy 74 Kcal 3,7%
Karbohidrat 17.23 g 13%
Protein 2.60 g 5%
Lemak 0.10 g 0.5%
Serat 4.9 g 13%
Folat 13µg 3%
Niacin 0.400 mg 2,5%
Phantotenat Acid 0.377 mg 7,5%
Pyridoxine 0.258 mg 20%
Ribloflavin 0.220 mg 17%
Thiamin 0.160 mg 13%
Vitamin C 44 mg 73%
Sodium 40 mg 3%
Potasium 556 mg 12%
Kalsium 45 mg 4.5%
Copper 0.257 mg 29%
Zat Besi 1.16 mg 14%
Magnesium 23 mg 6%
Mangaan 0.261 mg 1%
Selenium 0.7 µg 1%
Zinc 0.39 mg 3,5%

Dari tabel kandungan nutrisi di atas, kita bisa tahu bahwa banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan setelah mengkonsumsi sayur lotus, diantaranya adalah :

1. Sebagai sumber energi

Dalam 100 gram rimpang lotus terkandung +/- 74 kalori. Sehingga menjadikan tanaman ini sebagai salah satu sumber utama bagi tubuh untuk mendapatkan energi.

2. Dapat membantu menurunkan kolesterol

Akar atau rimpang tanaman lotus mengandung sejumlah besar serat. Dimana serat tersebut nantinya dapat bekerja untuk membantu pencernaan manfaat karbohidrat kompleks secara lambat dalam membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

3. Dapat membantu menurunkan berat badan

Kandungan manfaat serat alami yang terkandung dalam tanaman lotus sangat baik untuk membantu program diet dalam rangka penurunan berat badan seseorang. Hal ini akan membantu menurunkan resiko terjadinya obesitas.

4. Dapat membantu mencegah diabetes

Penurunan kadar kolesterol dalam darah serta resiko terjadinya obesitas, tentu saja akan berpengaruh pada penurunan resiko terjadinya gangguan penyakit yang disebabkan oleh kelebihan kadar gula dalam darah seperti diabetes. Untuk itu, manfaat lotus sebagai salah satu alternatif bahan pangan adalah merupakan salah satu solusi dalam upaya pencegahan diabetes.

5. Dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit kulit

Tanaman lotus sarat akan kandungan manfaat vitamin C. Dalam 100 gramnya terdapat +/- 73% dari kebutuhan vitamin C yang diperlukan oleh tubuh kita. Vitamin C merupakan anti-oksidan yang dapat larut dalam air. Hal ini sangat diperlukan oleh tubuh kita untuk mensintesis kandungan kolagen dalam tubuh. Kolagen merupakan sebuah protein struktural utama dalam tubuh yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, tulang, serta organ tubuh lainnya.

Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan vitamin C secara teratur dapat membantu tubuh kita untuk terhindar dari berbagai macam penyakit kulit seperti penyakit kudis. Selain itu, Vitamin C juga bermanfaat untuk mempercepat proses pnyembuhan luka.

6. Membantu mencegah infeksi

Kandungan vitamin C dalam tanaman lotus dapat membantu tubuh untuk lebih meningkatkan resistensi terhadap berbagai jenis penyakit yang ditimbulkan oleh infeksi virus.

7. Bertindak sebagai Immunodulator dalam tubuh

Selain dapat membantu mencegah berbagai penyakit, kandungan vitamin C dalam tanaman lotus juga sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh kita.

8. Dapat membantu mencegah kanker

Manfaat lain dari kandungan vitamin C dalam sayur lotus adalah dapat membantu menangkal radikal bebas yang sewaktu-waktu bisa menimpa tubuh kita. Dimana kita ketahui bahwa radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya gangguan penyakit kanker.

9. Dapat meningkatkan mood

Selain kandungan vitamin C, serat dan juga kalori, manfaat lotus juga sarat akan kandungan manfaat vitamin B komplek yang berguna bagi tubuh seperti piridoksin (vitamin B-6), folat, niacin, riboflavin, asam pantotenat, dan thiamin.

Piridoksin (vitamin B-6) merupakan vitamin yang dapat bertindak sebagai co-enzim dalam sintesis neuro-kimia dalam otak yang mempengaruhi suasana hati. Pada saat tubuh memiliki tingkat pyridoxine yang cukup, hal itu dapat membantu mengontrol iritabilitas saraf, sakit kepala, dan ketegangan.

10. Dapat menurunkan resiko penyakit jantung

Kandungan vitamin B komplek yang terdapat dalam sayur lotus, selain dapat meningkatkan mood dan menurunkan tingkat ketegangan juga dapat bermanfaat dalam mengontrol kadar homosistein dalam darah. Sehingga nantinya dapat membantu dalam menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.

11. Dapat membantu mencegah anemia

sponsored links

Kandungan beberapa mineral penting dalam sayur lotus seperti manfaat zat besi, tembaga seng, magnesium, dan mangan. Tembaga, magaan, dan seng merupakan mineral penting yang bertindak sebagai co-faktor berbagai enzim dalam tubuh seperti sitokrom c oksidase-dan superoxide dismutase. Sedangkan zat besi dapat membantu dalam memproduksi sel-sel darah merah yang nantinya dapat membantu dalam mencegah anemia.

12. Membantu dalam mengatur denyut jantung serta tekanan darah

Keseimbangan elektrolit alami dalam sayur lotus menjadikannya sebagai bahan pangan yang memiliki rasa renyah dan lezat. Natrium yang terdapat dalam manfaat lotus dapat memberikan efek rasa manis. Sedangkan kandungan manfaat kalsium dapat membantu mengatur denyut jantung serta tekanan darah untuk melawan efek negatif yang ditimbulkan oleh kandungan natrium tersebut.

Efek samping Sayur Lotus

Meskipun menawarkan berbagai jenis manfaat bagi kesehatan kita, namun ada baiknya apabila kita juga mengetahui beberapa efek samping yang dapat timbul saat kita mengkonsumsi bahan makanan ini. Akar teratai merupakan tempat hidup bagi beberapa jenis parasit seperti Fasciolopsis buski, yaitu sebuah trematoda yang biasanya bersarang pada tanaman air seperti teratai, air caltrop (Trapa natans), Eleocharis dulcis, dan berbagai jenis tanaman air lainnya.

Parasit tersebut dapat menimbulkan berbagai efek samping bagi kesehatan seperti sakit perut, muntah, diare, demam, dan obstruksi usus. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencuci secara bersih dan menyeluruh, serta memasak sayuran lotus hingga matang dengan tujuan untuk menghancurkan larva-larva dari parasit tersebut.

Mengenal Tanaman Lotus

Lotus merupakan tanaman yang biasa hidup di air seperti kolam ataupun rawa-rawa. Dimana tanaman ini memiliki bunga dengan warna-warna yang cantik seperti ungu, putih, maupun pink. Daun lotus biasanya mengambang dipermukaan air. Tanaman yang berasal dari keluarga nelumbonaceae ini memiliki nama ilmiah Nelumbo Nucifera. Lotus merupakan tanaman yang sangat populer di beberapa negara seperti Jepang dan juga Cina.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 05th, August 2015 / 04:07 Oleh :
Kategori : Tumbuhan