Sponsors Link
     Sponsors Link

31 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan, Kesehatan, dan Dapur

Sponsors Link

Buah Lemon adalah buah yang sangat sering kita jadikan minuman. Apa yang diingat ketika kita merasakan haus karena cuaca yang sangat panas? Pastinya kesegaran segelas jus lemon yang mampu menuntaskan dahaga kita. Rasanya yang asam segar ternyata memberi banyak manfaat bagi tubuh.

Dalam sejarah mesir, dikatakan bahwa lemon merupakan buah yang berasal dari Mesir. Namun ada juga yang mengatakan lemon pertama kali ditemukan sekitar 700 masehi di India Utara, Burma, Cina, Negara-negara Arab. Pohon lemon tumbuh di daerah tropis dan sub tropis. Tingginya mencapai 6 meter. Cocok ditanam pada daerah yang beriklim kering dengan musim dingin yang relatif hangat. Lemon banyak dibudidayakan di Amerika Serikat, Brasil, Portugal dan Spanyol. Buah lemon memiliki warna kuning cerah dan berbetuk elip. Buah lemon berasal dari spesies jeruk limon. Sedangkan untuk negara-negara di Asia tenggara seperti Indonesia lebih dikenal buah jeruk nipis dibandingkan buah lemon. Walaupun berbeda dari segi tampilan kedua buah ini sama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Buah Lemon

Dalam setiap 100 g lemon terkandung nutrisi, diantaranya: 0.9 g protein, 51 kal kalori, 0.2 g lemak, 23 mg fosfor, 0.4 mg besi, 11.4 g karbohidrat, 49 mg asam askorbat, asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, glikosida, asam sitrun dan vitamin C.

Lemon juga merupakan sumber dari kelompok vitamin B kompleks seperti vitamin B6, vitamin B1, vitamin B2, riboflavin dan asam pantotenat. Namun di dalam lemon juga ditemukan kandungan sodium dan seng dalam jumlah kecil.

Setelah kita mengetahui pengertian luas dari lemon beserta kandungan yang terdapat pada lemon, kita akan menjelaskan mengenai manfaat lemon untuk kecantikan yaitu :

1. Mengobati jerawat

Jerawat membandel membuat tidak percaya diri. Bagi kulit yang tidak sensitif, perasan air lemon yang dioleskan pada wajah dapat mengatasinya. Jangan lupa mencuci bersih wajah 15 menit kemudian. Kandungan antiseptik alami dalam jeruk dipercaya dapat membunuh kuman dan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk perawatan dari dalam, minumlah air lemon yang didapat dengan mencampur air perasan 1 buah lemon dengan 3 gelas air minum. Minumlah secara rutin. Air lemon ini dapat disimpan dalam lemari pendingin untuk diminum sepanjang hari. Selain mengatasi jerawat juga bisa menyegarkan tenggorokan. (baca : manfaat air lemon)

Selain lemon, masih banyak lagi jenis buah-buahan yang dapat mengobati jerawat yaitu :

2. Mencerahkan kulit wajah

Menggunakan masker lemon yang didapat dari perasan lemon yang ditambah dua sendok makan madu, akan membuat wajah tampak cerah. Cukup dioles pada permukaan wajah, diamkan 15 menit kemudian bilas air dingin. Pakailah seminggu sekali, wajah akan terlihat cerah dalam sebulan. Dan gunakan masker lemon ini secara teratur sehingga akan menghasilkan hasil yang maksimal.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mencerahkan kulit wajah yaitu :

3. Menjaga kesehatan kuku

Lemon yang digosokkan pada kuku yang dilakukan secara rutin membuat kuku bersih dan terlihat putih. Cara ini sangat cocok bagi anda yang sering menggunakan cat kuku. Terlalu sering memakai cat kuku tentu saja bisa membuat kuku menguning. Kandungan protein dan keratin pada lemonlah yang membuat kuku cerah, sehat dan kuat.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk menjaga kesehatan kuku yaitu :

4. Mengecilkan pori-pori kulit wajah

Pori-pori kulit yang besar menjadi salah satu penyebab kulit mudah berjerawat karena gampang sekali berminyak. Gunakanlah air lemon untuk mengecilkan pori-pori. Oleskan pada wajah, setelah mengering bilaslah dengan air bersih. Lakukan perawatan secara rutin sebulan dua kali agar dapat menghasilkan hasil yang maksimal dan kulit wajah anda terhindar dari jerawat.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mengecilkan pori-pori kulit wajah yaitu :

5. Mengatasi ketombe pada kulit kepala

Memijat kulit kepala secara perlahan sambil mengoleskan air lemon yang sudah dicampur dengan minyak zaitun bisa mengatasi ketombe. Minyak zaitun berguna untuk menjaga kelembaban rambut dan juga dapat menyuburkan. Diamkan selama 15 menit, bilas air hangat. Jangan lupa memakai kondisioner setelah bershampo. Lakukan perawatan sampai ketombe menghilang.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mengatasi ketombe pada kulit kepala yaitu :

6. Mengurangi flek hitam

Flek hitam yang muncul pada wajah dapat disebabkan karena umur atau seringnya wajah terpapar sinar matahari langsung. Cobalah lakukan perawatan alami ini. Pada malam hari sebelum tidur, oleskan secara rutin perasan jeruk lemon pada flek hitam di wajah. Cucilah wajah dengan air bersih pada keesokan harinya. Setelah dua minggu akan terlihat hasilnya. Dan gunakan secara teratur agar hasilnya tidak mengecewakan.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mengurangi flek hitam yaitu :

7. Mengatasi Gigi Kuning

Beberapa kebiasaan yang tidak kita sadari seperti meminum kopi dan merokok dapat meninggalkan noda pada gigi dan berangsur-angsur membuat warna gigi menguning. Tentu tidak sedap dipandang dan mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya cobalah menggunakan cairan pemutih alami yang dibuat dari perasan lemon dan sedikit baking soda. Oleskan sambil digosok lembut pada permukaan dengan jari Anda, biarkan kurang lebih satu menit. Kemudian sikat gigi seperti biasa. Tetapi jangan terlalu sering menggunakannya karena asam pada lemon dapt merusak email gigi.

Selain lemon, masih banyak cara lain lagi yang bisa mengatasi gigi kuning yaitu :

8. Pemerah Bibir Alami

Ingin bibir terlihat merah merona? Irisan lemon segar yang digosok perlahan-lahan pada permukaan bibir dapat melembabkan bibir. Kandungan vitamin C dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan bibir terlihat kusam dan kering. Dengan melakukan perawatan secara rutin maka akn mendapatkan tampilan bibir yang merah dan lembab. Gunakan secara teratur.

Selain lemon, masih banyak cara lain sebagai pemerah bibir alami yaitu :

9. Sebagai Sabun Cuci Muka Alami

Muka yang kotor karena debu dan polusi yang menempel harus segera dibersihkan agar kulit terhindar dari jerawat dan kulit wajah dapat bernapas kembali. Menggunakan air saja tidak cukup untuk membersihkannya. Biasanya kita menggunakan sabun cuci muka (facial foam) yang kini bisa didapat dengan mudah di pasaran. Sabun cuci muka buatan pabrik ini tentu saja mengandung bahan kimia yang tidak diketahui efek sampingnya. Namun ada cara alami yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah. Oleskan air perasan jeruk lemon pada wajah, selain terbukti efektif mengangkat kotoran juga menghilangkan bakteri yang menempel pada permukaan wajah.

Selain lemon, masih banyak cara lain yang digunakan sebagai sabun cuci muka alami yaitu :

10. Menyegarkan Nafas dan Meringankan Sakit Gigi

Jika Anda ingin mencoba cara alami untuk menghilangkan bau mulut, gunakan air lemon untuk berkumur. Aroma lemon yang segar dapat mengusir aroma mulut yang tidak sedap. Sedangkan untuk perawatan dari dalam, Anda dapat meminum jus jeruk. Selain menyegarkan aroma mulut juga dapat menyembuhkan radang gusi. Karena gusi yang meradang menjadi salah satu penyebab gigi sakit. Tetapi jangan sering-sering menggunakannya, karena dikhawatirkan dapat merusak enamel gigi.

Selain lemon, masih banyak cara lain lagi untuk menyegarkan napas dan meringankan sakit gigi yaitu :

11. Mengatasi kerontokan rambut

Tentu tidak nyaman melihat rambut yang rontok setiap kali anda menyisir rambut. Untuk mengatasinya dapat menggunakan cara alami. Buatlah ramuan dari perasan air lemon yang dicampur dengan 3/4 sendok makan minyak kelapa. Aplikasikan ramuan ini pada kulit kepala, diamkan 30 menit lalu keramaslah seperti biasa. Perawatan ini bisa dilakukan seminggu dua kali.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mengatasi kerontokan rambut yaitu :

12. Mengatasi Rambut Rusak

Rambut yang rusak karena perlakuan kimiawi seperti sering menggunakan pengering rambut elektrik ataukah sering mewarnai rambut, lama kelamaan dapat membuat rambut mudah patah dan kering. Untuk memulihkan keremajaan rambut, Anda bisa membuat masker rambut alami dengan menggunakan campuran air lemon, minyak zaitun dan madu murni. Oleskan pada rambut, diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan menggunakan shampo.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mengatasi rambut rusak yaitu :

Lemon Bagi Kesehatan

Mungkin lemon hanya dikenal dengan kandungan Vitamin Cnya yang tinggi. Namun ternyata buah kuning oval yang bercita rasa asam ini banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. di bawah ini beberapa manfaat yang bisa diambil apabila rajin mengkonsumsi air lemon.

Berikut adalah fungsi lemon bagi kesehatan : 


1. Baik untuk diet

Bagi yang sedang menjalankan progam penurunan berat badan (diet) atau bagi penderita obesitas (kelebihan berat badan), meminum air perasan lemon yang dicampur air hangat dan madu. Jika diminum secara rutin bermanfaat menurunkan berat badan dengan cepat. Minumlah sehari dua kali sesudah makan.

Selain lemon, masih banyak cara lain yang baik untuk diet yaitu :


2. Melancarkan pernapasan

Meminum air lemon dipercaya dapat melegakan tenggorokan sehingga pernapasan menjadi lancar. Hal ini juga berguna bagi penderita asma. Dengan digunakan secara teratur makan akan melancarkan pernapasan dan hasilnya tidak akan mengecewakan.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk melancarkan pernapasan yaitu :


3. Menyembuhkan flu

Air lemon bermanfaat untuk mengobati demam karena flu yang menyerang. Meminum air lemon dapat meningkatkan produksi keringat sehingga suhu badan menjadi normal kembali. Karena dengan kandungan lemon yang baik, maka baik untuk dikonsumsi. Minumlah air lemon secara teratur agar lebih cepat menyembuhkan flu.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk menyembuhkan flu yaitu :


4. Memperlancar metabolisme

Apabila kita terserang sembelit dan juga diare, segeralah minum air lemon. Salah satu manfaat lemon yakni sebagai tonik hati yang membantu organ hati dalam fungsinya mencerna makanan. Campuran perasan air lemon dengan air panas yang diminum suam-suam kuku dapat melancarkan kembali pencernaan, membuat usus bekerja stabil dan sekaligus menghilangkan efek samping sembelit, seperti mulas dan mual.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk memperlancar metabolisme yaitu :


5. Membersihkan darah kotor

Darah kotor dalam tubuh dapat menjadi penyebab timbulnya beberapa penyakit seperti kolera, malaria dan juga jerawat. Air lemon berfungsi sebagai pembersih dan pemurni darah. Caranya adalah peras air lemon untuk diminum hasil perasannya dan gunakan secara teratur.

Selain lemon masih banyak cara lain untuk membersihkan darah kotor yaitu :


6. Dapat memudarkan bekas luka

Irisan buah lemon dapat memudarkan bekas luka di kulit karena lemon bermanfaat sebagai antiseptik alami.  Dan oleskan pada bagian bekas luka yang berbekas di bagian tubuh anda. Lakukan secara rutin agar hasilnya dapat segera diperoleh.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk dapat memudarkan bekas luka yaitu :


7. Obat herbal bagi asam urat

Air lemon yang diminum secara rutin setiap pagi dan sore dapat menyembuhkan penyakit asam urat. Asam sitrat dalam lemon mampu melarutkan asam urat secara alami. Minum air lemon secara teratur agar dapat memberikan hasil yang maksimal dan tidak mengecewakan.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mengobati asam urat yaitu :


8. Menyembuhkan penyakit maag

Campurkan air perasan lemon dalam segelas air minum. Minumlah ramuan ini sebelum makan. Dianjurkan segera makan setelah meminumnya. Pengobatan dengan cara ini terbukti efektif menyembuhkan gangguan maag, dapat mengurangi rasa maag pada penderita maag.

Selain lemon, masih banyak cara lain lagi untuk menyembuhkan penyakit maag yaitu :


9. Obat mata

Lemon mengandung vitamin C dan flavonoid yang berguna bagi kesehatan mata, mata yang mulai rabun dapat dipulihkan kembali dengan meminum air perasan lemon. Flavonoid dalam lemon dapat mencegah kerusakan mata, membantu regenerasi sel mata dan melindungi mata dari iritasi dan infeksi.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mengobati mata yaitu :


10. Menjaga ginjal tetap sehat

Ternyata selain meminum air putih sebanyak minimal 8 gelas sehari, satu lagi cairan yang tidak kalah penting bagi tubuh kita, yakni air perasan lemon. Asam sitrat dalam lemon mempunyai kemampuan untuk mencegah kalsium dalam mengikat mineral-mineral lain yang menjadi penyebab terbentuknya batu ginjal.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk menjaga ginjal agar tetap sehat yaitu :


11. Mengandung nutrisi yang berguna bagi wanita hamil dan wanita menoupause

Kedua keadaan diatas hanya dialami oleh para wanita. Mereka membutuhkan nutrisi berupa kalsium dan folat. Lemon segar mengandung kalsium sebanyak 22 mg dan folat sebanyak 5 mikrogram. Konsumsilah lemon sesuai dosis dan apabila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda.

Selain lemon, masih banyak cara lain yang mengandung nutrisi yang berguna bagi wanita hamil dan manopause :


12. Mengatasi infeksi saluran kemih

Susah buang air kecil karena air kencing yang keluar tersendat-sendat merupakan gejala kandung kemih mengalami infeksi. Atasi keluhan ini dengan meminum air perasan lemon yang dicampur air hangat dan gula batu secukupnya agar bisa mngurangi rasa sakit pada saluran kemih.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mengatasi infeksi saluran kemih :


13. Mengurangi peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes

Menurut American Diabetes Association, lemon mampu mengontrol jumlah penyerapan gula tubuh dalam darah. Kemampuan ini disebabkan karena indeks glikemik lemon sangat rendah. Dan lemon dapat mengurangi peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Selain lemon, masih banyak cara lain untuk mengurangi peningkatan kadar gula darah pada penderita diabetes :


14. Mengobati penyakit yang menyerang saraf

Beberapa penyakit seperti Parkinson dan Vertigo merupakan penyakit karena gangguan neurologis, yakni penyakit yang menyerang saraf. Orang yang menderita penyakit tersebut biasanya merasakan halusinasi seperti ruangan yang terasa berputar dan sering mendengar suara-suara yang sebenarnya tidak ada. Untuk penyakit yang masih ringan dapat mencoba cara tradisional berikut. Dengan menggosokkan air lemon yang didapat dengan meremas-remas buah lemon. Gosokkan pada dahi, tenguk, pelipis dan leher belakang, lakukan ritual perawatan ini 2 kali sehari.

Selain lemon, masih banyak cara lain yang dapat mengobati penyakit yang menyerang saraf yaitu :


Lemon Dalam Dapur

sponsored links

Buah lemon hampir selalu hadir menyemarakkan dapur ibu-ibu di seluruh dunia, karena banyak manfaat yang diperoleh. Dan tidak sulit untuk didapat, karena memiliki banyak manfaat dari segi apapun termasuk salah satunya dalam kegiatan yang dilakukan di dapur yang menjadi penambah cita rasa makanan di dalam makanan.

Manfaat lemon dalam masakan antara lain :  


1. Penyedap rasa alami

Rasa asam segar khas sitrus dari lemon mampu menjadi penyedap rasa alami pada masakan. Kulit lemon yang berwarna kuning cerah sangat cantik jika digunakan sebagai garnish ( penghias masakan ). Namun hindarilah bagian putih dari lemon karena rasanya yang pahit.


2. Menghilangkan amis pada ikan

Air perasan lemon yang dipercikkan pada ikan sebelum dimasak, mampu menghilangkan bau amis yang terdapat pada ikan karena wangi lemon dapat membuat mengurangi bau amis pada ikan.


3. Mengurangi asupan sodium

Kandungan sodium dalam masakan tidak baik bagi kesehatan tubuh. dengan meneteskan air lemon dalam masakan sebelum dihidangkan dapat mengurangi sodium. Banyak sodium dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan darah, yang menjadi penyebab serangan jantung dan stroke. Bukan hanya mengurangi sodium tetapi lemon dapat pula meningkatkan rasa makanan.


4. Mempertahankan warna alami buah lain

Buah pir, apel, alpukat adalah beberapa buah yang warnanya cepat berubah menjadi coklat sesudah dipotong. Percikkan air perasan buah lemon diatasnya. Selain membuat warna buah awet, rasa asam segar lemon dapat menambah cita rasa buah.


5. Membuat dapur bersih

Bayangkan dapur ibu-ibu setelah memasak. Peralatan dapur, kompor bahkan dinding keramik dan meja dapur berlemak terkena minyak dan noda-noda bumbu. Jangan khawatir, karena ada lemon yang akan mengatasinya. Campurkan perasan air lemon dengan baking soda dan garam. Gosokkan pada pnermukaan yang terkena noda dan kerak, sesudah itu lap dengan air hangat. Bukan hanya air perasan lemonnya saja, parutan kasar kulit lemon pun dapat menjadi pembersih alami bagi talenan Anda. Cukup gosokkan pada talenan, diamkan 15 menit dan bilas dengan air. Selain bersih, dapur menjadi bebas dari bakteri.


Efek Samping Konsumsi Lemon yang Berlebihan

Asam sitrat dan vitamin C yang terkandung dalam buah lemon memang baik untuk kesehatan. Namun jika dikonsumsi berlebihan dapat merusak enamel gigi dan dapat menyebabkan penyakiti magh. Ditemukan pula adanya reaksi alergi pada beberapa orang seperti migrain. Pada penderita malaria, disarankan untuk tidak meminum jus lemon karena dapat menurunkan kemanjuran dari klorokuin. Klorokuin merupakan obat yang digunakan untuk menyembuhkan penderita malaria. Kandungan asam arkorbat dalam lemon dapat membuat tubuh menyerap zat besi berlebihan. Kandungan zat besi yang berlebihan dalam tubuh, dapat menyebabkan keracunan disertai dengan muntah dan diare.

Untuk meminimalisir efek samping dari lemon, dianjurkan untuk mengkonsumsi lemon sesuai dosis dan tidak berlebihan. Sampai saat ini masih belum ditemukan berapa dosis yang tepat. Hanya pengalaman dari cerita orang-orang yang menjadi bukti betapa banyaknya kegunaan dari lemon. Walaupun ada efek samping namun hanya sedikit ditemukan dan tidak berakibat fatal. Hanya saja perlu diingat bahwa walaupun lemon bersifat alami tetap saja kita harus berhati-hati, konsumsilah dalam jumlah cukup. Begitu banyak manfaat yang didapat dari buah kecil yang berwarna kuning cerah ini. Dengan demikian jangan lupa untuk selalu menyediakan lemon sebagai persediaan. Pengobatan herbal dengan lemon sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Semoga penjelasan ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 10th, October 2015 / 07:41 Oleh :
Kategori : Kesehatan