Sponsors Link
     Sponsors Link

23 Manfaat Lemak Nabati bagi Manusia (No.5 Mengesankan)

Sponsors Link

Mendengar kata lemak masyarakat sangatlah menjauhi hal tersebut karena akan mengakibatkan kegemukan pada tubuhnya, namun pada dasarnya lemak juga ada yang diperlukan oleh tubuh karena keberadaanya bahkan dapat dijadikan peting dalam tubuh manusia. Terdapat dua jenis lemak yang ada saat ini diantaranya lemak nabati dan lemak hewani.

Namun pada kesempatan kali ini akan dibahas lebih lanjut mengenai lemak nabati. Banyak orang yang tidak mengetahui apa itu lemak nabati, apa fungsi dari lemak nabati bagi tubuh namun yang diketahui masyarakat saat ini lemak itu tidak lah bagi tubuh tetapi sebenarnya terdapat lemak-lemak yang diperlukan oleh tubuh dan dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh atau mengatasi segala sesuatu yang terjadi dalam tubuh manusia. lemak tidak hanya lemak nabati bahkan ada lemak jenuh dan tidak jenuh, bahkan di dalam lemak jenuh dan tak jenuh pun ada manfaat lainnya.

baca juga : manfaat lemak jenuh dan lemak tidak jenuh

Lemak nabati sendiri merupakan lemak yang dihasilkan dari tumbuh-tumbuhan yang dapat menghasilkan lemak nabati, banyak anggapan negatif ketika mendengar kata lemak namun pada lemak nabati sebenarnya mengandung kandungan yang sangat berguna oleh tubuh kandungan tersebut yaitu kolesterol baik yang dimana cukup banyak kuantitasnya untuk kegunaan bagi tubuh manusia. Tumbuhan yang dapat menghasilkan lemak nabati dalam kegunaan tubuh manusia diantaranya alpukat, kacang macadamia, kacang kedelai, kacang kenari, shae butter, camelina oil.

Dibawah ini akan menerangka beberapa manfaat dari lemak nabati bagi tubuh dari segi kesehatan, kecantikkan maupun juga dari segi perawatan bagi tubuh. Hal itu diantaranya:

  1. Dapat menghasilkan tenaga yang besar

Bagi atlet dan juga profesi yang menggunakan tenaga yang besar dalam menjalankan pekerjaannya, lemak nabati cocok bagi mereka karena pada lemak nabati yang dihasilkan dari kacang macadamia terdapat kandungan karbohidrat yang mudah diserap oleh tubuh manusia sehigga dapat dijadikan sebagai pemasok energi yang baik dan juga sangat cocok bagi atlet juga profesi yang membutuhkan tenaga yang besar itu.

baca juga : manfaat lemak bagi tubuh

  1. Dapat membantu dalam proses pembentukan otot, jaringan otot dan juga pembentukkan plasma darah

Hal yang menyebabkan adanya manfaat tersebut diakibatkan karena adanya lemak nabati yang bersumber dari kacang macadamia yang memiliki kandungan protein didalamnya, sehingga protein tersebut memiliki manfaat dalam pembentukkan otot, jaringan otot dan pembentukkan plasma tersebut dengan didalamnya terdapat protein lengkap seperti asam amino essensial dan asam amino non essensial.

baca juga : manfaat protein untuk tubuh

  1. Membantu dalam pertumbuhan tulang dan juga gigi pada anak

Pada lemak nabati yang dihasilkan dari kacang macadamia yang dimana dalam kacang macadamia terdapat kandungan seperti mineral yang dimana mineral tersebut memiliki fungsi yang cukup vital dalam pertumbuhan tulang dan juga gigi pada anak selain itu dapat pula menguatkan tulang pada orang dewasa. Sehingga lemak nabati yang bersumber dari kacang macadamia tersebut memiliki fungsi dalam pertumbuhan tulang dan gigi bagi anak serta dapat pula menguatkan tulang bagi orang dewasa.

  1. Dapat dijadikan sebagai antioksidan

Didalam lemak abati yang bersumber dari kacang macadamia yang dimana didalam kacang macadamia terdapat kandugan vitamin, vitamin sendiri yang ada di kacang macadamia terdapat vitamin E, vitamin B kompleks dan juga mengandung asam folat. Vitamin tersebut memiiki fungsi yang cukup vital juga sebagai antioksidan yang dimana antioksidan sendiri sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

  1. Dapat menurunkan kolesterol dalam tubuh

Bagi para lansia atau bagi orang yang memasuki usia-usia yang rentan akan penyakit, kolesterol merupakan penyakit yang mudah menyerang namun tidak kemungkinan usia muda pun dapat terserang penyakit kolesterol tersebut. Maka untuk mengurangi atau menurunkan kolesterol tersebut dapat diatasi dengan lemak nabati yang bersumber dari kacang macadamia yang terkandung kolesterol yang baik, kolesterol yang baik tersebut untuk mengatasinya dengan meningkatkan kolesterol baik/HDL yang ada dalam tubuh dan menurunkan kadar kolesterol jahat/LDL yang ada dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskuler.

  1. Membantu dalam pencegahan terjadinya penebalan pada pembuluh darah

Lemak nabati yang memiliki kandungan kadar kolesterol baik atau HDL memiliki fungsi dalam penebalan yang terjadi pada pembuluh darah, hal tersebut dikarenakan adanya peningkatan kadar HDL yang dimana tidak akan terjadinya penyumbatan dalam pembuluh darah yang dimana dapat menimbulkan penebalan pembuluh darah dengan pembuluh darah tersebut menjadi lebih lentur dan tidak mudah pecah. Jika terjadinya pemecahan yang terdapat pada pembuluh darah dapat menyebabkan storke karena pecahnya pembuluh darah yang menjadi kaku dan juga menjadi tebal yang diakibatkan oleh adanya hipertensi.

  1. Membantu dalam pencegahan jantung koroner

jantung koroner merupakan gangguan yang terjadi pada jantung manusia yang dimana Indonesia sendiri banyak yang terserang gangguan tersebut yang biasanya menyerang usia yang memasuki usia dewasa akhir namun tidak menutup kemungkinan dapat juga menyerang usia dewasa madya, penyebab terjadinya jantung koroner sendiri diakibatkan karena pada saluran pembuluh darah kapiler mengalami penyumbatan pada otot jantung yang dimana biasanya diakibatkan oleh adanya kolesterol jahat yang ada didalam tubuh manusia. Dengan adanya lemak nabati mampu mencegah penyumbatan yang terjadi dengan adanya peningkatan kolesterol baik atau HDL yang ada di dalam tubuh.

  1. Membantu agar tidak terjadinya stroke

Sama seperti halnya terjadi jantung koroner yang dapat menyerang tubuh manusia, stroke pula dapat menyerang tubuh manusia yang biasanya jantung dan stroke terjadi beriringan karena disebabkan oleh faktor yang sama yaitu karena adanya penyumbatan di pembuluh darah kapiler sehingga pembuluh darah menjadi tersumbat karena disebabkan oleh adanya kolesterol jahat. Dengan mengcegah stroke ini yang diakibatkan oleh adanya penyumbatan di pembuluh darah kapiler dapat diatasi dengan mengonsumsi kacang macadamia yang didalamnya terdapat lemak nabati yang terkandung didalamnya ada kadar kolesterol baik yang dapat ditingkatkan untuk tidak menyumbat pembuluh darah kapiler.

  1. Dapat dijadikan sebagai protect bagi tubuhh dari radikal bebas

Seperti yang ada di point diatas didalam lemak nabati terdapat vitamin yang bersumber dari kacang macadamia yang dimana didalam kacang macadamia terdapat vitamin E dengan fungsi dalam membantu dan juga memproteksi tubuh dari radikal bebas yang dapat menimbulkan jangka panjang dalam pencegahan dari berbagai macam penyakit yang ganas saat ini.

  1. Dapat meningkatkan metabolisme tubuh

Lemak nabati tidak hanya didapatkan dari kacang macadamia saja namun terdapat juga pada kacang kedelai, kacang kedelai sendiri menghasilkan lemak nabati yang memiliki peran dalam metabolisme tubuh.

  1. Membantu dalam mencegah kanker bagi tubuh

Yang menjadi alasan lemak nabati yang terdapat dalam kacang kedelai memiliki antioksidan yang cukup tinggi, dimana hal tersebut dapat membantu dalam pengurangan resiko dari berbagai macam kanker yang akan menyerang tubuh manusia. Salah satu contohnya itu yang dapat menyerang tubuh wanita, sehingga antioksidan itu dapat mengurangi dari resiko kanker yang akan menyerang dan juga memiliki manfaat dalam menetralisir radikal bebas lalu radikal bebas tersebut yang menyebabkan sel sehat yang dimiliki tubuh manusia dapat bermutasi menjadi sel kanker yang dapat menyerang tubuh manusia.

  1. Mengatur dalam masa transisi menopause

Menopause merupakan masa dimana wanita masa haid nya berhenti secara total yang dimana ia tidak akan mengalami haid lagi sampai akhir hidupnya, bagi banyak wanita yang memulai menginjak pada masa menopause sebagian orang mengalami trauma yang dimana kadar estrogen yang ada dalam tubuh manusia mengalami penurunan yang cukup signifikan .

  1. Mencegah osteoporosis

Lemak nabati yang didalam kacang kedelai yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga sering dijadikan sebagai susu kedelai ini memiliki peran dalam mengonsumsi susu kedelai yang biasanya terdapat lemak nabati ini dapat menguatkan tulang dan juga dapat pula dalam mencegah pengeroposan pada tulang, dan didalam kacang kedelai sendiri juga terdapat kandungan fitoestrogen yang dimana fungsinya itu dapat memperkuat tulang serta kandungan protein didalamnya juga terdapat protein dalam mencegah pengeluaran kalsium yang ada dalam tubuh tersebut mealui urine.

  1. Penghancur kadar kolesterol atau LDL

Didalam tubuh tentunya da saja zat yang tidak baik bagi tubuh dan diperlukan pengeluarannya agar tidak menimbulkan penyakit dan juga gangguan bagi tubuh, dalam lemak nabati sendiri memiliki fungsi dalam penghancuran kadar kolesterol yang jahat dengan menggunakan peningkatan kadar kolesterol yang baik atau HDL yang baik bagi tubuh agar terhindar dari penyakit dan gangguan yang disebabkan oleh adanya kolesterol jahat atau juga disebut dengan LDL.

  1. Sebagai sumber energi bagi tubuh manusia

sponsored links
Tubuh memerlukan energi dalam melakukan segala aktivitas sehari-hari yang dimana aktivitas sehari-hari tersebut membutuhkan adanya energi yang ada dalam tubuh, agar tetap bisa beraktivitas secara optimal lemak disini memiliki fungsi sebagai sumber energi yang butuhkan oleh tubuh. Lemak sendiri merupakan cadangan energi bagi tubuh manusia yang digunakan sebagai sumber energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

  1. Membantu dalam melarutkan vitamin yang larut lemak

Tubuh manusia membutuhkan vitamin-vitamin tertentu dalam menjaga kesahatan tubuh atau pun mengobati bahkan mencegah penyakit atau gangguan yang menyerang tubuh manusia, oleh sebab itu fungsi lemak nabati disini dapat melarutkan vitamin-vitamin yang larut lemak dengan vitamin-vitamin tersebut diantaranya vitamin A, vitamin D, vitamin E dan juga vitamin K.

  1. Membantu dalam program diet

Lemak nabati disini memiliki fungsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet, kenapa? Karena lemak nabati sendiri akan membuat orang yang sedang menjalankan diet dengan membuat dirinya menjadi tidak mudah lapar dan juga membuat cepat kenyang. Seperti makanan yang mengandung lemak nabati diantaranya kacang kedelai yang dimana terdapat lemak nabati yang dapat membuat orang yang mengonsumsinya tidak mudah lapar maupun juga mudah cepat kenyang.

  1. Dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh

Lemak nabati sendiri mampu melancarkan pencernaan tubuh yang dimana hal tersebut bagi orang yang diet memberikan manfaat sendiri karena dengan lancarnya pencernaan tubuh membantu dalam menurunkan berat badannya itu sendiri.

  1. Meningkatkan kolesterol baik atau HDL

Dengan adanya kolestrol baik dalam tubuh mampu mengatasi salah satu atau bahkan beberapa penyakit atau gangguan yang ada terjadi di dalam tubuh, lemak nabati sendiri mengandung kolesterol baik yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit atau gangguan yang terjadi di dalam tubuh dengan meningkatkan kolesterol baik yang ada di dalam tubuh agar kolesterol jahat dapat berkurang.

  1. Membantu dalam mencegah penyakit ginjal

Penyakit ginjal sudah semakin banyak saat ini penderitanya, dimana penyakit ini dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang minyak kelapa dalam minyak kelapa terdapat lemak nabati yang tinggi sehingg dapat membantu dalam pencegahan terjadinya penyakit ginjal.

  1. Membantu dalam mencegah penuaan dini

Penuaan dini yang terjadi dapat ditimbulkan oleh berbagai faktor seperti karena adanya penyakit yang menyebabkan timbulnya penuaan dini, namun untuk mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh faktor yang umum terjadi dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar minyak kelapa yang dimana didalam minyak kelapa ini terdapat kandungan lemak nabati yang dapat membantu dalam pencegahan penuaan dini ini.

  1. Membantu dalam melawan berbagai infeksi

Infeksi ini dapat pula dilawan dengan minyak kelapa yang dimana minyak kelapa ini terdapat lemak nabati, minyak kelapa ini mampu melawan terjadinya berbagai infeksi karena pada minyak kelapa sendiri memiliki sifat anti jamur yang dimana dapat membantu penyebar luasan jamur yang terjadi pada bagian yang mengalami infeksi. Dan juga memiliki sifat lainnya seperti anti viru dan juga anti bakteri.

  1. Mencegah penyakit yang disebabkan oleh virus

Terdpaat berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh virus seperti penyakit influenza, campak, hepatitis, herpes dan juga yang lainnya, hal tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang bersumber dari minyak kelapa yang dimana didalamnya terkandung lemak nabati sehingga kerja dari minyak kelapa tersebut dapat membunuh virus yang akan menyebarkan virus-virus penyakit yang akan menyerang tubuh.

Begitulah manfaat lemak nabati yang bersumber dari tumbuhan yang mengandung lemak nabati dengan memiliki fungsi masing-masing bagi tubuh, untuk terjadinya penyakit dan gangguan yang lain dapat diatasi dengan hal ini namun diperlukan juga pola hidup yang sehat untuk hidup sehat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 14th, May 2016 / 13:49 Oleh :
Kategori : Nutrisi