10 Manfaat Lemak Untuk Tubuh – Kesehatan – Energi

Manfaat lemak bagi tubuh sangat vital, tanpa lemak tubuh tidak akan dapat beraktivitas alias lumpuh total. Lemak adalah salah satu zat penting bagian dari makronutrien yang wajib atau pasti dibutuhkan oleh tubuh. Lemak memang sering dihubungan dengan masalah kesehatan yang kurang baik, seperti kelebihan kolesterol, diabetes atau penyakit jantung. Namun pada dasarnya lemak sangat penting untuk tubuh. Lemak menjadi salah satu sumber tenaga sehingga tubuh kita bisa melakukan berbagai aktifitas dengan nyaman. Selain itu lemak juga penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Pada dasarnya jenis lemak yang berbeda akan memberikan pengaruh yang berbeda untuk tubuh.

Lemak

Ada berbagai jenis lemak yang terdapat pada beberapa jenis makanan. Mengetahui jenis lemak berdasarkan sumber makanan ternyata memiliki manfaat yang sangat baik. Dengan latar belakang ini maka kita bisa memilih jenis lemak yang baik untuk tubuh dan lemak yang bisa memberikan kenaikan potensi beberapa jenis penyakit.


a. Lemak Berbahaya

Lemak yang berbahaya adalah jenis lemak yang bisa meningkatkan potensi penyakit apabila dikonsumsi secara berlebihan. Untuk mengurangi efek dari potensi penyakit sebaiknya lemak yang berbahaya dihindari atau dikonsumsi dalam jumlah yang sangat kecil. Berikut ini beberapa jenis lemak yang berbahaya.

1. Lemak Jenuh

Lemak jenuh adalah salah satu jenis lemak yang didapatkan dari hewan atau makanan yang bersumber pada hewan seperti daging sapi, daging ayam, dan semua produk yang dihasilkan dari hewan lain seperti telur dan susu. Lemak jenuh memiliki pengaruh yang sangat besar untuk meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, potensi penyakit jantung, stroke dan juga resiko diabetes.

2. Lemak Trans

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak yang terbentuk secara alami pada sumber makanan tertentu. Jumlah lemak trans biasanya ditemukan dalam jumlah yang lebih kecil dan mudah untuk diolah oleh tubuh. Meskipun lemak trans tidak seburuk lemak jenuh namun juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan kolesterol tinggi.

3. Lemak Tak Jenuh Tunggal

Lemak ini adalah jenis lemak yang terdapat pada sumber makanan dan juga beberapa jenis minyak. Jika lemak tak jenuh tunggal dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan maka bisa meningkatkan resiko penyakit jantung, tingginya kadar kolesterol dalam darah, dan merusak produksi insulin sehingga menyebabkan diabetes tipe 2.

4. Lemak Tak Jenuh Ganda

Lemak tak jenuh ganda adalah jenis lemak yang ditemukan pada sumber makanan dari tanaman dan minyak. Jenis lemak ini juga harus dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas karena jika berlebihan maka bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes.


b. Lemak Tidak Berbahaya

Asam lemak omega 3 adalah salah satu jenis lemak tak jenuh ganda mengandung jenis lemak tertentu seperti asam lemak omega 3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Jenis lemak ini banyak ditemukan pada beberapa produk makanan dari ikan seperti salmon, tuna, herrings, ikan kod, makarel dan ikan sarden. Lemak ini juga penting untuk menjaga denyut jantung, menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan arteri jantung dan mencegah stroke.


Berbagai jenis lemak yang masuk ke dalam tubuh akan dirubah menjadi sumber kalori. Jika tubuh memiliki asupan lemak yang berlebihan maka bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius, jadi sangat penting untuk memilih jenis lemak yang baik untuk tubuh.

Manfaat Lemak untuk Tubuh

lemakMeskipun lemak sering dilihat sebagai zat yang bisa meningkatkan beberapa potensi penyakit yang buruk bagi tubuh, ternyata lemak juga menyimpan potensi yang baik. Tubuh kita selalu membutuhkan semua jenis lemak dalam jumlah tertentu agar tubuh tetap sehat dan organ tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Berikut ini adalah manfaat lemak bagi tubuh.

a. Lemak sebagai Sumber Energi

Dalam setiap 1 gram lemak menyediakan sekitar 9 kalori untuk tubuh. lemak yang baik ternyata bermanfaat untuk menjadi sumber energi. Tubuh tidak akan mampu bergerak atau melakukan aktifitas tanpa adanya energi. Bahkan jika kita kekurangan energi maka bisa membuat beberapa jenis penyakit yang menyerang kekebalan lemah mudah muncul. Lemak melindungi kesehatan tubuh dan semua organ tubuh.

 

b. Lemak Sebagai Sumber Pertumbuhan Sel

Tubuh kita terdiri dari banyak sel yang tidak bisa terhitung secara menyeluruh. Setiap jenis sel diperlukan tubuh untuk membentuk tubuh yang sehat. Sel-sel yang sehat akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Lemak juga penting untuk memberikan perlindungan pada lapisan luar sel atau membrane sel. Jika kita tidak memiliki sel yang sehat maka tubuh dan organ tubuh akan terganggu atau terserang penyakit.

c. Lemak Menunjang Fungsi Otak

Otak adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting. Kesehatan otak banyak dipengaruhi oleh sel-sel pembangun yang sehat sehingga bisa mendukung hubungan sel motorik dan sel otak. Lemak membuat sel-sel dalam otak terus berkembang dan membentuk lapisan sel yang sehat. Secara khusus lemak juga membantu tubuh agar bisa berpikir cepat sehingga lemak mempengaruhi kecerdasan otak.

d. Membantu Penyerapan Vitamin

Ada berbagai jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satu adalah vitamin yang memiliki sifat larut dalam lemak. Jenis vitamin ini adalah seperti vitamin A, D, E dan juga vitamin K. semua vitamin ini memiliki peran yang khusus seperti vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, vitamin D yang membantu penyerapan kalsium dan memperkuat tulang serta gigi, vitamin E untuk membuat kesehatan kulit dan vitamin K yang berperan untuk menunjang proses pembekuan darah. Tanpa lemak maka tubuh tidak akan bisa menyerap vitamin tersebut yang dihasilkan dari luar tubuh atau didapatkan dari makanan.

e. Menunjang Produksi Hormon

Hormon diperlukan oleh tubuh untuk mengatur sistem kerja organ tubuh dan sistem respon untuk tubuh. lemak memiliki peran untuk menjaga produksi hormon sehingga menbantu menjaga kesehatan tubuh. Kekurangan lemak dapat menurunkan produksi hormon sehingga tubuh menjadi tidak mudah berkembang atau perkembangan tubuh tidak sesuai dengan usia.

f. Lemak Membantu Kesehatan Kulit

Lemak juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Orang yang mengalami kekurangan lemak akan terlihat dengan tanda-tanda kulit yang bersisik dan kusam. Bahkan lemak juga bisa menjadi indikator pelindung terhadap perubahan cuaca.

g. Lemak Mendukung Kesehatan Organ Tubuh

Lemak adalah salah satu zat penting untuk melindung kesehatan beberapa organ tubuh seperti ginjal, hati, jantung dan usus. Lemak akan melindungi beberapa organ tubuh tersebut agar tidak mudah terluka atau sedera. Lemak juga akan digunakan oleh organ tubuh untuk memberikan perlindungan khusus dan persediaan energi.

h. Mengontrol Berat Badan

Banyak orang yang berpikir bahwa lemak hanya akan meningkatkan berat badan. Namun ternyata lemak juga berfungsi untuk membantu tubuh dalam mendapatkan berat badan ideal. Hal ini dipengaruhi oleh pikiran kita sendiri bahwa ketika tubuh terlalu sering menerima lemak jahat, maka tubuh akan memberikan reaksi khusus seperti kesehatan yang kurang baik. Setelah itu maka tubuh hanya membutuhkan lemak sehat dari ikan atau beberapa jenis biji-bijian. Dengan cara ini maka kita bisa mengontrol berat badan dari lemak.

i. Mengurangi Potensi Penyakit

Salah satu jenis lemak yang berfungsi untuk melindungi tubuh agar tidak terkena penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan stroke adalah jenis lemak tak jenuh ganda. Lemak ini banyak ditemukan dalam beberapa jenis kacang-kacangan, minyak zaitun, alpukat dan biji-bijian. Lemak ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, melindungi penyakit pembekuan darah dan mendukung perkembangan fungsi otak.

j. Lemak Meningkatkan Kesuburan

Lemak ternyata juga memiliki peran untuk membantu menjaga kesuburan. Wanita atau remaja yang masuk dalam usia subur bisa mendapatkan sikulus menstruasi yang lebih teratur daripada wanita yang mengalami masalah kekurangan lemak. Dengan cara ini maka tubuh juga bisa mencukupi kebutuhan lemak dan menjadi sumber nutrisi yang penting.

Cara Mengatur Asupan Lemak untuk Tubuh

Walaupun manfaat lemak bagi tubuh cukup vital, namun sebaiknya kita mengatur kadarnya, karena jika berlebihan bisa berbahaya. Seperti yang kita ketahui maka ada lemak yang bisa menyehatkan tubuh dan ada jenis lemak yang bisa menimbulkan potensi penyakit. Tidak semua jenis lemak harus dihindari karena jika kekurangan lemak yang baik juga bisa meningkatkan penyakit. Berikut ini beberapa tips untuk membantu memenuhi kebutuhan lemka bagi tubuh.

  1. Pahami jenis lemak pada makanan yang akan dikonsumsi. Dalam setiap jenis makanan ada beberapa label nutrisi. Anda bisa membaca jumlah dan jenis lemak yang terkandung dalam makanan tersebut.
  2. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan lemak dari daging dan jika perlu konsumsi daging seminimal mungkin.
  3. Sering konsumsi beberapa jenis lemak yang terdapat pada ikan seperti ikan salmon, ikan kod, ikan sardenm ikan tuna dan ikan makarel.
  4. Hindari memakai jenis minyak dari tanaman seperti minyak sawit dan gunakan minyak zaitun atau minyak canola.
  5. Konsumsi jenis susu yang mengandung lemak dalam jumlah rendah atau susu rendah lemak.
  6. Hindari terlalu sering mengkonsumsi makanan yang digoreng dengan minyak nabati atau minyak sawit.

Lemak memang membantu tubuh agar memiliki kesehatan yang baik dan melindungi tubuh dari berbagai jenis gangguan penyakit. Tapi lemak juga bisa menyebabkan gangguan penyakit. Untuk mendapatkan manfaat yang paling baik dari lemak sebaiknya kita lebih sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik dan hindari lemak yang berpotensi menyebabkan penyakit.

, , ,
Post Date: Sunday 17th, May 2015 / 15:06 Oleh :
Kategori : Nutrisi