Sponsors Link

8 Manfaat Lingkungan Kerja – Pengertian, Jenis, dan Manfaat

Sponsors Link

Lingkungan kerja merupakan suatu tempat ataupun keadaan kehidupan sosial yang ada di sekitar tempat kerja yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan baik secara langsung maupun secara tidak langsung. Lingkungan kerja yang baik dapat memicu produktifitas dan kinerja karyawan secara sehat, optimal, aman, dan rasa nyaman.

ads

Jenis Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu fisik dan non fisik. Lingkungan kerja fisik dibagi lagi menjadi dua kategori yaitu lingkungan kerja langsung (pusat kerja, meja, kursi, dan sebagainya) dan lingkungan perantara/umum (sirkulasi, terperatur, cahaya, kebisingan, getaran, dan lainnya). Sedangkan lingkungan kerja non fisik berkaitan dengan hubungan kerja dan keadaan di sekitar seperti suasana kekeluargaan, komunikasi yang baik, dan pengendalian diri.

Artikel terkait:

Menurut Magforwowen lingkungan kerja yang sehat adalah lingkungan kerja yang:

Sponsors Link

Manfaat Lingkungan Kerja

  1. Menciptakan gairah kerja sehingga prestasi dan produktivitas karyawan dapat meningkat. (Ishak dan Tanjung, 2013).
  2. Pekerjaan dapat diselesaikan dengan tepat sesuai standar kerja dan dalam jangka waktu yang ditentukan.
  3. Tidak membutuhkan terlalu banyak pengawasan karena setiap individu karya dapat saling mengawasi demi tercapainya prestasi kerja.
  4. Menciptakan semangat kerja yang tinggi.
  5. Membuat suasana hati karyawan bahagia dalam mengerjakan pekerjaannya sehingga dapat mencapai hasil kerja yang baik.
  6. Terjalin komunikasi yang baik antara rekan kerja dan atasan dalam suasana kekeluargaan sehingga dapat terhindar dari konflik berkepanjangan.
  7. Membantu ciptakan visi dan misi serta tujuan yang sama dalam aktifitas/kegiatan mengembangkan dan memajukan perusahaan.
  8. Menghindari kecelakaan kerja dan meningkatkan profit.

Artikel terkait:

Lingkungan kerja memang faktor utama bagaimana kinerja karyawan dapat membantu memajukan perusahaan. Lingkungan kerja yang baik akan menciptakan semangat kerja dan hubungan yang baik antar karyawan dan atasan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 02nd, January 2017 / 17:12 Oleh :
Kategori : Sosial