Sponsors Link

7 Manfaat Limbah Kelapa Sawit Bagi Manusia

Sponsors Link

Kelapa sawit merupakan salah satu jenis komoditi pasar yang paling menjanjikan di Indonesia. Jenis pohon yang dalam bahasa latinnya dikenal dengan nama Elais ini adalah pohon yang saat ini memiliki perkebunan yang sangat besar dan juga luas di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dari beberapa data, dimana terjadi pembukaan lahan besar-besaran yang dirubah dan disulap menjadi perkebunan kelapa sawit. Hal ini mungkin disebabkan karena memang kelapa sawit memiliki harga jual yang cenderung stabil dan juga tinggi, sehingga kelapa sawit dianggap lebih menguntungkan dibandingkan komoditi pasar lainnya.

ads

Di Indonesia sendiri, yang merupakan salah satu negara penghasil komoditas kelapa sawit yang besar, banyak tmbuh pada daerah Sumatra, Jawa, Kalimantan dan juga Sulawesi. Kelapa sawit sendiri setelah diolah menghasilkan apa yang kita kenal dengan nama minyak kelapa sawit yang pada penggunaannya di Indonesia dan juga dunia sering dimanfaatkan untuk berbagai hal berikut ini:

  • Pembuatan minyak goreng
  • Sebagai bahan bakar biodiesel
  • Sebagai pelumas dan juga oli
  • Dimanfaatkan untuk pembuatan lotion dan juga cream kulit
  • Dibuat menjadi mentega
  • Bahan pembuatan cat
  • Pembuatan pasta gigi
  • Dan berbagai manfaat lainnya yang tentu saja banyak bermanfaat untuk kita.

Limbah Kelapa Sawit

Dalam proses pengolahan kelapa sawit menjadi berbagai macam kebutuhan, maka sudah pasti akan meninggalkan sisa-sisa dan juga residu yang dikenal dengan nama limbah. Ya, kelapa sawit pun dalam pengolahannya juga dapat menghasilkan limbah. Namun demikian, limbah hasil pengolahan dari kelapa sawit ini tidak terlalu berdampak buruk bagi lingkungan, karena merupakan salah satu bentuk limbah yang bersifat organik, tanpa mengandung bahan kimia yang dapat membahayakan lingkungan. Karena itu beberapa limbah dari kelapa sawit pun sering dimanfaatkan untuk keperluan perkebunan dan juga perternakan.

Limbah kelapa sawit sediri karena merupakan salah satu jenis limbah organik, membuatnya menjadi lebih mudah untuk diolah dan cenderung aman bagi lingkungan. Karena itu, pemanfaatan dari limbah kelapa sawit itu sendiri cukup bervariasi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari limbah kelapa sawit :

1. Sebagai pembuatan pupuk organik

Manfaat limbah kelapa sawit yang paling sering kita dengar adalah sebagai salah satu alternatif pupuk organik. Ya, setelah manfaat kelapa sawit diolah menjadi minyak mentah, maka akan muncul limbah sisa dari kelapa sawit yang sudah kering dan hancur. Sisa limbah inilah yang dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Dengan menggunakan pupuk yang berasal dari limbah kelapa sawit ini, maka para petani dan juga warga yang memiliki kebun tidak perlu terlalu menggantungkan kelangsungan hidup kebun mereka dari pupuk kimia lagi.

Tumbuhan dan juga produk pertanian yang menggunakan pupuk organik memiliki tingkat kesegaran dan juga higienitas yang lebih tinggi, karena tidak tersentuh bahan-bahan kimia. Manfaat bahan alami yang dapat digunakan sebagai pupuk organik lainnya adalah :

2. Sebagai bahan pakan ternak

Selain dimanfaatkan sebagai pupuk organik, manfaat limbah kelapa sawit ini juga dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pakan ternak. Limbah dari pengolahan kelapa sawit ini memilki nutrisi yang cukup baik untuk ternak anda, terutama sapi, kambing dan juga hewan babi untuk selalu menjaga kualitas dari hewan ternak anda.

Selain limbah kelapa sawit, kegunaan sebagai pakan ternak ini juga bisa diberikan oleh :

3. Pembuatan pulp kertas

Manfaat lainnya dari limbah kelapa sawit adalah sebagai bahan dari pulp kertas. Limbah dari kelapa sawit ini dapat mengurangi ketergantungan impor Indonesia terhadap bahan dasar dari pulp kertas, serta memiliki kualitas yang baik.

Pembuatan pulp kertas ini juga bisa menggunakan :

5. Sebagai arang

Sama seperti manfaat batok kelapa, tempurung dari tanaman sawit sendiri memiliki manfaat yang sangat baik  arang. Biasanya kita mengenal ini dengan istilah arang batok. Pada daerah yang terdapat banyak perkebunan sawit, manfaat arang yang terbuat dari tempurung alias batok dari kelapa sawit ini sudah banyak digunakan. Selain karena manfaat arang batok kelapa kualitasnya bagus, tempurung atau batok kelapa sawit ini juga memiliki harga yang terjangkau dan juga murah.

6. Sebagai perabotan rumah tangga

ads

Batang dari tanaman sawit yang sudah tidak terpakai, akan menjadi limbah dan biasanya akan dibuang. Namun ternyata batang dari kelapa sawit ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan perabotan rumah tangga dan juga keperluan hiasan rumah tangga dengan harga yang tinggi. jadi, jangan langsung membuang batang kelapa sawit begitu saja, karena ternyata batang kelapa sawit ini memiliki manfaat untuk perabotan rumah tangga kita.

Bahan pembuatan perabotan rumah tangga lainnya juga bisa diperoleh dari :

6. Sebagai media perkembangan dari jamur

Ketika panen, kelapa sawit akan ditumpuk pada suatu wadah penyimpanan. Ketika wadah penyimpanan itu mulai kosong dan hanya tersisa beberapa limbah kecil dari kelapa sawit itu, maka akan muncul jamur. Jamur ini sering dikenal dengan nama jamur sawit. Yang ternyata jamur ini juga memiliki rasa yang enak, serta memiliki potensi yang cukup baik untuk dijual kembali oleh warga sekitarnya.

Berbagai manfaat jamur juga bisa tumbuh pada limbah kelapa sawit seperti :

7. Tanah bekas tumbuhnya kelapa sawit memiliki unsur hara yang tinggi

Ketika tanaman sawit sudah dipanen dan pohonnya diambil, maka lahan dari kelapa sawit tersebut akan kosong. Lahan yang kosong atau lahan yang berada pada sekitar lahan tanaman kelapa sawit tersebut memiliki kandungan unsur hara yang sangat tinggi. Biasanya, manfaat tanah dari lahan perkebunan kelapa sawit ini seringkali diambil dalam bentuk pot-pot kecil. Lalu digunakan sebagai media tanam pohon dan juga tanaman bunga lainnya. Unsur hara yang sangat tinggi membuat tanah dari lahan kelapa sawit tersebut dapat membuat tanaman yang tumbuh di dalamnya menjadi lebih subur dan juga segar.

Unsur hara yang tinggi juga bisa didapatkan dengan :

Nah, itulah manfaat penting dari limbah kelapa sawit. Semoga dengan membaca artikel mengenai manfaat dari limbah kelapa sawit ini bermanfaat bagi anda, dan dapat memberikan inspirasi bagi anda sekalian.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 21st, August 2015 / 06:48 Oleh :
Kategori : Tumbuhan