Sponsors Link

Manfaat Liang Teh Bagi Kesehatan

Sponsors Link

A. Mengenal Liang Teh

Liang teh merupakan minuman yang mempunyai manfaat serta khasiat yang banyak bagi kesehatan tubuh. Selain itu, liang teh mempunyai rasa yang enak dan banyak digemari oleh semua kalangan baik anak – anak, remaja dan orang tua. Liang teh  merupakan jenis minuman yang dapat disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin. Kandungan didalamnya dapat meredakan panas dalam dan mengatasi masalah sistem pencernaan tubuh. Minuman herbal yang berasal dari China ini memiliki jenis warna dan rasa yang sangat bervariatif sesuai dengan jenis tanaman yang digunakan sebagai bahan pembuat liang teh.

B. Komposisi atau Bahan untuk Membuat Liang Teh

Pada minuman liang teh terdapat beberapa kandungan dari bahan pembuatnya. Semua bahan mempunyai khasiatnya masing – masing. Berikut komposisi beserta kandungan didalamnya :

1. Cincau Hitam atau Mesona Palustris

Cincau hitam atau biasa disebut Grass Jelly Drink ini merupakan jenis tanaman yang paling sering dijadikan sebagai dessert (menu penutup) dan minuman ringan pengusir dahaga. Cincau hitam merupakan jenis olahan dissert yang rendah kalori sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani proses diet. Kandungan mineral seperti kalsium dan fosfor yang terdapat pada cincau hitam sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh. Ditambah serat yang terkandung didalamnya dapat membantu membersihkan proses pencernaan dari zat karsinogen.

Kandungan nutrisi yang ada pada cincau hitam berdasarkan takaran 100 gram:

  1. Energi = 122 kkal
  2. Protein = 6 g
  3. Lemak = 1 g
  4. Karbohidrat = 26 g
  5. Kalsium = 100 mg
  6. Fosfor = 100 mg
  7. Zat Besi = 3,3 mg
  8. Vitamin A = 10.750 SI
  9. Vitamin B = 180 mh
  10. Vitamin C = 17 mg
  11. Serat = 6.23 g

2.  Microcos Paniculata

Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang mempunyai  bentuk seperti pohon kecil pada racikan rempah Cina. Tanaman ini merupakan bahan pembuat liang teh yang mempunyai manfaat mengobati flu, hepatitis, dan masalah pencernaan lainnya. Microcos Paniculata mempunyai rasa yang lumayan asam dibandingkan bahan liang teh lain yang mampu memperbaiki sistem pencernaan.

3. Bunga Seruni atau Chrisantemum Indicum

Krisan dan krisantemum adalah nama lain dari bunga seruni atau Chrisantemum Indicum. Tumbuhan ini biasanya dijadikan tanaman hias karena rupanya yang menawan. Bunga seruni ini mempnuyai manfaat untuk membantu meredakan panas dalam, menyembuhkan sariawan serta mencegah sambelit.

4. Akar Manis atau Glycyrrhiza Glabra

Glycyrrhiza Glabra merupakan akar manis yang umumnya digunakan sebagai bahan ramuan obat herba China. Jenis tanaman ini akan tumbuh seperti semak atau rerumputan dibelahan bumi  bagian barat yang mempunyai manfaat untuk mengatasi  Bronkhitis, Batuk, Mulas Tukak lambung bahkan berfungsi sebagai anti kolesterol dan melancarkan buang air besar.

Berikut Kandungan Akar Manis atau Glycyrrhiza Glabra:

  1. Glisirhisin
  2. Saponin
  3. Glikosida Likuiritin
  4. Asparagin
  5. Umbeliferona
  6. Glabrolida
  7. Glukosa
  8. Sukrosa
  9. Asam Likuiritat
  10. Asam Hidroksiglisirhitat
  11. Zat Pahit
  12. Minyak Atsiri

5. Lonicera Japonica

Lonicera Japonica mempunyai manfaat untuk mengobati infeksi saluran pernafasan, flu, infeksi kelenjar susu, radang usus serta masalah yang berhubungan dengan tenggorokan.

6. Prunella Vulgaris L

Prunella Vulgaris L mempunyai manfaat untuk mengobati penyakit kelenjar getah benih, gejala kanker, darah tinggi atau hipertensi serta penyakit yang berhubungan dengan saraf dan otot.

 C.  Variasi Liang Teh Menggunakan Minuman dan Buah – Buahan

Liang teh tidak harus terasa pahit, akan tetapi untuk melegakan dahaga terdapat beberapa variasi yang menyegarkan. Variasi liang teh ini menggunakan minuman segar lain dan beragam buah – buahan. Berikut variasi liang teh yang umumnya telah dipasarkan :

  • Liang Tea Cincau
  • Liang Tea Buah Melon
  • Liang Tea Kelapa Muda
  • Liang Tea Cendol
  • Liang Tea Sari Kelapa
  • Liang Tea Agar-agar
  • Liang Tea Siwalan
  • Liang Tea Biji Selasih
  • Liang Tea Soda
  • Liang Tea Agar-agar si Hitam Manis
  • Puding Liang Tea dengan Nata de Coco
  • Puding Lapis Liang Tea Ginscafe
  • Wedang Jeruk Liang Tea

D. Manfaat Liang Teh Secara Umum

Liang teh merupakan minuman khas yang terbuat dari bahan alami dan mempunyai manfaat serta khasiat bagi kesehatan tubuh. Untuk menyembuhkan gejala panas dalam atau gangguan kesehatan sebaiknya pilihlah liang teh dengan rasa yang pahit dengan kombinasi bahan herbal. Lalu apa saja manfaat liang teh secara umum?

  1. Memperbaiki sistem pencernaan
  2. Membantu proses pengeluaran racun dari dalam tubuh (detoksifikasi)
  3. Meredakan panas dalam
  4. Menyembuhkan radang tenggorokan
  5. Menjaga kesehatan tubuh

E. Benarkan Liang Teh Bisa Meredakan Panas Dalam?

Mengkonsumsi makanan yang mengandung  lemak berlebih serta kurangnya konsumsi sayuran dapat menyebabkan tubuh mengalami panas dalam. Ditambah gaya hidup yang tidak sehat dan kurangnya asupan mineral didalam tubuh dapat mengganggu sistem metabolisme itu sendiri. Faktor lain yang dapat memicu gejala panas dalam yakni musim panca roba atau cuaca panas yang berlebih. Bahan atau komposisi dalam liang teh mengandung zat yang mampu mendinginkan hawa panas dari dalam tubuh. Hal ini disebabkan ramuan liang teh yang bersifat alami sehingga tidak menimbulkan efek samping.

F. Apa Saja Penyebab Timbulnya Panas Dalam?

Apa yang anda makan ataupun yang anda lakukan sehari – hari akan menentukan kualitas hidup anda sendiri. Gejala panas dalam juga dapat menyerang dengan ditandai hawa panas dari dalam tubuh. Akan lebih baik untuk menghindari penyakit daripada mengobati bukan? Untuk itu, berikut beberapa faktor penyebab panas dalam guna mengantisipasi terkena gangguan tersebut:

  • Mengkonsumsi makanan pedas secara berlebihan
  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebih
  • Kurangnya asupan mineral
  • Pola hidup yang tidak sehat dan berimbang
  • Kurangnya konmsumsi buah dan sayuran
  • Perubahan Cuaca yang tidak menentu
  • Musim Pancaroba
  • Kurangnya asupan vitamin C
  • Sistem pencernaan yang buruk
  • Stress yang berlebihan

G. Benarkah Proses Penyerapan Nutrisi Terhambat ketika Panas Dalam?

sponsored links

Panas dalam bukan sekedar gangguan kesehatan yang dapat disepelekan. Panas dalam dapat menghambat kinerja organ tubuh dan menyebabkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. Kondisi tubuh yang mengalami panas berlebih pada daerah  sistem pencernaan disebut sebagai gejala panas dalam. Nutrisi tidak dapat terserap secara optimal sehingga tubuh mengalami kekurangan asupan. Sel yang rusak juga tidak dapat diperbaiki dan proses detoksifikasi akan terganggu. Beberapa gangguan tersebut akan memicu timbulnya penyakit atau gangguan kesehatan akut.

H. Apa Saja Gejala Lain dari Panas Dalam?

Panas dalam merupakan kondisi bagian dalam terutama pada sistem pencernaan mengalami panas yang berlebih. Gejala lain yang biasanya muncul ketika panas dalam tentu sangat mengganggu kualitas hidup anda. Liang teh dapat digunakan untuk menyembuhkan gejala panas dalam seperti :

  • Gangguan tenggorokan
  • Sariawan
  • Bau mulut yang kurang enak
  • Bibir pecah – pecah
  • Sambelit atau susah buang air besar
  • Batuk dan flu
  • Mulut kering

I. Saran

Pada artikel diatas telah dipaparkan apa saja manfaat liang teh bagi kesehatan tubuh manusia. Akan tetapi penggunaan liang teh sebagai media untuk mengobati gangguan kesehatan juga harus memperhatikan jenis liang teh yang digunakan beserta takaran penyajiannya. Terlebih jika mengkonsumsi liang teh instan yang rentan dengan pengawet atau zat kimia berbahaya bagi tubuh. Selain itu faktor kebersihan juga patut diperhatikan guna menjaga khasiat dan manfaat dari liang teh itu sendiri. Sebelum mengkonsumsi minuman teh liang instan sebaiknya memperhatikan komposisi pembuatan sebelumnya. Hal ini tentu demi kesehatan dan kebaikan tubuh anda sendiri.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 06th, September 2015 / 12:53 Oleh :
Kategori : Minuman