Sponsors Link

11 Manfaat Lecithin Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Pernahkan Anda mengkonsumsi telur? Pastinya telur terdiri dari bagian putih telur dan juga kuning telur. Nah, di dalam kuning telur inilah terdapat kandungan yang sangat penting bagi tubuh, dan biasa dsebut dengan lecithin. Lechitin sendiri sebenarnya adalah sejenis fosfolipid yang menjadi komponen utama fraksi fosfatida yang diisolasi menggunakan heksana baik secara kimiawi maupun mekanik. Sinonim yang digunakan untuk lecithin adalah fosfatidil kolena. Sebenarnya menemukan lecithin ini tidak hanya terdapat dalam kuning telur, akan tetapi juga dalam kacang kedelai.

ads

artikel terkait:

Manfaat Lecithin

Lechitin tidak hanya dapat diperoleh dari kuning telur dan juga kacang kedelai. Beberapa olahan yang menggunakan lecithin juga banyak ditemua seperti digunakan sebagai emulfisier minyak dan juga mayones. Sebenarnya, fungsi utama dari lecithin ini yakni untuk kesehatan membran syaraf. Tanpa adanya kandungan lecithin pada tubuh, membran sel akan menjadi kaku dan kekurangan nutrisi. Beberapa manfaat lecithin untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kelebihan lemak akan menyebabkan kenaikan berat badan. Agar berat badan turun,beberapa orang biasanya melakukan diet agar lemak dalam tubuh terbakar. Ada juga beberapa orang yang melakukan diet dengan mengkonsumsi obat diet yang sebenarnya tidak baik untuk kesehatan karena zat kimia yang terkandung di dalamnya. Selain kedua cara tersebut, cara lain untuk membantu menurunkan berat badan yakni dengan lecithin. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lecithin dapat membantu pemecahan lemak dalam tubuh menjadi lebih cepat. Sehingga lemak dapat berkurang, dan berat badan juga berkurang.

artikel terkait: manfaat cuka apel untuk diet

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Menjaga kesehatan otak adalah hal penting, karena otak merupakan alat kontrol seluruh tubuh manusia. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lecithin dapat dijadikan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan dan menjaga fungsi otak. Nutrisi utama pada lechitin berupa fosfatidilkolin dapat membantu menjaga kesehatan otak dengan mencegah otak mengalami penurunan daya ingat.

artikel terkait: manfaat akar bahar

  1. Mengatasi Batu Empedu

Kandungan lain dapal lecithin adalah inositol dan alfa tekoferol. Kedua kandungan ini dapat membantu menjaga kolesterol dalam empedu agar tetap berbentuk cair. Apabila kolesterol dalam empedu mengalami pengkristalan, maka akan mengakibatkan terjadinya penyakit batu empedu. Untuk mencegah hal tersebut, mengkonsumsi makanan yang mengandung lecithin dapat dilkukan agar kolesterol dalam empedu tetap cair dan tidak mengalami pengkristalan.

Sponsors Link

  1. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lecithin dapat membantu menjaga kolesterol dalam empedu tetap cair. Selain menjaga kolesterol agar tidak menjadi kristal, lecithin juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Lecithin dapat membantu mengontrol nutrisi yang masuk dalam setiap sel tubuh, dan mengeluarkan kolesterol dari setiap  sel tubuh yang dilalui.

artikel terkait: manfaat belimbing wuluh untuk diet

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan penurunan kolesterol pada tubuh, aliran darah menjadi lancar. Aliran darah ke jantung juga dapat menjadi lebih lancar, sehinga kesehatan jantung dapat lebih terjaga dan terhindar dari serangan jantung.

artikel terkait: manfaat daun zodia

ads
  1. Memperbaiki Kesehatan Pecandu Narkoba

Narkoba dilarang karena kandungan zat di dalam narkoba dapat menyebabkan kerusakan sel syaraf, otak dan gangguan pada beberapa organ tubuh lainnya. Beberapa pecandu narkoba akan mengalami kerusakan pada beberapa bagian tubuh sehingga terkadang mata dan wajah terlihat kurang sehat. Rehabilitasi yang dilakukan kepada pecandu narkoba tidak hanya dapat dilakukan dengan memberikan kegiatan agar dapat melupakan narkoba, tetapi juga diperbaiki sistem sel syaraf dan otaknya dengan memberikan konsumsi lecithin pada pecandu narkoba.

  1. Menjaga Kesehatan Hati

Lecithin tidak hanya membantu mengatur jalan kelua masuknya nutrisi dalam organ tubuh. Lecithin juga bermanfaat untuk menetralkan racun pada hati, yang apabila jumlahnya berlebih dapat menyebabkan kerusakan organ hati itu sendiri.

artikel terkait: manfaat daun bengang

  1. Membantu Meningkatkan Metabolisme

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lecithin dapat membantu metabolisme tubuh, denganbegitu, pembakaran ada tubuh akan menjadi lebih lancar.

artikel terkait: manfaat akar kelembak

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi makanan yang mengandung lecithin secara rutin, sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, akan tetapi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Tubuh akan menjadi lebih kuat dan juga terhindar dari berbagai jenis penyakit.

  1. Menguaraikan Toksin Dalam Tubuh

Banyaknya racun dalam tubuh dapat menyebabkan kanker dan jenis penyakit berbahaya lainnya. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lecithin dapat membantu menguraikan toksin dalam tubuh, atau membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat karena terhindar dari adanya racun di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat kingkilaban

  1. Meningkatkan Fungsi Hemoglobin

Dengan terurainya toksin di dalam tubuh, tubuh akan menjadi lebih sehat. Hal ini disebabkan karena, keluarnya racun dari dalam tubuh dapat membantu melancarkan aliran dalah serta meningkatkan fungsi hemoglobin dalam  darah.

artikel terkait: manfaat bubnga arum dalu

Tidak kita sadari, bahwa banyak zat penting yang harus dikonsumsi karena dibutuhkan oleh tubuh, yang ternyata ada pada makanan disekitar kita. Seperti lecithin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Pentingnya lecithin membuat tubuh akan mengalami kerusakan apabila tidak mengkonsumsinya. Akan tetapi tidak perlu khawatir, karena lecithin mudah ditemukan pada beberapa jenis makanan keseharian seperti  kuning telur dan jenis kacang polong.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Sunday 18th, June 2017 / 15:24 Oleh :
Kategori : Nutrisi