15 Manfaat Lemon Tea Untuk Kesehatan Tubuh

Berkembangnya kreasi manusia, kini banyak sekali jenis makanan maupun jenis minuman yang dikreasikan. Dipadukan dari dua jenis makanan atau minuman, dan menciptakan jenis rasa baru yang juga enak untuk dinikmati. Salah satu kreasi minuman yang ada dan banyak diminati oleh banyak kalangan yakni lemon tea. Rasa segar dari lemon atau jeruk nipis, yang dipadukan dengan rasa teh yang ringan dapat membantu melepaskan dahaga, terlebih di siang hari dengan ditambahkan es dalam teh lemon tersebut. Selain itu, dibandingkan dengan jenis minuman mix lainnya, lemon tea ini juga termasuk minuman terjangkau yang sangat segar untuk diminati. Tidak hanya itu, ternyata lemon tea ini memiliki berbagai khasiat untuk tubuh.

artikel terkait:

Manfaat Lemon Tea

Lemon tea adalah perpaduan lemon dan teh yang tidak hanya segar, tetapi juga memiliki manfaat masing-masing dari lemon dan juga teh. Lemon dan teh saja sebenarnya juga memiliki manfaatnya sendiri untuk kesehatan, terlebih paduan keduanya, pastinya paduan lemon dan teh ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Berbagai manfaat dari lemon tea sendiri diantaranya:

  1. Menurunkan Berat Badan

Lemon tea memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Kandungan kalori yang sangat rendah dalam lemon tea ini dapat membantu orang yang kelebihan berat badan untuk menurunkan badan yang berlebih. Paduan lemon dan teh dapat membantu membakar lemak karena kandungan vitamin C dalam lemon dan teh yang dapat mengikat lemak. Dengan mengkonsumsi lemon tea secara rutin, orang yang kelebihan berat badan tidak perlu bersusah-susah untuk diet.

artikel terkait: manfaat jahe dan lemon

  1. Mencegah Perkembangan Sel Kanker

Kanker merupakan jenis penyakit mematikan yang bahkan sampai saat ini belum ditemukan secara pasti obat yang dapat menghilangkan sel kanker. Agar sel kanker tidak masuk ke dalam tubuh, perlu adanya antioksidan dan berbagai vitamin untuk menguatkan tubuh. Nutrisi dalam lemon dan teh yang dipaduan menjadi lemon tea memiliki kandungan antioksidan dan berbagai jenis vitamin yang dapat membantu mencegah masuknya sel kanker, dan juga mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak

Tidak hanya di dalam kopi, kafein juga terkandung di dalam lemon tea ini. Kandungan kafein dalam lemon tea dapat membantu memberikan rangsangan kepada tubuh agar tubuh tetap segar, sehingga tubuh selalu bersemangat. Selain menyegarkan tubuh, meminum lemon tea dapat membantu meningkatkan kinerja otak karena kandungan kafein di dalamnya. Dengan begitu, otak dapat memberikan sinyal kepada seluruh organ tubuh dengan lancar.

artikel terkait: manfaat lemon untuk maag


  1. Mengatasi Stress

Stress dapat diakibatkan karena tekanan pada pikiran maupun kelelahan fisik. Rata-rata, orang yang mengalami stress ringan masih dapat mengendalikan diri. Namun stress ringan yang menumpuk dapat menyebabkan seseorang tertekan dan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan depresi. Stress ringan dapat diatasi dengan hal yang sepele agar tidak menjadi beban yang menumpuk. Salah satu cara mengatsinya dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan seperti coklat. Selain coklat, ada juga lemon tea yang aroma dan kesegaran paduan teh dan lemonnya dapat membantu mengurangi beban atau merilekskan pikiran.

  1. Membantu Kerja Sistem Pencernaan

Meminum minuman lemon atau beberapa jenis jeruk sangat baik untuk kesehatan usus. Terlebih dengan paduan teh, kerja sistem pencernaan dapat terbantu. Lemon dan teh ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa kotoran pada usus yang masih menempel pada dinding usus.

artikel terkait: manfaat kulit lemon

  1. Membersihkan Racun Dalam Darah

Lemon dan teh, keduanya memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan ini juga mampu mengeluarkan racun dari dalam darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar dan tidak mengalirkan racun di dalamnya.

  1. Membantu Meredakan Flu

Tidak hanya membersihkan darah dari racun yang masuk, antioksidan dalam lemon tea juga memiliki manfaat yang lainnya. Antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C serta kandungan saponin dalam lemon dan juga teh ini juga dpat membantu meredakan penyakit flu yang terjadi karena serangan virus. Dengan meminum lemon tea ini, tubuh akan lebih sehat dan terhindar dari flu, dan berbagai penyakit lainnya yang ditimbulkan oleh serangan virus.

artikel terkait: manfaat lemon dan madu untuk batuk

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Rutin meminum lemon tea dapat membantu menjaga kesehatan sistem syaraf. Hal ini ditunjukkan dengan rasa rileks setelah meminum lemon tea.

  1. Mengatasi Masalah Kardiovaskular

Kandungan flavonoid yang terkandung dalam lemon tea dapat membantu masalah pada kardiovaskular.

artikel terkait: manfaat lemon untuk liver

  1. Mencegah Diabetes

Beberapa zat yang terkandung di dalam lemon tea dapat membantu menjaga aktivitas insulin. Diketahui bahwa, kekurangan produksi insulin akan menyebabkan masalah kesehatan yakni diabetes mellitus. Dengan aktivitas produksi insulin yang terjaga karena bantuan dari zat dalam lemon tea ini, maka tubuh akan terhindar dari penyakit diabetes mellitus atau kelebihan gula darah dalam tubuh.

  1. Meredakan Peradangan

Peradangan dapat mudah terjadi pada beberapa bagian tubuh, baik tulang, syaraf, peradangan otak dan pada beberapa organ lainnya. secara umum, kandungan flavonoid dalam lemon tea, tidak hanya dapat mengatasi masalah kardiovaskular pada tubuh, tetapi juga dapat membantu tubuh untuk mengatasi peradangan yang terjadi.

artikel terkait: manfaat minuman lemon madu

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Paduan lemon dan teh, membuat kandungan di dalam lemon tea menjadi beragam. kombinasi ragam zat di dalam kedua jenis bahan minuman tersebut dapat menciptakan adanya berbagai jenis vitamin dan zat lain dalam sekali teguk. Kandungan yang pasti ada di dalam lemon tea seperti antioksidan dalam vitamin C ini, dapat membantu menjaga kekebalan tubuh, sehingga tubuh dapat lebih kebal terhadap beberapa jenis penyakit yang menyerang.


  1. Mencegah Infeksi Pernapasan

Infeksi pernapasan dapat terjadi karena penurunan kekebalan tubuh. Konsumsi lemon tea dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, dengan begitu, infeksi pernapasan dapat dihindari.

artikel terkait: manfaat minum air lemon sebelum tidur

  1. Menjadi Alkalizing Tubuh

Zat yang ada dalam buah lemon pada lemon tea dapat membantu menjadi alkalizing bagi tubuh.

  1. Menghilangkan Sakit Kepala

Tidak hanya mengatasi stress, akan tetapi, mengkonsumsi lemon tea dapat menghilangkan sakit kepala. Sifat anti inflamasi pada lemon tea ini dapat membantu mencegah inflamasi yang terjadi pada kepala yang kemudian menyebabkan sakit kepala.

artikel terkait: manfaat lemon untuk diet

Meskipun tergolong sepele, ternyata meminum lemon tea secara rutin sangat baik untuk kesehatan. banyak lemon tea yang dijual dalam bentuk kemasan, namun lebih baik lagi apabila berasal dari lemon segar dan juga teh seduhan sendiri, agar tidak ada kandungan pengawet yang masuk ke dalam tubuh, yang dapat menurunan fungsi lemon tea untuk menjaga kesehatan.

, ,
Post Date: Saturday 17th, June 2017 / 17:29 Oleh :
Kategori : Minuman